Home » Strategi-bisnis » Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Petshop

Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Petshop

Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Petshop

Dewasa ini, bisnis petshop mulai banyak diminati oleh masyarakat. Umumnya, bisnis ini menyediakan berbagai macam perawatan seperti kesehatan, kebersihan, penitipan sementara, sampai jual beli hewan peliharaan. Lantas, bagaimana cara mengatasi banyaknya kompetitor dalam bisnis petshop?

5 Cara Mengatasi Kompetitor Bisnis Petshop

Ketika menjalankan bisnis petshop, kamu perlu mengetahui beberapa strategi yang dapat dilakukan agar mampu bersaing dengan para kompetitor seperti berikut ini:

Menentukan Lokasi Pet Shop

Langkah pertama, kamu harus memastikan bahwa petshop kamu berada di lokasi strategis demi mempermudah menjangkau target pasar bisnis. Sementara itu, untuk harga sewa lahan usaha yang strategis jauh lebih mahal sekitar Rp 7 juta sampai Rp 12 juta per tahun. 

Ciri-ciri dari lahan yang strategis adalah sebagai berikut:

  • Pertama, akses yang mudah. Kamu harus bisa mencari tempat yang mudah dijangkau oleh seluruh konsumen, jangan pilih gang atau belokan.
  • Jalanan ramai. Pilih juga tempat dengan banyak kendaraan yang lewat. Kamu juga bisa memilih lokasi yang sering macet. Dengan begini, saat sedang ber macet-macetan, kamu bisa menawarkan produk petshop.
  • Tempat Luas. Lokasi usaha petshop juga dibutuhkan sangat besar. Setidaknya, ada lahan parkir jadi konsumen tidak bingung ingin parkir dimana. 

Menentukan Layanan Jenis

Biasanya, bisnis petshop menyediakan layanan untuk semua jenis hewan peliharaan, tidak hanya anjing dan kucing. Oleh sebab itu, kamu bisa menyediakan semua jenis layanan hewan. Mulai dari jual beli, jasa titip, dan salon hewan.

Melalui strategi ini, target pasar akan jauh lebih besar ketimbang hanya menawarkan satu layanan saja.

Mengurus Izin

Cara mengatasi banyaknya kompetitor dalam bisnis petshop berikutnya, kamu perlu meminta izin usaha di lingkungan sekitar toko. Ini dilakukan agar menghindari terjadinya konflik dan menghargai warga sekitar.

Selain itu, alasan utamanya juga karena tidak semua orang bisa nyaman dengan hewan peliharaan di dekat rumah mereka. Jadi, kamu harus mempertimbangkan hal tersebut sebelum mengajukan surat permohonan izin kepada dinas kota. 

Adapun tata cara untuk membuat surat izin permohonan bisa dilakukan secara online sebagai berikut:

  • Kamu harus mengunjungi situs resmi OSS, lalu pilih menu Daftar. Kamu bisa mengisi data pribadi seperti KTP, tanggal lahir, alamat email, dan nomor telepon. Pastikan seluruh data yang terisi lengkap dan benar.
  • Jika formulir pendaftaran sudah terisi lengkap, tekan tombol Submit. Kemudian, sistem OSS nantinya akan mengirimkan tautan verifikasi akun pada alamat email yang sudah kamu daftarkan. Pada email, kamu akan menerima informasi terkait username dan password.

Setelah itu, kamu harus mengisi data usaha pada situs pendaftaran SIUP, yaitu pertama, gunakan data username dan password untuk bisa login. Jika sudah muncul formulir pengisian data usaha, maka isi data secara lengkap dan benar.

Jika data semua telah terisi lengkap, kamu bisa menuju menu Permohonan Berusaha. Kemudian, pilih Akta. Nantinya pada notifikasi ada Informasi Validasi KSWP dan NPWP, lalu pilih Proses.

Kamu akan langsung dialihkan ke halaman baru untuk bisa memastikan bahwa data mengenai Akta Pendirian Perusahaan dan Kelengkapan Data sudah benar. Kemudian, pada halaman Komitmen Izin Usaha, kamu harus bisa mencentang izin yang dibutuhkan. 

Lakukanlah hal yang sama pada halaman Komitmen Izin Komersial. Selanjutnya, bisa sesuaikan dengan output. Jika semua langkah yang ada di atas selesai, maka sistem OSS bisa langsung menerbitkan NIB untukmu. 

Carilah Veternian dan Caretaker Terpercaya

Veternian merupakan seseorang yang bekerja sebagai dokter hewan, sedang caretaker merupakan penjaga hewan laboratorium yang menangani perawatan hewan secara rutin.

Kamu bisa menggunakan tenaga ahli tersebut yang berlokasi di dekat petshop milikmu dengan mengajukan proposal kerjasama. Salah satu rekomendasinya, kamu dapat mengajukan proposal tersebut ke alamat email [email protected] yang membuka partnership dengan pihak petshop.

Ketersediaan tenaga ahli kesehatan hewan akan membantu meningkatkan pamor dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Selain itu, tenaga ahli ini juga dapat membantu menjaga kesehatan pada hewan.

Memberikan Edukasi Kepada Konsumen

Umumnya, calon pembeli hewan peliharaan sangat minim pengetahuan mengenai cara merawat hewan yang benar. Jadi kamu bisa berbagi ilmu kepada calon pembeli agar menyakinkannya untuk membeli hewan peliharaan. 

Misalnya, kamu bisa membuat berbagai konten di berbagai platform media sosial, misalnya Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Contoh konten yang bisa kamu buat adalah tentang perkenalan produk perawatan hewan, makanan hewan, cara merawat hewan, dan lain-lain.

Jika membutuhkan referensi konten, kamu bisa mengunjungi akun sosial media milik kompetitor, seperti @petshopid, @vetopet, dan masih banyak lagi.

Selain membuat konten berbentuk visual di media sosial, kamu juga bisa mengedukasi pelanggan melalui artikel di laman website petshop milikmu. Contoh konten artikel yang bisa kamu buat bisa lihat di website official milik Petshop Indonesia.

Sudah Paham Cara Mengatasi Kompetitor Bisnis Petshop?

Agar usaha petshop kamu nantinya lebih mudah berkembang, maka kamu bisa menggunakan 5 cara mengatasi banyaknya kompetitor dalam bisnis Petshop di atas. Semoga bisnismu bisa berjalan lancar!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis petshop kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor dalam Bisnis Petshop

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​