Home » Strategi Bisnis » Bisnis Thai Tea 101: Bentuk Promosi Untuk Pelanggan Baru dan Lama

Bisnis Thai Tea 101: Bentuk Promosi Untuk Pelanggan Baru dan Lama

Mengenal bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama merupakan salah satu hal yang sebaiknya kamu pelajari sebelum atau saat berbisnis Thai Tea. Dengan begitu, kamu akan bisa mempertahankan pelanggan lama dan menggaet yang baru.

Lewat adanya kedua jenis pelanggan tersebut, maka bisnis Thai Tea-mu bisa menjadi lancar dan tercegah dari kebangkrutan. Maka dari itu, yuk kenali bentuk-bentuk promosi dan cara penerapannya dalam artikel ini!

5 Bentuk Promosi Untuk Pelanggan Baru dan Lama

Agar bisa mempertahankan pelanggan setia dan memeroleh pelanggan baru, kamu sebaiknya mengenal sejumlah bentuk promosi. Melalui hal itu, maka kamu dapat memilih bentuk promosi manakah yang paling sesuai. Di bawah ini merupakan bentuk promosi tersebut:

Advertising

Disebut juga sebagai periklanan, ini merupakan sebuah presentasi non pribadi serta promosi berbayar. Bentuk promosi ini kerap kamu jumpai dalam keseharian. Contohnya pada jeda acara TV, papan iklan jalanan, hingga internet.

Personal Selling

Ini merupakan promosi yang diterapkan melalui penggunaan sumber daya manusia. Bentuk promosi ini bertujuan seagai pembangunan hubungan pelanggan supaya lebih terpercaya dan akrab. Contoh pelaku personal selling yakni agen, sales, dan lainnya.

Sales Promotion

Bentuk promosi ini memiliki jangka durasi yang pendek serta bertujuan sebagai peningkat penjualan secara instan. Fungsi bentuk satu ini yakni untuk mendongkrak permintaan Thai Tea.

Bisa jadi, ini merupakan bentuk promosi yang sering pelanggan iya-kan atau jarang menolaknya. Contoh bentuk promosi satu ini adalah flash sale, diskon, maupun penawaran singkat yang lain.

Public Relation

Bentuk pronosi ini memiliki guna sebagai penghasil publisitas yang optimal serta peningkat citra bisnis Thai Tea-mu. Public relation sendiri biasanya kerap dilakukan melalui pemberitaan, event, kolaborasi bersama stakeholder, serta masih banyak lagi.

Direct Marketing

Ini merupakan bentuk promosi secara langsung. Direct marketing dilakukan langsung pada calon pelanggan melalui penggunaan kanal komunikasi. Seperti contohnya yakni SMS, email, telepon, serta saluran lainnya.

Kini, banyak bisnis kecil hingga besar yang menerapkan bentuk promosi direct selling. Hal ini dikarenakan walaupun promosi diterapkan jauh hari, pebisnis tetap dapat memberikan respon secara langsung pada bisnis tersebut.

11 Cara Menerapkan Bentuk Promosi untuk Pelanggan 

Setelah memahami bentuk-bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama, sekarang kamu lebih baik mempelajari cara-cara untuk mengaplikasikannya. Hal ini agar pelanggan lama setia dan pelanggan baru bermunculan. Nah, berikut adalah poin-poin dan penjelasannya:

Memposting Tulisan pada Blog

Membuat tulisan dan memostingnya dalam blog merupakan cara efektif untuk menunjukkan eksistensi usaha Thai Tea-mu pada pelanggan. Sebab, lebih dari 70% dari mereka mempelajari bermacam produk lewat blog. 

Memposting Konten pada Media Sosial

Cara promosi ini pun bisa kamu lakukan apabila target pasar Thai Tea-mu merupakan pengguna media sosial aktif. Akan tetapi, sebelum menerapkan promosi ini, pelajari terlebih dahulu platform manakah yang sering pelangganmu gunakan.

Mengirim Newsletter Lewat Email

Memanfaatkan surat elektronik suntuk promosi Thai Tea bisa dicoba. Sebab, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa keberhasilan menarik pelanggan baru menggunakan cara ini bisa 40 kali lebih baik ketimbang media sosial. 

Memberikan Potongan Harga atau Diskon

Harga merupakan salah satu faktor utama yang ditentukan calon maupun pelanggan tetap dalam memilih produk minuman Thai Tea. Maka sebab itu, manfaatkan ini untuk memberi potongan harga atau diskon. Sebab, inilah yang mereka selalu tunggu. 

Menawarkan Cashback untuk Pembelian Tertentu

Selain diskon, cobalah menawarkan cashback. Ini merupakan pengembalian sejumlah dana pelanggan sesudah mereka membeli Thai Tea. Biasanya, cara satu ini dapat kamu berikan melalui beberapa syarat maupun ketentuan saat pembelian.

Buy 1 Get 1 Free

Mempromosikan varian Thai Tea baru lewat metode ini sudah umum. Melalui beli 1 gratis 1, maka pelanggan bisa senang karena memeroleh gratisan. Pebisnis pun untung karena pengenalan varian baru bisa dilakukan dengan tetap memeroleh profit.

Memberikan Hadiah atau Gift

Memberi pelanggan hadiah bisa kamu lakukan melalui merchandise atau jenis produk yang berbeda, misalnya Thai milk tea cheesecake. Sama dengan sebelumnya, gunakan syaarat dan ketentuan bagi pelanggan yang ingin memeroleh hadiah tersebut!

Penukaran Poin Rewards

Cara promosi ini dapat diaplikasikan melalui program pelanggan loyal. Hal ini berarti, pelanggan yang setia membeli produk Thai Tea-mu berhak memeroleh penawaran khusus. Contohnya poin rewards tertentu dapat ditukar dengan suatu varian Thai Tea.

Membagikan E-Voucher

Pada era digital sekarang, penerapan e-voucher sangat lazim dilakukan. Kamu sebagai pemilik bisnis Thai Tea dapat memberikan e-voucher tersebut lewat sejumlah online platform. Misalnya email, layanan ojek, website, dan lain sebagainya.

Memberikan Tester atau Sampel Varian Thai Tea

Metode promosi satu ini efektif untuk mengetahui reaksi pelanggan saat mencicipi produk minuman Thai Tea-mu. Jika kamu tertarik menerapkan penawaran sampel, maka siapkan gelas berukuran mini berisi varian Thai Tea yang tengah dipromosikan.

Brand Ambassador dan Endorser

Saat ini, media sosial memang sangat besar efeknya dalam memengaruhi kebutuhan maupun keinginan pelanggan. Maka dari itu, manfaatkan momen ini untuk memiliki brand ambassador atau menyewa jasa seleb media sosial sebagai endorser.

Pahami Bentuk Promosi, Terapkan Caranya!

Kini, kamu telah mengetahui 5 bentuk promosi untuk pelanggan baru dan lama serta 11 cara penerapannya. Untuk mengetahui manayang paling efektif,  cobalah satu per satu terlebih dahulu saja.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis Thai Tea kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​