5 Cara Membuat Produk Unik pada Bisnis Perlengkapan Bayi

Bagaimana cara membuat sebuah produk yang unik & berbeda dari para kompetitor, untuk bisnis perlengkapan bayi?

Salah satu masalah penting yang kerap diabaikan oleh pemilik bisnis perlengkapan bayi adalah diferensiasi atau pembeda pada produk yang ditawarkan.

Padahal, diferensiasi atau pembeda pada produk ini bisa jadi cara agar produk dalam bisnis perlengkapan bayi kamu lebih menarik, dan menonjol dibandingkan dengan produk kompetitor.

Lalu, bagaimana cara membuat produk yang unik dan menarik tersebut?


5 Cara Membuat Produk Unik pada Bisnis Perlengkapan Bayi

Diferensiasi produk pada bisnis perlengkapan bayi adalah segala upaya yang kamu lakukan untuk membedakan bisnis dan produk dengan para kompetitor.

Kamu bisa mengaitkan aspek kinerja yang unggul dari brand tersebut, dan menampilkan secara optimal berbagai manfaat yang bisa konsumen peroleh jika membeli produk yang kamu tawarkan.

Nah, berikut adalah beberapa cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat produk yang unik, menarik, dan berbeda dari yang kompetitor tawarkan.

Silakan disimak!


1. Menyediakan pilihan produk yang unik

Cara diferensiasi produk pertama yang wajib kamu lakukan agar berbeda dari kompetitor adalah menyediakan berbagai pilihan produk perlengkapan bayi yang unik.

Pasalnya, menjual produk yang sama persis dengan yang kompetitor jual akan membuat bisnis kamu rentan terhadap perang harga ke depannya.

Maka dari itu, kamu harus punya goals jangka panjang dengan menjual produk unik yang belum dijual di bisnis mana pun di sekitarmu.

Sebelum itu, coba lakukan riset atau kunjungan ke beberapa bisnis perlengkapan bayi di sekitar lokasi bisnis kamu, dan lihat produk apa saja yang mereka jual.

Jika sudah, buat daftar produk apa saja yang bisa kamu jual dan belum kompetitor miliki.

Misalnya, selain menjual susu bayi dan botol susu, kamu juga bisa menyediakan perlengkapan untuk ibu hamil & menyusui, seperti alat pompa ASI, bantal menyusui, botol penyimpan ASI, dan sebagainya.

Kamu juga bisa menyediakan produk-produk baby care premium untuk bayi berkulit sensitif, atau bersifat hypoallergenic, dibandingkan hanya menjual produk baby care standar.

Kamu juga bisa menghadirkan beberapa produk impor, atau yang sering figur publik atau influencer gunakan sehari-hari, untuk menarik minat beli konsumen.

Jika kamu cukup kreatif, kamu bisa menciptakan produk kamu sendiri, atau bahkan menambahkan value pada produk yang sudah ada.


2. Memberikan pelayanan yang prima

Kualitas pelayanan merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis jangka panjang, tak terkecuali dalam bisnis perlengkapan bayi.

Untuk menciptakan customer service yang unggul dan berbeda dari kompetitor, tentunya perlu beberapa upaya yang keras dan konsisten.

Pertama, pastikan kamu dan karyawan memiliki wawasan yang luas tentang produk perlengkapan bayi yang kamu jual.

Idealnya, kamu harus percaya pada produk kamu, sehingga bisa menyampaikan fitur, manfaat, dan penggunaannya kepada konsumen dengan percaya diri.

Bila perlu, berinvestasilah ke aplikasi CRM yang bisa mendatangkan banyak manfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis perlengkapan bayi milikmu.

Aplikasi ini bisa kamu gunakaan untuk menangani keluhan dan saran dari konsumen, hingga mempersonalisasikan data para konsumen.

Kamu juga bisa menjalankan strategi promosi yang tepat sasaran, dan pastinya berbeda dari kompetitor, karena kamu menunjukkan kepada para konsumen bahwa kamu mengenal & peduli dengan kebutuhan mereka.


3. Menyediakan variasi produk yang lengkap

Bahkan, jika kamu memutuskan untuk menjual produk bisnis perlengkapan bayi yang umum, kamu masih bisa melakukan cara diferensiasi produk dengan strategi ‘one stop baby shop’.

Jadikan bisnis kamu berbeda dengan kompetitor dan masyarakat bisa kenali sebagai bisnis perlengkapan bayi yang serba ada.

Dengan begitu, konsumen tidak perlu repot-repot mengunjungi beberapa lokasi bisnis berbeda untuk membeli semua keperluan mereka. Kenapa? Karena semua sudah tersedia lengkap di bisnismu.


4. Mengutamakan kemudahan untuk konsumen

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar berbeda dari bisnis yang lain adalah dengan memberikan konsumen kemudahan dalam berbelanja.

Misalnya, di masa pandemi seperti sekarang, konsumen mungkin merasa was-was untuk berbelanja perlengkapan bayi, demikian juga bagi ibu hamil atau yang baru melahirkan.

Namun, jika bisnismu memiliki e-commerce website atau online marketplace, tentu ada risiko barang yang datang tidak sesuai ekspektasi para konsumen.

Nah, dari keresahan ini, kamu bisa berikan pengalaman belanja unik, seperti virtual atau live shopping, sebagai solusi untuk para konsumen.

Jadi, para konsumen tersebut bisa berbelanja keperluan bayi dari rumah, serta dapat melihat langsung barangnya secara real time.


5. Menggunakan packaging yang menarik

Teknik dan desain pengemasan bisa jadi ciri khas yang membuat produk perlengkapan bayi kamu lebih menonjol, dan dapat menjadi pembeda yang jelas & cukup efektif.

Pastikan kamu mengemas produk dengan packaging unik, tapi tetap aman.

Bila perlu, tambahkan stiker label segel yang terdapat gambar logo bisnismu.

Misalnya, dengan menggunakan folding box atau carton, atau kantong plastik zipper.

Kamu juga bisa mendesain kemasan kamu dengan warna brand dan nama serta logo bisnismu. Supaya hasilnya lebih bagus & unik, kamu bisa menggunakan jasa desain packaging yang sudah banyak tersedia.


Yuk, Buat Produk Unik untuk Bisnis Perlengkapan Bayi!

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan dalam membuat produk yang unik & berbeda dengan kompetitor, untuk bisnis perlengkapan bayi.

Mulai dari menyediakan jenis barang yang berbeda, menyediakan pilihan produk yang beragam, hingga menggunakan desain yang menarik untuk packaging produk-produkmu.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.