Home » Strategi-bisnis » 5 Bentuk Promosi untuk Bisnis Ayam Geprek

5 Bentuk Promosi untuk Bisnis Ayam Geprek

5 Bentuk Promosi untuk Bisnis Ayam Geprek

Dalam menjalankan pemasaran untuk bisnis kuliner seperti bisnis ayam geprek, tentu banyak bentuk promosi yang bisa kamu lakukan.

Dengan semakin banyaknya bisnis kuliner ayam geprek yang tersedia, mulai dari warung makan hingga ke restoran besar, tentu bisnismu membutuhkan sebuah strategi pemasaran & promosi yang baik agar bisa tetap bersaing.

Penggunaan media online seperti media sosial, online marketplaces, hingga ke website dan blog, serta CRM, banyak digunakan untuk tujuan pemasaran dan promosi.

Lalu, bentuk promosi apa yang sesuai dengan konsep bisnis kuliner seperti ayam geprek ini?


Beragam Bentuk Promosi untuk Bisnis Ayam Geprek

Penggunaan beragam media online untuk berpromosi merupakan metode yang paling mudah & murah untuk mengembangkan bisnis ayam geprek.

Bagaimana tidak, jika dulu sebuah bisnis harus membayar iklan dan promosi yang jumlahnya puluhan juta ke media massa, sekarang hal tersebut dapat kamu lakukan dengan biaya yang lebih kecil, serta lebih tepat sasaran.

Nah, dari beragam cara berpromosi di media online, cara apa saja yang sesuai untuk kamu gunakan pada promosi bisnis ayam geprek?

Simak ulasannya berikut!


1. Menggunakan foto dengan resolusi yang baik

Semua bisnis yang menjual produk kepada konsumen pasti membutuhkan foto atau gambar yang bagus.

Bentuk promosi pertama yang mudah untuk kamu lakukan adalah menggunakan foto dengan resolusi yang baik.

Kamu bisa mengambil gambar menggunakan smartphone, atau kamera digital yang kamu miliki.

Untuk hasil yang lebih bagus dan profesional, kamu perlu menyewa jasa seorang fotografer yang memang ahli di bidang food photography.

Foto produk ayam geprek ini nantinya tidak hanya dapat digunakan untuk dekorasi pada tempat makan, pada brosur, atau pada buku menu; namun juga dapat kamu gunakan untuk berpromosi menggunakan media sosial seperti Instagram & Facebook.

Hindari berpromosi menggunakan foto yang kurang jelas atau blur, ya.


2. Menggunakan video

Serupa dengan menggunakan foto, kamu juga bisa membuat beragam jenis video untuk berpromosi.

Untuk bisnis kuliner seperti ayam geprek, bisnismu bisa membuat video review makanan, dan juga video kegiatan bisnis sehari-hari.

Video review biasanya berisi ulasan-ulasan makanan oleh para konsumen, yang kamu rekam saat mereka selesai makan di lokasi bisnismu.

Sedangkan untuk video kegiatan sehari-hari, bertujuan untuk memberi pemahaman kepada para konsumen mengenai bagaimana proses makanan dan pelayanan dilakukan sehari-hari.

Konten-konten seperti ini cukup ampuh untuk mendekatkan bisnismu dengan para konsumen.

Kamu bisa melihat berbagai konten video lain di YouTube, sebagai referensi.

Konten video biasanya bisa kamu tampilkan pada media sosial seperti YouTube, Instagram, dan Facebook.

Media sosial yang sedang ramai digunakan saat ini seperti TikTok juga bisa bisnismu gunakan untuk berpromosi menggunakan format video, meskipun durasinya cukup singkat.

Agar video promosi bisnismu bagus dan terlihat profesional, kamu bisa menyewa jasa seorang videographer atau content creator yang memang ahli untuk membuat video-video kuliner.


3. Menggunakan copywriting

Selain dengan foto dan video, kamu juga perlu merangkai tulisan yang baik untuk menyampaikan pesan tentang promosi.

Di sinilah peran seorang copywriter kamu butuhkan.

Copywriter dapat membantumu untuk menyiapkan dan menulis materi promosi, sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Baik itu untuk caption pada tiap unggahan konten, atau pada foto dan gambar promosi yang bisnismu tampilkan di berbagai media.

Seorang copywriter dapat menyusun kata-kata dan tagline yang sesuai, serta tepat sasaran, agar konsumen tertarik untuk membeli produk ayam geprek yang dijual bisnismu.


4. Mengoptimalkan penggunaan media sosial

Setelah sukses mengunggah konten yang menarik dan interaktif secara rutin ke media sosial, selanjutnya kamu bisa mulai mengatur iklan untuk promosi melalui Meta Business Suite (dulunya Facebook Business Manager).

Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengatur unggahan dan iklan yang kamu jalankan di Instagram dan Facebook.

Iklan yang kamu jalankan tentu saja berbayar.

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang untuk berpromosi, kamu pun dapat menggunakan Instagram dan Facebook secara organik, yaitu dengan rutin mengunggah konten-konten yang relevan tentang bisnis ayam geprek milikmu.

Foto, gambar, dan video yang telah kamu buat sebelumnya bisa kamu unggah sesuai jadwal ke akun-akun tersebut.


5. Menggunakan jasa influencers

Bentuk promosi terakhir dan juga yang semakin sering para pemilik bisnis gunakan belakangan ini adalah dengan menggunakan jasa influencers.

Kamu bisa mencari tahu sebelumnya, siapa saja influencer dan content creator yang memiliki penonton setia, yang karakteristiknya sesuai dengan karakteristik target konsumenmu.

Setelah itu, kamu bisa menghubungi dan menanyakan kesediaan mereka untuk mempromosikan produk ayam geprek milikmu.

Selanjutnya, setelah mendapat harga yang kedua belah pihak setujui, kamu tinggal mengirim materi foto dan video yang telah kamu buat sebelumnya, serta memberikan briefing promosi kepada mereka. Setelah itu, produkmu akan di-endorse oleh para influencers atau content creators.

Berdasarkan pengalaman dari pemilik bisnis yang lain, promosi ini termasuk yang cukup cepat meningkatkan penjualan produk, loh.


Bentuk Promosi Mana yang Akan Kamu Pilih untuk Bisnis Ayam Geprek?

Itulah beberapa bentuk promosi yang bisa kamu buat secara kreatif untuk mengembangkan bisnis ayam geprek.

Mulai dari membuat foto dan video, menggunakan copywriting, mengoptimalkan penggunaan media sosial, hingga ke penyewaan jasa influencers.

Tidak semuanya harus kamu lakukan sendiri.

Kamu juga bisa menyewa orang yang memang ahli dalam bidangnya, seperti photographer, videographer, copywriter, graphic designer, dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi cara berpromosi yang sebenarnya bisa kamu eksplorasi. Selama hal tersebut menguntungkan dan tidak melanggar peraturan, kenapa tidak?

Selamat mencoba!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Bentuk Promosi untuk Bisnis Ayam Geprek

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​