Ini Dia 4 Kisah Sukses Pemilik Brand Bisnis Roti Ternama!

Apa saja kisah sukses dari para pemilik brand bisnis roti ini yang bisa menginspirasi kamu dan bisnismu?

Kisah para pemilik bisnis sukses yang sudah mengalami asam garam dunia bisnis roti dapat menjadi inspirasi dan motivasi, agar kamu memiliki semangat berwirausaha.

Apalagi memulai sebuah bisnis tidak bisa instan dan mudah. Setiap orang juga pasti memiliki jalan yang berbeda-beda.

Yuk, intip pelajaran dari kisah sukses pemilik brand roti ternama berikut!


4 Pelajaran dari Kisah Sukses Pemilik Brand Bisnis Roti

Tidak sedikit orang bermimpi untuk membangun usaha yang sukses.

Sayangnya, hanya sedikit dari mereka yang berani untuk mengambil langkah maju.

Berikut adalah contoh orang-orang dengan mimpi besar, dan kisahnya dapat menjadi pelajaran untuk kamu yang ingin membangun bisnis roti.

Silakan disimak!


1. Afan Syahdan, Roti Gembong Gedhe

Cerita pertama berasal dari Afan Syahdan, pendiri brand Roti Gembong Gedhe yang berlokasi di Yogyakarta.

Pemuda berusia 20 tahun ini memulai bisnisnya sejak tahun 2020, lebih tepatnya saat pandemi mulai melanda Indonesia. Inspirasi awalnya untuk membuka bisnis adalah karena bisnis roti gembong kakaknya yang enak dan murah.

Ketika ingin memulai bisnis, Afan hanya memiliki uang Rp7.000.000,00. Dirinya harus menjual mobil dan meminjam.

Beruntungnya, Afan mendapatkan tambahan dana dari orang tuanya sendiri dengan kompensasi tidak perlu memberinya uang saku sampai satu tahun. 

Karena mendapatkan bantuan dari orang tua dan kakaknya, Afan memiliki tanggung jawab paling besar di bagian pemasaran untuk membuat bisnis dan produknya dikenal oleh banyak orang. Hingga sekarang, Afan sudah memiliki 100 cabang bisnis dengan 1.100 karyawan. 

Saat awal buka, dirinya mampu menjual sekitar 50 roti dengan omzet sebesar Rp500.000,00. Namun, sekarang dengan adanya 100 cabang dan 1.100 karyawan, Afan mampu menjual roti hingga 300-400 buah di setiap cabang.

Kisah sukses Afan ini bisa menjadi pandangan baru, bahwa di keadaan sulit sekalipun masih terdapat peluang untuk meraih kesuksesan.

Selain itu, keberanian Afan untuk mengambil risiko dan memulai bisnis juga dapat menjadi inspirasi bagi kaum muda untuk berwirausaha.


2. Jenny, Manna Healthy Bakery

Menjadi ibu rumah tangga tidak membuat Jenny, pemilik Manna Healthy Bakery untuk berhenti berusaha.

Ibu muda ini sebenarnya tidak memiliki pengalaman dalam dunia bisnis. Awalnya, Jenny hanya merasa kurang produktif dan selalu tidak beruntung ketika melamar pekerjaan. 

Dirinya sempat melakukan bisnis dengan menjual baju dan buah secara online, tapi sayangnya tidak mampu bertahan. Sampai akhirnya Jenny mulai menekuni hobinya, yaitu membuat kue dan roti.

Meskipun awalnya hanya ingin berbagi, teman-temannya justru menyukai rotinya dan ingin memesan. Dari sanalah bisnisnya mulai berjalan, Jenny juga mencoba mengunggah foto-foto rotinya di Instagram hingga mendapatkan banyak respon positif.

Meskipun sempat  ingin menyerah karena kesulitan tentang masalah pengelolaan dan biaya yang harus dirinya tanggung sendiri. Masukan dari konsumennya menjadi motivasi dan caranya untuk memperbaiki diri.

Jenny mulai melibatkan konsumennya dan menerima setiap masukan yang ada. Dia juga menyadari berbisnis membutuhkan banyak kesabaran dan harus siap rugi. Karena dia harus belajar cara mengelola bisnis hingga memutar otak dan melakukan riset untuk berani membuat menu baru.

Meskipun mendapatkan banyak rintangan, kesabaran dan ketekunannya tersebut membuahkan hasil. Oleh sebab itu, kisah sukses dari brand bisnis roti ternama yang satu ini patut kamu ambil pelajaran.

Karena saat ini, Jenny sudah memiliki 7 orang pegawai dengan 65 varian menu. Bahkan brand rotinya sudah dikenal di tiga kota besar, yaitu Jakarta, Bali, dan Bandung. 


3. Neni Heryani, Bunga Bakery

Meskipun pernah mengalami kebangkrutan dan mendapatkan banyak cibiran, Neni tidak pernah berhenti berjuang untuk meraih kesuksesan.

Setelah lulus SMA, Neni tidak bisa melanjutkan sekolah karena keterbatasan biaya. Neni akhirnya merantau ke Bogor untuk bekerja, namun akhirnya menikah dan dari sinilah perjuangannya ia mulai.

Setelah menikah, Neni berjualan roti secara keliling, bahkan sempat memiliki 11 motor untuk mendukung usahanya tersebut. Sayangnya, masalah datang, bisnisnya bangkut, tertipu ratusan juta, dan terlilit utang. Di tengah kesulitannya tersebut, Neni mencoba bangkit.

Dengan modal pinjaman dari saudara sebesar Rp70.000.000,00, Neni kembali membangun usaha roti dengan nama Bunga Bakery.

Walaupun awalnya ragu dan takut, namun perjuangan dan keuletannya memberikan hasil yang manis. Karena sekarang Neni sudah memiliki pabrik roti sendiri dengan 9 cabang toko. 


4. Ridwan Darussalam, Amorcakes & Bakery

Meski memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sejalan, Ridwan mampu meraih kesuksesan dengan Amorcakes & Bakery.

Kisah sukses brand bisnis roti ternama milik Ridwan ini berawal dari cita-cita sederhana, yakni dirinya ingin memiliki bisnis di bidang bakery hingga memiliki kehidupan yang layak. 

Ridwan akhirnya mulai belajar secara otodidak tentang cara membuat bolu. Lalu, dengan modal sebesar Rp5.000.000,00 – Rp10.000.000,00, Ridwan mulai membangun bisnis pada tahun 2010.

Saat pertama kali memulai bisnis, dia memberanikan diri untuk menawarkan bolu ke saudara, tetangga, hingga menitipkannya di pabrik.

Meskipun memiliki modal dan skill yang terbatas serta telah gagal berulang kali, Ridwan tidak pernah menyerah. Ia yakin itu adalah proses dan dengan terus berinovasi serta memperbaiki diri, dia akan sukses.

Keyakinannya tersebut akhirnya menjadi nyata. Karena hingga saat ini ia memiliki 4 bakery dan 21 outlet.

Sekarang Ridwan mampu menjual ribuan bolu roti setiap harinya. Tokonya juga mampu mendatangkan setidaknya 60 ribu konsumen per bulan, dengan omzet hingga miliaran rupiah.


Kisah Sukses Bisnis Roti Mana yang Menjadi Inspirasimu?

Itulah beberapa kisah sukses dari pemilik berbagai brand bisnis roti ternama yang bisa menjadi pelajaran berharga untuk kamu dan bisnismu.

Satu hal yang semua pemilik bisnis roti di atas terapkan adalah ketekunan dan sikap yang pantang menyerah.

Semoga ulasan di atas bisa semakin menguatkan kamu untuk berjuang membangun bisnis yang sukses, ya!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.