Home » Strategi-bisnis » Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Thai Tea

Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Thai Tea

Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Thai Tea

Ada beragam media sosial yang ada di era digital ini. Ada Instagram, Facebook, Tik Tok, Twitter, YouTube, dan lain sebagainya. Media sosial ini sangat akrab sekali terdengar di telinga kita bukan? Salah satu strategi para pebisnis dalam mempromosikan bisnis di media sosial ialah menggunakan para influencer. Apa itu influencer? Bagaimana cara memilih influencer yang tepat untuk bisnis Thai Tea?

Apa itu Influencer?

Influencer adalah pengguna media sosial yang memiliki banyak followers atau pengikut pada laman media sosial mereka. Para influencer ini biasanya dari golongan selebriti, musisi, atlet, vlogger, atau orang-orang yang mempunyai popularitas tinggi di media sosial.

Influencer ini memiliki pengaruh yang kuat kepada para pengikut mereka. Bukan hanya soal review produk, tetapi juga gaya hidup pun bisa ditiru oleh para pengikutnya. 

Para influencer ini biasanya menggunakan platform media sosial mereka untuk memberikan review dari sebuah produk. Review ini bisa membuat para pengikut influencer ini menjadi tertarik untuk mencoba produknya. 

Untuk memilih influencer, kamu tidak boleh sembarangan memilih. Lalu, bagaimana cara memilih influencer yang tepat untuk bisnis Thai Tea kamu?

Cara Memilih Influencer yang Tepat

Banyak sekali influencer yang bisa kamu temui di setiap media sosial. Kamu tentunya tidak boleh salah dalam memilih influencer yang tepat untuk produk Thai Tea kamu. Jadi, bagaimana cara memilih influencer yang tepat untuk bisnis Thai Tea milikmu? Simak tips dibawah ini! 

Lihatlah Jumlah Followers

Hal yang paling penting dan utama saat memilih influencer adalah melihat jumlah followers influencer tersebut. Semakin banyak pengikut semakin luas jangkauan promosi untuk produk Thai Tea mu. Maka dari itu, pilihlah influencer dengan jumlah follower yang banyak.  

Namun berhati-hatilah, karena jaman sekarang banyak sekali pengguna media sosial yang membeli pengikut. Pengikut palsu ini terkadang hanya memiliki akun yang kosong. perhatikan jumlah likes di tiap postingan influencer tersebut.

Engagement dengan Pengikut

Hubungan antara pengikut dan influencer juga harus kamu perhatikan. Biasanya ada influencer yang jarang berkomunikasi kepada pengikutnya. 

Influencer akan menjadi wajah dari produk Thai Tea milikmu, oleh karena itu pilihlah influencer yang pintar berkomunikasi dengan pengikutnya. Jika influencer ini pintar berkomunikasi dengan pengikut, maka jumlah pengikut yang tertarik pada produk akan meningkat. 

Meningkatnya peminat pada produk bisa kamu lihat dari jumlah orang yang menyukai postingan tersebut. jika postingan mendapatkan banyak likes, maka dipastikan influencer tersebut berhasil membuat pengikutnya tertarik dengan produk kamu. 

Relevan dengan Produk

Tips selanjutnya, kamu harus mencari influencer yang memiliki bidang promosi yang sama dengan produk milik kamu. Lihatlah postingan pada laman media sosial mereka, apakah itu relevan dengan produkmu atau tidak.

Untuk bisnis Thai Tea ini, pilihlah influencer yang suka berbagi tentang review makanan dan minuman pada laman media sosial mereka. jangan memilih influencer yang tidak relevan dengan produk, seperti influencer yang mereview mobil.

Jumlah Media Sosial

Hal selanjutnya yang harus kamu tahu adalah jumlah media sosial yang dimiliki oleh influencer. Seperti yang kamu ketahui, banyak sekali jenis media sosial belakangan ini.

Carilah influencer yang memiliki banyak media sosial. Sebab, dengan banyaknya akun tersebut maka promosi untuk bisnis Thai Tea kamu akan lebih luas. Jangan lupa, siapkan pesan yang cocok untuk dibagikan di setiap media sosial.

Manfaat Menggunakan Influencer untuk Marketing

Mempromosikan produk melalui influencer tentunya banyak sekali manfaatnya. Apa saja manfaat para influencer ini untuk strategi marketing bisnismu? 

Mendapatkan Kepercayaan dari Konsumen

Manfaat pertama dari menggunakan influencer untuk marketing adalah kamu akan mendapat kepercayaan dari konsumen. Influencer akan membuat bisnis kamu menjadi terpercaya di mata para konsumen. 

Para pengikut influencer ini biasanya akan tertarik pada produk yang dipromosikan oleh si Influencer. Alhasil, mereka akan mulai mencoba produk ini. Dengan ini, produk kamu akan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Menentukan Target Pasar

Setiap influencer biasanya mempunyai platform media sosial yang berbeda. Target pasar yang dituju pun akan berbeda setiap platform. Namun, untuk bisnis makanan dan minuman, semua jenis media sosial bisa dijadikan tempat untuk promosi. Hanya saja, target pasar setiap media sosial berbeda. 

Misalkan kamu mempromosikan merek Thai Tea kamu di Tik tok, yang kebanyakan pengguna adalah orang-orang yang sudah tidak muda lagi. Maka target pasar dari produk kamu adalah anak muda trendi pengguna Tik Tok.

Feedback Cepat

Manfaat selanjutnya dari influencer adalah kamu akan mendapatkan feedbak yang cukup cepat dari para pengikut influencer. Feedback dapat berupa komentar atau jumlah orang yang menyukai postingan tersebut.

Feedback yang akan kamu dapat bukan hanya feedback positif, namun juga feedback negatif. Jadi bersiaplah akan masukan-masukan dari para pengikut influencer ini.

Meningkatnya Penjualan

Ketika Influencer yang terpercaya dan memiliki banyak pengikut merekomendasikan produk, para pengikut akan mulai mengikuti influencer tersebut. 

Para pengikut biasanya akan mempertimbangkan pernyataan-pernyataan dari para influencer tersebut. Ketika influencer itu berhasil meyakinkan pengikutnya, otomatis penjualan produk kamu akan meningkat.

Promosi Pakai Influencer Yuk!

Itulah cara memilih influencer yang tepat untuk bisnis Thai Tea milikmu. Memakai influencer sebagai strategi marketing memang bagus, namun kamu harus cek dulu background kehidupan influencer tersebut. Jika kamu salah pilih, akan berdampak pada bisnismu.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Thai Tea

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​