Home » Strategi-bisnis » Cara Edukasi Konsumen Tentang Produk Bisnis Petshop

Cara Edukasi Konsumen Tentang Produk Bisnis Petshop

Cara Edukasi Konsumen Tentang Produk Bisnis Petshop

Setiap bisnis akan memerlukan proses dimana kamu akan mengedukasi konsumen tentang produk yang ditawarkan. Terutama apabila produk tersebut akan digunakan di dalam tubuh, seperti makanan bagi hewan peliharaan. Namun tahukah kamu cara melakukan edukasi konsumen dalam bisnis petshop? Simak penjelasannya di sini!

4 Cara Edukasi Konsumen Bisnis Petshop

Adapun empat cara mengedukasi konsumen dalam bisnis petshop, antara lain:

Membuat Artikel Berkualitas

Sudahkah kamu memiliki website? Apabila sudah, maka kamu bisa melakukan cara edukasi dengan membuat artikel dengan tema hewan peliharaan. Cara membuat artikel berkualitas dapat kamu lakukan dengan menggunakan kata kunci terkait. Jangan membuat artikel secara asal-asalan dan kurang jelas!

Apabila kamu merasa kesusahan, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan artikel kepada beberapa agensi digital marketing seperti Makin Rajin. Agensi ini memberikan jasa pembuatan artikel berkualitas yang sudah memiliki Search Engine Optimization (SEO) yang akan membuat artikel terindeks oleh mesin pencarian di internet. 

Harga yang diberikan pun beragam. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab semua artikel telah melalui proses penyuntingan sehingga kamu tinggal mengunggahnya di website

Artikel yang kamu unggah harus memiliki internal link yang mengarah ke bisnis petshop milikmu. Dengan cara ini, kamu bisa menaikkan engagement melalui website dan media sosial. Jika membutuhkan referensi konten, kamu bisa melihat website milik Petshop Indonesia.

Menyebar Konten di Instagram

Pemasaran digital adalah hal yang paling vital dan bisa kamu manfaatkan untuk mengedukasi konsumen dalam bisnis petshop. Di Instagram sendiri, kamu bisa menggunakan tiga fitur utama, yaitu story, feeds, dan reels

Cara edukasi konsumen melalui Instagram bisa kamu mulai dengan membuat konten unggahan khusus yang bertemakan hewan peliharaan. Sebagai contoh, kamu ingin membuat konten yang berisi lima makanan kucing yang paling dipercaya dan aman. Maka mulailah dengan mencari lima jenis brand dari makanan kucing.

Lalu buatlah garis besar isi dari konten tersebut. Satu tema cukup untuk dipisah menjadi tiga fitur di Instagram. Khusus untuk unggahan, maka buatlah beberapa slide yang berisi lima informasi makanan kucing. Hindari menggunakan satu slide, sebab pembaca akan kesusahan membaca terlalu banyak tulisan. 

Lalu, pindahkanlah konten tersebut di story Instagram dengan membuat trailer pendek. Saat konsumen mulai penasaran, maka berilah tautan yang mengarah ke unggahan lima makanan kucing tersebut. Melakukan cara ini akan menambah engagement di media sosial bisnis kamu.

Sebagai tambahan, gunakan tema yang sama atau menambah tema lain untuk Reels. Kamu bisa memanfaatkan tiga fitur ini secara bersamaan, sebab setiap orang memiliki selera masing-masing. Ada yang lebih suka membaca, namun ada juga yang suka menonton video.

Jangan lupa untuk menggunakan caption yang unik, sehingga pembaca merasa nyaman saat mendapatkan edukasi. Apabila kamu kurang percaya diri, maka gunakan jasa copywriting yang harganya mulai dari Rp10 ribu/100 kata. 

Bila membutuhkan referensi, kamu bisa mengunjungi akun media sosial kompetitor, seperti @petshopid, @vetopet, @muezza_pet_shop, atau @risepet

Mengunggah Video di TikTok

Cara edukasi konsumen dalam bisnis petshop yang ketiga adalah menggunakan media sosial TikTok. Siapa yang tidak kenal media sosial satu ini? Kamu bisa mencari tahu banyak konten yang berkualitas dengan tujuan edukasi. 

Namun, pastikan kamu menggunakan konten yang bagus dan jelas, sehingga edukasi yang diberikan tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Cara membuat video di TikTok tidak berbeda jauh dengan Reels di Instagram. Kamu bisa membuat konten yang berisi informasi pendek atau justru cara merawat hewan.

Saat membuat konten informasi, pastikan kamu telah melakukan riset. Jangan mengada-ada, sebab konten tersebut akan tersebar luas di seluruh Indonesia! Konten seperti ini tidak perlu panjang, singkat dan jelas saja sudah cukup. 

Sedangkan konten yang berupa pengalaman harus kamu lakukan secara langsung, sehingga para konsumen tahu bagaimana cara tepat dalam merawat hewan. Berikan edukasi yang jelas sehingga para konsumen bisa menjadikan bisnis milikmu sebagai panutan dalam merawat hewan peliharaan. 

Kamu bisa melihat postingan dari akun TikTok @petshopid, sebagai referensi untuk membuat konten edukasi kepada pelanggan bisnismu.

Membuat Vlog di Youtube

Cara terakhir dalam melakukan edukasi adalah dengan membuat video blog atau vlog melalui Youtube. Hal ini berkaitan erat dengan cara tepat merawat hewan, namun dengan durasi yang lebih panjang. Sehingga, tidak berupa potongan video pendek saja, namun dari awal hingga akhir perawatan berlangsung.

Durasi dalam video bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, apabila kamu akan membuat video berisi cara memandikan hewan peliharaan yang benar. Maka kamu harus menyiapkan semua kebutuhan sebelum melakukan pengambilan video. 

Lalu, saat proses pengambilan video berlangsung, hindarilah kata yang tidak diperlukan. Fokuslah untuk memandikan hewan peliharaan. Mungkin vlog ini terkesan kurang menarik, namun kamu bisa mengatasinya dengan menambahkan efek yang lebih, sehingga bisa menarik perhatian konsumen.

Kendati demikian, vlog akan lebih baik apabila kamu memiliki editor dan videografer. Sehingga mereka yang sudah ahli akan memberikan pengarahan bagaimana video harus diambil. Mereka juga akan membantu membuat vlog yang berkualitas. Jasa mereka dibanderol mulai dari Rp80 ribu.  

Jika kamu bingung masih bingung dalam membuat konten YouTube untuk mengedukasi konsumen petshop, kamu bisa melihat postingan dari channel lalaurameow, Petshop Indonesia, atau Petshop Murah Official.

Yuk, Edukasi Konsumen Bisnis Petshop dengan Baik!

Setiap pebisnis petshop harus membuat konten untuk edukasi para konsumen agar tahu cara memperlakukan hewan peliharaan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menyebar konten edukasi tersebut. Pastikan konten jelas dan berkualitas sehingga pesan edukasi dapat tersampaikan dengan baik.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Edukasi Konsumen Tentang Produk Bisnis Petshop

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​