Home » Strategi Bisnis » 5 Strategi Jitu Membangun Bisnis Pembuatan Website

5 Strategi Jitu Membangun Bisnis Pembuatan Website

5 Strategi Jitu Membangun Bisnis Pembuatan Website

Era ketika internet dan teknologi informasi semakin maju, salah satu dampaknya adalah mulai banyak orang yang sadar akan manfaat dari sebuah website. Hal ini juga yang membuat banyak orang tertarik untuk membangun bisnis pembuatan website karena memiliki potensi yang sangat cerah.

Jika dahulu website hanya dimiliki oleh perusahaan besar, namun saat ini hampir semua pihak bisa memiliki website. Harga pembuatan website juga cukup murah dan terjangkau. Nah, jika kamu tertarik untuk membangun bisnis yang satu ini, simak 5 strategi jitunya di bawah ini!

5 Strategi Membangun Bisnis Pembuatan Website

Berikut ada 5 strategi yang bisa kamu gunakan untuk membangun bisnis pembuatan website:

Fokus pada Target Market

Seperti sudah dijelaskan di awal, jika saat ini ada banyak pihak yang membutuhkan website. Itu artinya ada banyak target market yang bisa kamu capai. Apakah menjangkau semua target market memungkinkan? Maka tentu saja mungkin.

Namun, tentu akan sangat sulit dan membutuhkan resources yang sangat banyak. Akan lebih baik jika kamu fokus pada satu target market dan mencoba untuk menjadi market leader pada target market tersebut.

Misalnya, kamu hanya menargetkan orang yang ingin membuat website untuk keperluan jualan daripada membuat website untuk kebutuhan personal. Hal ini juga akan membuat kamu fokus terhadap satu bidang kerja.

Salah satu contoh jasa pembuatan website yang memiliki cara kerja seperti ini adalah Milenial Design. Website developer ini benar-benar berfokus pada pembuatan toko online ataupun company profile.

Berikan Promo dan Jasa Gratis

Masalah harga memang menjadi hal yang cukup penting dalam bisnis. Banyak orang memilih suatu produk karena harga yang lebih murah ataupun pelayanan lebih yang mereka dapatkan.

Sebagai salah satu strategi ketika membangun bisnis pembuatan website, maka kamu juga bisa mencoba untuk memberikan hal ini. Cara ini cukup efektif untuk bisa mendapatkan banyak konsumen.

Misalnya, kamu bisa memberikan harga yang kompetitif untuk layanan pembuatan website yang kamu berikan. Atau, jika harga kompetitif saja tidak cukup, maka kamu juga bisa memberikan layanan tambahan ataupun fitur gratis lainnya.

Contohnya, Niagahoster dengan harga yang kompetitif untuk pembuatan website online shop. Kamu akan mendapatkan 5 halaman awal, sekali revisi design, bebas memilih tema, gratis setup untuk 5 produk unggulan, mendapatkan 3 email profesional, dan juga integrasi langsung ke marketplace.

Berikan Layanan One Stop Shopping

Kamu tentu sudah paham jika membuat website, maka ada banyak hal lain yang juga dibutuhkan untuk membuat website tersebut bisa memiliki tampilan yang bagus dan bisa diakses via online. Mulai dari desain website, domain, sampai hosting.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara yang kamu lakukan untuk menggaet banyak konsumen. Semakin lengkap jasa yang kamu tawarkan, tentu saja semakin baik. Konsumen tidak perlu pusing untuk mencari tiap jasa yang mereka butuhkan. IDwebhost merupakan salah satu contoh yang bisa kamu lihat untuk masalah ini.

Tidak hanya menyediakan jasa pembuatan website, di tempat ini juga kamu bisa mendapatkan layanan lainnya. Mulai dari domain, hosting, sistem keamanan, bahkan sampai proses maintenance.

Reach Konsumen Lewat Media Sosial

Ingin mendapatkan lebih banyak konsumen? Maka jangkaulah di tempat yang tepat, salah satunya adalah media sosial. Tidak bisa dipungkiri jika media sosial merupakan tempat yang memiliki banyak pengguna. Bahkan saat ini sudah banyak orang yang mengetahui sesuatu dari media sosial. 

Media sosial sendiri memang menjadi tempat yang menarik untuk melakukan promosi. Ada banyak pilihan konten yang bisa kamu terapkan. Selain itu, pilihan platform yang bisa kamu gunakan juga cukup banyak.

Kamu bisa menggunakan Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, bahkan TikTok sekalipun. Anda hanya tinggal memilih mana pilihan media sosial yang sesuai dengan target market yang ingin kamu jangkau.

Niagahoster Indonesia misalnya, salah satu jasa pembuatan website yang sudah sangat terkenal ini juga tidak ragu untuk menjangkau banyak konsumen baru lewat YouTube. Salah satu konten yang sering mereka bagikan adalah permasalahan ketika membangun website.

Di platform lain, ada IDwebhost yang cukup aktif di media sosial Instagram. Satu hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat konten Instagram adalah masalah visual dan desain yang menjadi senjata utama.

Gunakan Program Afiliasi

Mungkin kamu pernah mendengar tentang program afiliasi atau affiliate marketing? Ini merupakan suatu pihak yang menggunakan pihak ketiga untuk membantu meningkatkan konversi penjualan.

Kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk bisa meningkatkan transaksi yang terjadi. Cara affiliate ini juga cukup menguntungkan kedua belah pihak. Dimana pihak mitra  bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi yang terjadi. Sementara kamu, tentu saja akan mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang ada.

Salah satu jasa pembuatan website yang cukup terkenal dengan program afiliasi ini adalah Niagahoster. Bahkan nantinya, para affiliate marketer tersebut akan mendapatkan komisi sampai 70 persen.

Yuk, Terapkan Strategi Jitu untuk Membangun Bisnis Pembuatan Website!

Jika berbicara masalah efektivitas, maka hal yang perlu kamu perhatikan adalah masalah konsistensi. Bagaimanapun juga, kamu akan sulit untuk membangun sebuah bisnis hanya dalam sekali eksekusi.

Termasuk ketika kamu membangun bisnis pembuatan website. Lima strategi di atas perlu kamu lakukan secara terus menerus dan tentunya dengan beberapa inovasi untuk membuat bisnis kamu bisa tetap tumbuh. Selamat mencoba!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​