Home » Strategi Bisnis » Cara Mendapatkan Investor Baru untuk UMKM Thai Tea

Cara Mendapatkan Investor Baru untuk UMKM Thai Tea

Cara Mendapatkan Investor Baru untuk UMKM Thai Tea

Mempelajari sejumlah cara mendapatkan investor baru merupakan hal yang bagus bagi kamu yang tengah memulai atau menjalankan UMKM Thai Tea. Sebab, hal ini dapat berguna untuk kamu yang ingin menambah investor atau baru saja ingin bekerja sama dengan mereka.

Mengetahui hal tersebut, artikel ini akan membahas seputar cara mencari dan memeroleh investor untuk UMKM Thai Tea. Namun sebelum menginjak pembahasan utama, lebih baik kenali jenis investasi untuk UMKM terlebih dahulu.

Pengertian Investasi UMKM

Sudahkah kamu mengetahui apa itu investasi UMKM? Mungkin, kamu yang telah memiliki investor pasti sudah mengetahui hal ini. Namun, tidak menutup kemungkinan ada yang belum, sama seperti pelaku UMKM Thai Tea yang baru akan memulai bisnisnya.

Jadi, investasi UMKM merupakan peminjaman modal untuk suatu UMKM supaya dapat berkembang, sehingga investor memeroleh keuntungan lewat hasil usahanya. Nah, pemanfaatan investasi UMKM sendiri bisa untuk jangka menengah maupun panjang.

Pembagian keuntungan investasi UMKM diinisiasi lewat adanya perjanjian tertentu – dimana selanjutnya disepakati oleh para investor dan pelaku UMKM. Perjanjian tersebut pastinya saling menguntungkan.

Saat ini, peminat investasi UMKM semakin melonjak. Hal ini disebabkan tingginya potensi UMKM, yang juga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi NKRI dalam kurun waktu terakhir. Mengetahui hal itu, kamu tentunya jangan sampai melewatkan momentum satu ini!

Jenis Investasi UMKM

Sebelum memahami cara mendapatkan investor baru usaha Thai Tea kamu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis investasi UMKM. Nah, inilah dua jenis investasi UMKM yang perlu kamu ketahui lewat poin dan penjelasan berikut:

Investasi Pinjaman

Merupakan sebuah investasi lewat pemberian peminjaman sejumlah dana untuk pelaku UMKM. Dana tersebut tentu saja akan digunakan untuk mengembangkan usaha.

Terdapat perjanjian yang nantinya disepakati. Contohnya yakni nominal pinjaman yang diinvestasikan, jumlah imbal hasil yang dapat diperoleh investor, hingga jangka waktu yang diberikan.

Kedua belah pihak memiliki risiko tinggi dalam menjalani investasi pinjaman. Sebab, saat pelaku usaha gulung tikar, investor dapat memiliki kuasa dalam penyitaan aset milik pelaku UMKM sebagai substitusi modal yang gagal kembali.

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Investasi Ekuitas 

Pada investasi ini, pelaku usaha menyalurkan sejumlah modal pada instrumen lain. Contohnya dalam sebuah pasar modal. Nah, di sanalah pelaku usaha mendapatkan keuntungan, lalu hasilnya digunakan sebagai pengembang usaha.

Selain itu, investasi ekuitas pun dapat bersumber dari investor lainnya yang menyalurkan sejumlah modal pada pihak usaha. Nantinya, penanaman modal tersebut bisa menghasilkan keuntungan sesuai jumlah modal ditambah laba lainnya.

Kesimpulannya, jenis investasi ekuitas memiliki sistem yang tidak jauh berbeda dengan jenis investasi pinjaman modal. Hanya saja, sebagai tanda kepemilikan, pihak pengusaha biasanya membagikan surat berharga untuk investor.

Cara Mendapatkan Investor Baru untuk UMKM Thai Tea

Mendapatkan investor untuk UMKM Thai Tea merupakan hal yang susah-susah gampang. Namun tidak perlu khawatir selama kamu memahami caranya sebagai berikut:

Berpartisipasi dalam Kompetisi dan Pameran 

Mengikuti kompetisi dan pameran UMKM adalah salah satu cara untuk menemukan investor dan memeroleh modal. Jadi, kamu selaku pengusaha Thai Tea dapat mengikuti kedua event ini. Dengan begitu, investor dapat mengetahui eksistensi usahamu.

Buatlah booth semenarik mungkin dan berikan kualitas serta pelayanan terbaik saat berpartisipasi dalam kompetisi maupun pameran UMKM. Melalui hal tersebut, para investor bisa tertarik dan berminat untuk menawarkan penanaman modal usaha.

Memberikan Proposal pada Kandidat Investor

Proposal bisa diibaratkan sebagai jembatan bagi UMKM Thai Tea dalam mencari dan mendapatkan modal tambahan, khususnya dari investor. Sebab, di dalam sebuah proposal usaha umumnya terdapat rincian penting seperti rencana dan anggaran.

Proposal yang baik dan memiliki kesesuaian dengan situasi usaha bisa memberikan dampak besar untuk masa depan UMKM. Maka demikian, buatlah proposal sebaik dan semenarik mungkin supaya para kandidat investor tertarik.

Kamu bisa mengisi proposal dengan informasi detail. Bisa seputar visi dan misi UMKM Thai Tea yang tengah kamu jalankan, posisi keuangan usaha, sampai rencana jangka panjang maupun pendek.

Melakukan Presentasi Semenarik Mungkin

Untuk membuat kandidat investor setuju dengan proposal UMKM Thai Tea kamu, sebaiknya kamu menyuguhkan presentasi semenaik mungkin. Sebab, ini merupakan penentu takdir proposal usahamu.

Jadi, buatlah slide presentasi yang simpel, tanpa bertele-tele mengandung banyak tulisan, serta tambahkan animasi sederhana. Usahakan juga warna slide-nya sesuai dengan identitas merek Thai Tea kamu.

Dalam menyampaikan isi slide, kamu bisa menjelaskan secara mendetail tentang prospek usaha, manajemen keuangan, hingga performa tim pengelola UMKM Thai Tea. Jangan lupa pula untuk bersikap percaya diri, lugas, dan profesional.

Menjelaskan Adanya Risiko Usaha

Tidak ada usaha yang tidak berisiko. Termasuk UMKM Thai Tea. Maka dari itu, jangan lupa untuk menjelaskan sejumlah kemungkinan risiko yang bisa dialami usaha di masa depan.

Kamu dapat mengemukakan sejumlah risiko tersebut secara jujur. Dengan begitu, investor bisa mengetahui hambatan apakah yang akan dialami UMKM dan tentu saja mereka dapat mempertimbangkan kejujuranmu sebagai nilai plus.

Sudah Siap Mendapatkan Investor Baru?

Demikianlah pembahasan seputar cara mendapatkan investor baru bagi kamu pelaku UMKM Thai Tea. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang ingin menambah investor maupun yang tengah memulai UMKM Thai Tea!


Bank digital hadir untuk pelaku UMKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​