Home » Strategi Bisnis » Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat Untuk Bisnis Thai Tea

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat Untuk Bisnis Thai Tea

Bisnis Thai Tea memang sangat populer saat ini. Namun, apakah kamu tahu cara menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis Thai Tea? Untuk menjalankan sebuah bisnis, kamu harus memiliki upaya agar bisnis yang kamu jalani bisa laku di pasaran. 

Menentukan target pasar yang tepat adalah salah satu upaya yang bisa kamu lakukan. Jika kamu salah langkah dalam menjalankan bisnis Thai Tea milikmu, bisnis tidak akan berjalan lancar. 

Jika kamu salah target bisnis Thai Tea, kamu akan menurun penjualannya dan kalah saing dengan minuman populer lainnya. Apakah kamu tahu apa itu target pasar? Bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat? Simak penjelasan dibawah ini!

Pengertian Target Pasar

Target pasar adalah target atau sasaran utama yang ditujukan demi pemasaran bisnis yang kamu punya. Jika target pasar yang dituju ini tepat, maka upaya pemasaran bisnis kamu pun akan meningkat. Target pasar ditentukan dari beberapa spesifikasi produk bisnis kamu. Spesifikasi ini dapat membuat bisnis kamu pemasarannya tepat sasaran.

Setiap bisnis harus mengetahui target pasar yang dituju untuk menentukan harga, detail produk, desain, dan lain-lain. Jika kamu bisa menentukan target ini, bisnis kamu akan berhasil dan berjalan lancar, serta keuntungan pun bertambah.

Menentukan Target Pasar Itu Penting

Tujuan dari menentukan target pasar tentunya adalah membuat bisnis yang kamu jalani menjadi sukses. Ini akan mengarahkan pemasaran produk bisnis kamu ke target konsumen, mempromosikan bisnis, menetapkan harga produk, serta memudahkan distribusi dari produk yang kamu punya. 

Untuk era digital yang canggih seperti saat ini, target pasar ini biasa dikenal dengan nama campaign produk. Menentukan target pasar secara online ini sangat menguntungkan, sebab ini bisa membuat target pasar dari bisnismu lebih luas.

Bagaimana jika kamu tidak menerapkan cara-cara ini? Tentu saja dampak utama jika tidak bisa menentukan target pasar ini, kamu akan kesulitan dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara untuk menentukan target pasar yang tepat. 

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat

Sesuai dengan penjelasan diatas, menentukan target pasar harus dilakukan secara tepat. Jika kamu tidak dapat menentukan target pasar ini, akan berdampak besar pada bisnis yang kamu jalani.

Jadi, bagaimana menentukan target pasar yang tepat? Berikut ada beberapa cara menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis Thai Tea yang kamu punya. 

Mengetahui Jenis Calon Konsumen

Untuk mengetahui jenis calon konsumen untuk bisnis Thai Tea, kamu bisa mengelompokkan jenis calon konsumen ke beberapa segmentasi. Segmentasi ini akan membuatmu mudah untuk menentukan target pasar bisnis kamu.

Segmentasi target pasar yang digunakan oleh para pebisnis biasanya ada tiga. Tiga segmentasi itu adalah berikut:

Segmentasi Demografi

Segmentasi demografi adalah segmentasi paling dasar dan penting saat menentukan target pasar bisnis kamu. Segmentasi ini bisa dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, usia, dan pendapatan.

Dari pengelompokan itu, kamu bisa tahu apakah produk bisnis Thai Tea yang kamu pasarkan cocok atau tidak. Misalkan, kamu yang memiliki bisnis Thai Tea, kamu tidak akan memasarkan produk ini ke orang dewasa berumur 40 tahunan karena mereka yang berumur segitu tidak akan suka minuman manis.

Jadi target mana yang tepat untuk memasarkan Thai Tea ini? Tentu saja para remaja yang berumur belasan tahun hingga dua puluh tahunan. Karena pada masa ini, mereka sangat menggemari minuman manis. 

Segmentasi Psikologi

Segmentasi ini akan membagi jenis calon konsumen berdasarkan tingkat gaya hidup, preferensi, serta tingkat ekonomi mereka. Tingkat gaya hidup pada segmentasi ini melibatkan, minat dan kepercayaan. Segmentasi ini dibuat berdasarkan teori bahwa tingkat gaya hidup dan kelas ekonomi dapat mempengaruhi seseorang saat membeli sebuah produk. 

Contohnya, jika kamu ingin memasarkan minuman Thai Tea, kamu tidak akan memasarkannya ke orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat. Orang yang memiliki gaya hidup sehat lebih suka mengkonsumsi minuman yang tidak berpengaruh buruk pada kesehatan. 

Lalu target pasar yang tepat siapa? Kamu bisa memasarkan produk minuman kamu pada orang-orang yang memiliki gaya hidup kekinian. Orang-orang seperti ini biasanya suka sekali mengikuti tren dan ingin diakui oleh masyarakat sekitar.

Segmentasi Geografi

Segmentasi selanjutnya adalah geografi. Segmentasi ini mengelompokkan target pasar berdasarkan lokasi dan wilayah. Segmentasi ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik target pasar sesuai dengan wilayah mereka. 

Dengan pengelompokkan ini kamu bisa memahami kebutuhan pada setiap wilayah dan kamu bisa mencocokkan produk bisnis yang kamu punya dengan wilayah tersebut.

Misalkan, kamu akan mempromosikan Thai Tea ini di daerah yang memiliki banyak saingan kedai minuman populer lainnya. Otomatis, bisnis Thai Tea kamu akan merasa kalah saing dengan bisnis minuman lainnya.

Lebih baik, cari target pasar untuk minuman Thai Tea ini di sekitar tempat yang ramai pengunjung, namun tidak ramai orang yang menjual merek minuman lainnya.

Memahami Kebutuhan Calon Konsumen

Untuk menjadi pebisnis yang handal, kamu perlu tahu apa saja kebutuhan yang dibutuhkan calon konsumen produk kamu. Jika kamu memahami kebutuhan itu, kamu bisa memasarkan produk yang kamu punya secara tepat. 

Untuk bisnis Thai Tea, kebutuhan konsumen kebanyakan adalah tentang varian rasa, dan jenis-jenis minuman yang ditawarkan. Oleh karenanya, kamu harus kreatif saat membuat menu pada bisnis Thai Tea kamu.

Menganalisis dan Menilai Target di Pasaran

Menentukan target pasar untuk sebuah bisnis memang sangat sulit. Para pebisnis harus pintar dalam menganalisa dan menilai target pasar dengan baik dan teliti. Bagaimana cara menilainya? Untuk menganalisis target pasar tentunya kamu harus menggunakan dua cara sebelumnya, yaitu memahami apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen.

Setelah memahaminya kamu bisa menilai apakah produk kamu ini sudah pas dengan apa yang diharapkan calon konsumen atau tidak. Jika belum, kamu harus mencari solusi lain untuk memahami minat konsumen.

Sudahkah Kamu Menentukan Target Pasar yang Tepat?

Setelah membaca penjelasan diatas, apakah kamu merasa sudah paham bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis Thai Tea-mu? Jika kamu ingin bisnismu ini berjalan dengan lancar, lakukan cara-cara diatas agar kamu bisa mengembangkan bisnis ini. 

Mungkin agak susah untuk melakukannya, namun jika kamu rajin dan gigih, bisnis yang kamu jalani mungkin akan berkembang dengan pesat. Selamat mencoba!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​