Home » Strategi Bisnis » 5 Cara Membangun Brand Identity dalam Bisnis Thai Tea

5 Cara Membangun Brand Identity dalam Bisnis Thai Tea

5 Cara Membangun Brand Identity dalam Bisnis Thai Tea

Brand identity menjadi sebuah poin penting yang harus diperhatikan oleh para pebisnis. Hal tersebut akan menjadi kekuatan yang membantu produkmu terus berkembang dan dikenal serta diminati oleh banyak orang. Untuk itu, kamu harus tahu bagaimana cara membangun brand identity yang benar dan efektif. Termasuk untuk jenis bisnis Thai Tea yang kamu tekuni agar semakin laris manis di pasaran.

Pada dasarnya persaingan bisnis saat ini memang semakin ketat, termasuk untuk bidang bisnis Thai Tea

Jika ingin bertahan dan mendapat keuntungan optimal, maka pastikan kamu punya teknik membangun brand identity yang efektif. Mari simak bagaimana caranya di pembahasan berikut ini!

Cara Membangun Brand Identity untuk Bisnis Thai Tea

Kamu bisa memahami brand identity ini secara mudah sebagai sebuah identitas yang akan membuat konsumen langsung mengenali produkmu. Nantinya brand identity ini akan membuat bisnismu berkembang, punya daya tarik, dan semakin diminati. 

Berikut adalah lima cara yang bisa dilakukan untuk membangun sebuah brand identity dalam bisnis Thai Tea:

Buat Konsep yang Matang

Langkah pertama, buat dulu konsep yang matang. Jika kamu ingin orang lain mengenal bisnismu dengan baik lewat identitas yang jelas, maka kamu sendiri harus mempersiapkannya secara optimal. Susun konsep yang matang dari bisnis dan brand yang akan kamu hadirkan ke pasar. 

Tentukan produk Thai Tea seperti apa yang ingin dijual dan apa konsep utama dari produk tersebut. Tetapkan tujuan dari brand yang akan dipasarkan. Cari tahu siapa target konsumennya dan hal apa yang ingin ditonjolkan dari produk tersebut. 

Ini penting dan akan mempermudah kamu untuk membangun sebuah brand identity yang kuat. Jika konsep yang kamu ciptakan matang dan cukup kuat, maka konsumen juga akan melihatnya dengan cara yang sama. 

 

Lakukan Riset Pasar

Langkah berikutnya, cobalah untuk melakukan riset pasar. Dalam membentuk brand identity, penting sekali untuk memantau kondisi pesaing atau kompetitor. Kamu harus bisa menghasilkan brand dengan identitas yang cukup kuat sehingga bisa tampak lebih unggul dari kompetitor dan bisa menarik perhatian target pasar secara efektif. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Demi mencapai tujuan ini maka lakukanlah riset pasar. Lihat bagaimana produk yang beredar di pasaran saat ini. Seperti apa persaingan produk-produk Thai Tea yang saat ini beredar di masyarakat. 

Hadirkan Thai Tea dengan brand identity yang diinginkan oleh masyarakat dan memiliki daya tarik kuat sehingga bisa mendorong lebih banyak orang untuk membeli. 

Saat membicarakan brand identity, kamu tidak akan bisa lepas dari apa yang disebut sebagai logo. Bagaimanapun juga logo merupakan identitas dari sebuah produk yang akan langsung dilihat oleh konsumen. 

Logo inilah yang akan memberikan kesan kuat pada sebuah produk dan membuat target pasar langsung mengenalinya dengan mudah. Untuk menentukan logo, kamu bisa mulai dengan mencari referensi sebanyak mungkin. Khususnya untuk logo-logo produk Thai Tea

Coba perhatikan seperti apa desain logo Thai Tea yang beredar saat ini. Setelah itu ciptakan logo yang bisa mempresentasikan produk dan konsep bisnismu dengan baik. Jangan lupa, pastikan di dalam logo tersebut ada sebuah faktor unik atau pembeda.

Lakukan Kebiasaan Khas dari Segi Pelayanan

Cara membangun brand identity tidak hanya terbatas pada logo dan simbol produk. Lebih dari itu, brand identity juga bisa dibentuk dan dibangun melalui pelayanan yang berkualitas. Selain itu tampilkan juga ciri atau kebiasaan tertentu dalam pelayanan yang kamu berikan kepada pelanggan. 

Contoh paling mudah bisa dilihat dari brand Starbucks. Mereka memiliki salah satu kebiasaan dalam pelayanannya yaitu menuliskan nama pelanggan di cup minuman. Ini mempermudah mereka untuk memanggil konsumen secara personal. Tak hanya itu, hal ini juga menjadi salah satu upaya membangun brand identity yang kuat di mata pelanggan. 

Tunjukkan Sisi Unik dan Istimewa

Selalu tonjolkan sisi unik dan istimewa dari produk yang kamu jual. Produk Thai Tea saat ini bukanlah hal yang baru di tengah masyarakat. Bahkan ada banyak sekali bisnis Thai Tea beredar di pasaran saat ini. 

Tak masalah, kamu tetap punya peluang asalkan kamu bisa menunjukkan sisi unik dan istimewa dari produk tersebut. Misalnya, produk Thai Tea yang kamu jual memiliki rasa lebih autentik khas Thailand tempat minuman tersebut berasal. 

Tonjolkan kelebihan tersebut sebagai upaya untuk membangun brand identity. Jika berhasil, nantinya orang akan mengenal produkmu sebagai Thai Tea yang rasanya paling otentik dan orisinal. 

Siap Membangun Brand Identity Bisnismu Sendiri? 

Kini waktunya kamu untuk menerapkan semua cara yang sudah dibahas tadi. Brand identity yang kuat dari sebuah bisnis akan sangat membantu kamu untuk berkembang lebih jauh lagi. Apalagi persaingan bisnis kini semakin ketat dan kamu harus bisa menonjol dari yang lain. 

Proses membangun brand identity ini mungkin akan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Apalagi jika bisnismu masih baru dan belum banyak dikenal. Tak masalah, kamu bisa memanfaatkan banyak platform termasuk platform digital untuk memperkuat pembentukan brand identity.

Pastikan kamu memahami seperti apa cara membangun brand identity yang kuat dan mempraktikkannya. Terus jaga kualitas agar bisnismu semakin melejit. Pelayanan yang terbaik juga harus dipertahankan demi brand identity yang semakin bagus di mata konsumen.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis Thai Tea kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​