Home » Strategi Bisnis » Ini SOP yang Perlu Disusun dalam Bisnis Sepatu Anak

Ini SOP yang Perlu Disusun dalam Bisnis Sepatu Anak

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kehadiran SOP (Standard Operating Procedure) sangat dibutuhkan agar kegiatan bisnis bisa berjalan dengan mulus. Ini berlaku untuk semua jenis bisnis, tidak terkecuali untuk bisnis sepatu anak.

Kehadiran SOP dibutuhkan agar karyawan memiliki panduan atau standar yang dapat diikuti dalam melaksanakan pekerjaan mereka sehari-hari.

Tanpa adanya SOP, karyawanmu mungkin akan mengerjakan pekerjaan mereka sesuai dengan pemahaman masing-masing.

Tentu saja hal tersebut berisiko, dan sudah seharusnya dihindari dalam menjalankan sebuah bisnis.

Lalu, SOP apa saja yang sebaiknya sudah disiapkan saat menjalankan bisnis sepatu anak?

SOP yang Perlu Disusun dalam Bisnis Sepatu Anak

Bagi perusahaan besar, biasanya sudah tersedia daftar SOP untuk setiap bagian dan posisi pekerjaan.

Prosedur tersebut menjadi acuan bagi semua pihak dalam melaksanakan pekerjaan mereka masing-masing.

Namun, bagaimana dengan bisnis skala kecil? Apakah harus memiliki SOP yang sama persis seperti bisnis berskala besar?

Yuk, kita simak apa saja SOP yang perlu dimiliki oleh sebuah bisnis kecil, seperti bisnis sepatu anak.


1. SOP produksi barang

Jika bisnis kamu memproduksi sendiri produk sepatu anak, maka kamu perlu menyiapkan SOP untuk mengatur aktivitas di bagian produksi/pabrik.

SOP yang kamu buat sebaiknya meliputi pengelolaan bahan baku, penggunaan alat-alat produksi, serta pengaturan jadwal kerja karyawan.

Untuk pengelolaan bahan baku, SOP perlu mencakup aktivitas penerimaan bahan baku dari pemasok, pemeriksaan fisik bahan baku sebelum masuk ke gudang, serta pengaturan penempatan stok bahan baku tersebut pada gudang penyimpanan.

Kamu juga bisa memasukkan komponen metode FIFO (first in first out) pada SOP tersebut.

Pada bagian penggunaan alat-alat produksi, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu target produksi bulanan dan urutan penggunaan alat pada proses produksi.

Setelah itu, kamu bisa mengatur penggunaan alat sesuai fungsinya masing-masing. Pengaturan penggunaan dan durasi pemakaian alat yang tertulis di SOP juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan alat produksi.

Berikutnya, SOP produksi barang juga perlu mencakup pengaturan jadwal kerja karyawan.

Apakah bagian produksi akan tetap beroperasional selama 24 jam?

Bagaimana dengan pengaturan jam kerja/shift?

Hal-hal tersebut harus tertulis jelas dan mudah dipahami oleh semua orang yang beban kerjanya berkaitan dengan proses produksi sepatu anak.


2. SOP pengaturan karyawan

SOP selanjutnya yang perlu kamu buat adalah pengaturan karyawan di toko fisik.

Hal ini mungkin tidak terlalu penting jika bisnis kecilmu hanya berjualan secara online.

Namun, jika kamu juga mengelola sebuah toko fisik yang akan rutin dikunjungi konsumen, kamu jelas memerlukan sebuah SOP sebagai dasar acuan pelaksanaan kerja bagi para karyawan.

SOP ini perlu mencakup mengenai jadwal kerja karyawan/shift, pengaturan pakaian/seragam, pengaturan stok barang di toko, dan juga pengaturan kebersihan & keamanan.

Jadwal giliran kerja karyawan perlu diatur; berapa banyak shift dalam sehari dan berapa banyak karyawan yang diperlukan dalam satu shift kerja.

Begitu juga dengan pakaian dan atribut yang dikenakan oleh mereka, apakah sudah sesuai dengan konsep tokomu? Atau kamu membebaskan karyawan mengenakan pakaian mereka sendiri, selama itu sopan dan rapi?

Kemudian, kamu perlu mengatur juga standar dalam penyusunan produk di toko. Karena jika tidak diberi arahan, tentu para karyawan akan kesulitan untuk menentukan tempat untuk beragam produk sepatu anak.

Selanjutnya, SOP juga sebaiknya mencakup tentang pengaturan kebersihan & keamanan toko. Tentukanlah waktu-waktu di mana para karyawan bisa membersihkan toko secara berkala.

Kamu juga perlu membuat urutan aktivitas yang perlu karyawan lakukan saat akan membuka dan menutup toko, bagaimana menyimpan barang-barang pribadi karyawan, serta bagaimana menyimpan uang hasil transaksi secara aman.


3. SOP pelayanan konsumen

SOP terakhir yang biasanya terlewat dan tidak dibuat oleh pemilik bisnis kecil adalah SOP pelayanan konsumen.

Misalnya, jika konsumen menyampaikan keluhan tentang produk yang mereka beli, bagaimana sebaiknya karyawan bisnis sepatu anak milikmu harus merespon?

Apakah sekadar meminta maaf?

Atau mereka perlu menyarankan konsumen untuk kembali ke toko dan menukar produknya?

Pemilik bisnis bisa saja tidak harus menyiapkan SOP ini, dan hanya mengandalkan inisiatif karyawan dalam menghadapi konsumen. Tetapi perlu diingat, tidak semua karyawan memiliki kemampuan yang sama.

Jika kamu menyerahkan sepenuhnya tugas seperti ini sesuai kemampuan masing-masing karyawan, tentu kualitas pelayanan yang diterima konsumen pun akan berbeda-beda.

Sebaiknya hindari hal seperti itu, ya.

Kamu perlu membuat standar pelayanan yang baik bagi semua konsumen, terlepas dari kemampuan karyawan yang kamu pekerjakan.

SOP ini sebaiknya mencakup penjelasan tentang bagaimana menghadapi konsumen yang menyampaikan keluhan, konsumen yang memberi komentar baik/buruk, hingga konsumen yang meminta penjelasan terhadap produk yang mereka ingin beli.

SOP juga harus meliputi contoh solusi apa yang bisa ditawarkan oleh karyawan kepada para konsumen, sehingga karyawan tidak harus selalu bertanya kepada dirimu setiap ada hal baru yang ditanyakan oleh konsumen.

Semakin siap dan sigap karyawan tersebut dalam menanggapi konsumen, semakin baik pula image bisnis sepatu anak yang kamu miliki di mata konsumen.

Nah, kehadiran SOP bisa membantumu mendapatkan dan mempertahankan image tersebut.


Pentingnya Memiliki SOP yang Lengkap untuk Bisnis Sepatu Anak

Itulah beberapa SOP penting yang perlu dimiliki oleh bisnis kecil seperti bisnis sepatu anak.

Mulai dari SOP bagian produksi, SOP manajemen karyawan, hingga ke SOP pelayanan konsumen.

Dalam perjalanannya nanti, ketika bisnismu mulai tumbuh menjadi besar, kamu pun perlu memiliki lebih banyak standar operasional untuk melengkapi tiap bagian bisnis tersebut.

Kehadiran SOP dapat membuat bisnismu berjalan mulus dan berfungsi juga sebagai mitigasi risiko.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​