Home » Strategi-bisnis » Cara Menentukan Budget Promosi dalam Bisnis Thai Tea

Cara Menentukan Budget Promosi dalam Bisnis Thai Tea

Cara Menentukan Budget Promosi dalam Bisnis Thai Tea

Ketika menjalankan bisnis, promosi menjadi kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan, tidak sedikit pebisnis yang sudah memiliki budget khusus untuk promosi. Lantas, bagaimana cara menentukan budget promosi?

Sebelum membahas budget promosi, kamu harus mengenal masalah promosi terlebih dulu. Promosi merupakan proses yang dilakukan untuk menciptakan persepsi positif dan kuat mengenai perusahaan, produk maupun layanan ke dalam benak pelanggan. 

Promosi yang efektif bisa membantu perusahaan untuk membedakan dirinya dari persaingan bisnis serta membangun bisnis dengan basis pelanggan yang setia. Oleh sebab itu, ketika merencanakan keuangan, budget untuk promosi ini harus diperhatikan dengan baik. 

Apa itu Budget Promosi?

Pada dasarnya, budget promosi diartikan sebagai pengeluaran promosi perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Oleh sebab itu, dapat dipastikan jika tujuannya ialah mengukur pengeluaran yang direncanakan perusahaan sehingga mencapai tujuan pemasaran. 

Biaya ini juga memiliki peran sebagai penunjang target penjualan. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi juga mempertimbangkan hasil serta dampak yang ingin diperoleh dengan budget tersebut. 

Cara Menentukan Budget Promosi Thai Tea

Untuk menentukan biaya promosi Thai Tea, kamu dapat memulainya dengan berbagai cara berikut, antara lain: 

Analisis Situasi

Dalam analisis situasi, kamu harus mengidentifikasikan tantangan serta peluang yang dihadapi oleh perusahaan, baik dari segi internal maupun eksternal. Analisis ini harus dilakukan dengan terstruktur. 

Ketika menganalisis, kamu bisa menghubungkan tren teknologi, sosial budaya, ekonomi dengan operasi perusahaan, sehingga analisis situasi ini akan memperlihatkan kerangka kerja untuk mengembangkan rencana strategis perusahaan. 

Breakdown Method

Metode ini terdiri dari berbagai pendekatan, seperti:

Percentage of Sales Approach

Di dalam pendekatan ini, besaran anggaran untuk melakukan kegiatan promosi ditentukan sesuai dengan persentase penjualan tertentu. Contohnya seperti dari penjualan tahun lalu, kemudian prediksi penjualan tahun depan, atau dapat dilihat dari harga jual. 

Affordable Method

Besarnya anggaran promosi yang penentuannya menggunakan metode ini ditetapkan sesuai dengan perkiraan manajemen berdasarkan kemampuan keuangan pada perusahaan. Sehingga besarnya tergantung dari budget yang sudah disediakan perusahaan. 

Return on Investment Approach

Pendekatan ini dilakukan dengan menganggap biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi sebagai sebuah investasi. Oleh sebab itu besaran anggaran promosi ditentukan dengan membandingkan tingkat return yang diharapkan.

Competitive Parity Approach

Ketika menggunakan pendekatan ini, anggaran yang dikeluarkan perusahaan harus sebanding dengan pengeluaran promosi milik kompetitor. Biaya promosi antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain menjadi kebijakan kolektif dari sebuah industri. Tujuannya agar tidak terjadi perubahan pangsa pasar. 

Build Up Method

Ketika menggunakan metode ini, penentuan anggaran dilakukan dengan menentukan terlebih dulu tugas serta tujuan dilakukan promosi dari setiap produk dan biaya untuk mencapai tujuan tersebut. 

Tips Mengatur Budget Promosi Thai Tea

Setelah mengetahui cara menentukan budget promosi, upaya yang kamu lakukan tidak berhenti sampai  disitu saja. Kamu harus mengatur budget ini dengan baik. Berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk mengatur budget promosi, antara lain:

Ketahui Prioritas Usaha Kamu

Sebelum mengatur budget promosi, pastikan mengetahui prioritas bisnis Thai Tea yang kamu miliki terlebih dahulu. Umumnya, untuk bisnis Thai Tea yang berskala kecil, pengusaha akan menyisihkan kurang lebih 10% dari pendapatannya untuk melakukan pemasaran. 

Pahami Tujuan Mengatur Budget

Setiap bisnis tentu saja memiliki tujuan pemasaran yang berbeda-beda, termasuk bisnis Thai Tea yang sedang kamu rintis. Sehingga, pengaturan budget marketing juga dilakukan dengan menggunakan cara berbeda. 

Agar proses pemasaran dapat berjalan dengan sukses dan lancar, kamu harus mengetahui sejumlah hal yang diperlukan oleh perusahaan. Kamu harus mengetahui apa yang ingin dicapai bisnis ketika melakukan proses promosi ini. 

Jika Thai Tea yang kamu miliki baru saja rilis, tujuan pemasarannya akan berbeda dengan kompetitor yang sudah berdiri dari beberapa waktu lalu. Bisnis yang baru rilis biasanya akan mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan pemasaran agar produk mereka lebih dikenal.

Tujuan pertama yang dimiliki bukan membuat produk Thai Tea laris manis, tetapi membuat produk dikenal terlebih dulu oleh masyarakat. 

Pastikan Mempunyai Sumber Daya yang Diperlukan

Sumber daya yang diperlukan bukan hanya soal uang. Memang, uang menjadi hal penting yang harus dimiliki ketika mengatur anggaran promosi. Tetapi, sumber daya di sini seperti karyawan yang memiliki peran tersendiri untuk kegiatan promosi kamu. 

Contohnya seperti pengembang website, desainer grafis, pembuat konten dan lainnya. Kegiatan promosi bisa berjalan dengan lancar bila terdapat orang yang mahir melakukan kegiatan ini. Sehingga, membuat anggaran bukan hanya digunakan untuk biaya produksi saja. 

Bila kamu tidak memiliki karyawan yang kompeten di bidang ini, kamu harus menganggarkan biaya untuk membayar jasa promosi yang dibutuhkan. Mulai dari jasa promosi media sosial dan lainnya. 

Target Pasar

Bila target pasar yang kamu miliki adalah karyawan kantor, anggaran dan cara pemasarannya tentu berbeda dengan target pasar pelajar. Dengan kesibukan yang mereka miliki, mereka juga jarang mengakses media sosial. 

Sedangkan pelajar memiliki banyak waktu untuk mengakses media sosial. Sehingga cara promosi yang dilakukan juga berbeda. 

 

Cara menentukan budget promosi di dalam bisnis Thai Tea memang bisa dikatakan gampang-gampang sulit, bergantung dari besarnya bisnis  Thai Tea yang ingin kamu kelola saat ini.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis furniture kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menentukan Budget Promosi dalam Bisnis Thai Tea

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​