Home » Strategi-bisnis » Berapa Harga Alat Perlengkapan dalam Bisnis Petshop?

Berapa Harga Alat Perlengkapan dalam Bisnis Petshop?

Berapa Harga Alat Perlengkapan dalam Bisnis Petshop?

Keberadaan petshop sekarang cukup marak di Indonesia. Hampir seluruh wilayah besar hingga kecil dapat kamu jumpai beberapa jenis petshop. Ada yang menjual produk peliharaan, alat perlengkapan hingga menjual jasa penitipan hewan. 

Hal ini menjadi lapangan bisnis yang cukup menghasilkan dan dilirik bagi beberapa business enthusiast. Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal untuk dapat sukses di tengah ribuan pesaing bisnis petshop ini. 

Selain dengan menyediakan produk atau jasa yang berkualitas dan layanan pelanggan yang mumpuni, kamu juga harus memikirkan alat perlengkapan dan harganya dalam bisnis petshop.

Oleh karena itu, kami akan membantumu mengupas tuntas berapa, bagaimana, dan hal apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum memulai bisnis ini.

Apa yang Kamu Butuhkan untuk Memulai Bisnis Petshop?

Beberapa para pecinta hewan mungkin sudah minder terlebih dahulu karena bisnis petshop ini memiliki ribuan jenis dan pesaing sehingga mereka enggan memulai. Terkadang memang membuka bisnis petshop diperlukan beberapa keahlian khusus dan hal-hal penting seperti:

Fokus 

Fokus pada satu tujuan dan kembangkan rencana bisnis petshop kamu dengan menguraikan langkah-langkah yang diperlukan dengan rinci sehingga kamu dapat mencapai goal yang sudah kamu tetapkan.

Mengurus Izin dan Sertifikasi

Ketahui izin membuka bisnis ini pada pemerintah daerah setempat. Beberapa hal seperti jual beli hewan peliharan dan grooming harus memiliki sertifikasi dan izin yang resmi.

Tentukan Lokasi Yang Strategis

Jika kamu memilih membuka petshop beserta tempat penitipannya, pilih lokasi seperti perumahan. Beberapa tempat seperti ruko pada daerah padat penduduk mungkin akan cocok jika kamu membuka petshop yang hanya menyediakan alat dan perlengkapan hewan saja.

Gunakan Jasa Konsultasi Bisnis

Pilih nama bisnis petshop kamu dan konsultasikan dengan konsultan bisnis sehingga usahamu segera mendapat lisensi yang resmi.

Pekerjaan Seorang Akuntan

Pertanyaan mengenai alat perlengkapan dan harganya dalam bisnis petshop akan selalu kamu jumpai. Kamu akan berhadapan langsung dengan masalah ini. Tetapi jika kamu memiliki pemahaman akuntansi yang cukup baik dan menikmati aspek ini dalam bisnis, pilihkan akuntan yang dapat membantumu menyeimbangkan pembukuan dan membantumu membayar pajak.

Produk dan Peralatan Lengkap

Alat perlengkapan tentu saja menjadi faktor utama yang harus kamu pikirkan setelah hal-hal diatas kamu selesaikan. Belilah peralatan yang kamu butuhkan untuk merawat hewan peliharan, rak etalase untuk makanan dan perlengkapan hewan lainnya, kandang, akuarium, meja kasir dan masih banyak lagi.

Apa Saja Alat Perlengkapan dan Harganya dalam Bisnis Petshop?

Jika kamu tidak bisa memperhatikan pengeluaran dengan baik, memulai petshop akan terasa cukup mahal. Karena, tidak hanya kamu harus memastikan apakah pet owner puas dengan kinerja petshopmu namun kamu juga harus memikirkan sainganmu dengan rantai pemasok perlengkapan hewan besar di wilayahmu. 

Kamu harus menjamin ketersediaan pangan, mainan, dan produk perawatan untuk semua jenis hewan peliharan.

Cobalah membeli makanan dan barang kebutuhan lainnya secara grosir. Misalnya 50 kg makanan anjing rata-rata seharga Rp 430 ribu hingga Rp 600 ribu. Sementara harga grosir makanan kucing berkisar antara Rp 135 ribu dan Rp 200 ribu yang berisi sekitar 32 porsi.

Sedangkan untuk kebutuhan seperti mainan dan peralatan, rata-rata petshop juga dapat membelinya secara grosir. Kisaran mainan bisa mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 150 ribu untuk barang-barang kecil ke sedang. 

Untuk beberapa hal seperti kandang, tangki ikan, aquarium, dan lain-lainnya bisa di bandrol dengan harga Rp 300 ribu hingga Rp 750 ribu. Jadi alat perlengkapan dan harganya dalam bisnis petshop ini cukup beragam, tergantung bagaimana kamu menyediakan produk dan jasanya.

Selain itu, jika kamu memilih untuk menyewa utilitas seperti ruko biaya yang dibutuhkan bisa semakin membesar. Memang beberapa ruko menyediakan pembayaran bulanan hingga tahunan, cukup beragam. Rata-rata sewa ruko di daerah perumahan paling murah Rp 300 juta per tahunnya.

Biaya Penanganan Bisnis Petshop

Pada tahap ini artinya bisnis petshop kamu mulai berkembang. Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah berapa pengeluaran perbulannya. Persediaan produk seperti makanan, minuman, mainan dll. Biaya sewa bulanan, hingga gaji karyawan (jika ada) juga harus kamu pikirkan. 

Berapa Harga Rata-rata Produk yang Harus Dijual?

Kembali lagi jika usaha petshop yang ingin kamu mulai ini hanya menjual makanan, dan perlengkapan hewan saja kamu tidak perlu kesusahan untuk menghitung berapa harga jual produkmu. 

Misalkan saja kamu membeli makanan anjing Rp 30 ribu secara ecer dan kiloan dengan harga Rp 300 ribu hingga Rp 900 ribu, kamu dapat menjualnya dengan harga Rp 37 ribu untuk ecer dan Rp 310 ribu sampai  Rp910 ribu untuk kiloan tergantung jenis dan mereknya. 

Sedangkan untuk produk perawatan seperti shampo dan obat-obatan cukup bandrol dengan harga rata-rata.

Sudah Siap Buka Petshop Sendiri?

Dengan berbekal rasa cinta pada hewan, dan jiwa enterpreneur yang tinggi bisnis petshop adalah salah satu pilihan yang cukup menguntungkan. Namun tetap pertimbangkan situasi keuangan, lokasi, alat perlengkapan dan harganya dalam bisnis petshop sehingga usahamu tetap berdiri kokoh. Selain itu terus lakukan riset pasar, antusiasme pelanggan, trend terkini dan elemen lain untuk memasarkan bisnis petshop kamu.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Berapa Harga Alat Perlengkapan dalam Bisnis Petshop?

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​