Home » Strategi Bisnis » Begini Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat untuk Bisnis Kosmetik!

Begini Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat untuk Bisnis Kosmetik!

Untuk menentukan target pasar bisnis kosmetik tentu tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Kamu perlu mempelajari cara-cara menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis kosmetik agar dapat berjalan lancar dan memenuhi target penjualan yang diharapkan. 

5 Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat untuk Bisnis Kosmetik

Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis kosmetik milikmu:

Pahami Karakteristik Brand dan Produk

Kamu perlu memahami karakteristik dari brand maupun produk yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan target konsumen seperti apa yang ingin kamu tuju. 

Kamu dapat mencari tahu kecenderungan konsumen kamu saat ini dan kedepannya melalui pengikut media sosial bisnis kamu atau melalui riwayat transaksi. 

Setelah itu kamu akan mengetahui kalangan mana saja, rentang usia berapa saja, jenis kelamin dan daerah mana saja yang memiliki potensi besar untuk menjual produk kosmetik milikmu. 

Berikut ini contoh target pasar produk kosmetik berdasarkan rentang usia

Remaja

Peluang bisnis kosmetik yang menyasar usia remaja memiliki peluang yang cukup besar. Beberapa produk yang banyak digunakan oleh kalangan remaja misalnya pembersih wajah, sabun, anti acne, body lotion, hand cream, deodorant, atau lip balm

Dewasa Muda 

Rentang usia dari 18 hingga 25 tahun mulai membutuhkan kosmetik seperti concealer, bb cream, lip cream dan jenis makeup lainnya. 

Dewasa

Usia di atas 25 tahun akan membutuhkan kosmetik yang lebih kompleks karena kondisi kulit yang semakin menurun dan banyak mengalami masalah kulit akibat adanya perubahan hormon pada tubuh. 

Kamu juga dapat membuat produk yang dikhususkan untuk wanita hamil dan menyusui yang ingin tetap menggunakan kosmetik. 

Jika kamu sudah mengetahui target pasar seperti apa yang kamu inginkan, kamu akan lebih mudah untuk menentukan inovasi seperti apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

Perhatikan Intensitas Persaingan

Cara menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis kosmetik selanjutnya adalah dengan mempelajari dan memperhatikan intensitas persaingan di masyarakat. Dengan begitu, kamu dapat menentukan strategi seperti apa yang harus dilakukan untuk memenangkan perhatian konsumen agar mau untuk bertransaksi.

Terdapat berbagai macam bentuk persaingan, mulai dari cara pelayanan, fitur yang diberikan oleh produk, harga, kemudahan transaksi, dan juga ketersediaan produk. 

Jika kamu sudah mempelajari mengenai hal-hal tersebut dan mengaplikasikannya, jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana reaksi pasar terhadap produk milikmu, apakah bereaksi positif atau tidak, dan lihat reaksi dari para kompetitor bisnis. 

Dengan begitu, kamu juga dapat menentukan ide inovasi seperti apa yang ingin dikembangkan atas produk kosmetik itu. 

Namun, ingat untuk tetap bersaing secara sehat untuk menciptakan lingkungan bisnis yang sehat pula. 

Tingkatkan Komunikasi pada Media Sosial

Tingkatkan intensitas komunikasi dengan konsumen melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, atau Facebook dengan cara membalas komentar konsumen, like komentar mereka, dan menambah jumlah pengikut.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui audiens mana yang aktif, peduli dan berminat atas produk-produk kosmetik yang kamu miliki. Kamu juga dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan dari konsumen terhadap produk kosmetik. 

Manfaatkan Alat Analytic yang Tersedia

Saat ini sudah banyak alat-alat yang dapat digunakan untuk membantu menganalisa suatu data menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Contoh alat yang dapat kamu gunakan diantaranya Google Trend, Google Analytic, Keyword Tool, dan masih banyak lagi.

Kamu dapat mengetahui kebiasaan apa yang sedang marak dan digemari oleh masyarakat luas juga target pasar yang kamu inginkan.

Menentukan Waktu Posting yang Tepat

Dengan menggunakan platform media sosial sebagai sarana promosi, kamu perlu mengetahui waktu-waktu yang paling tepat untuk mengunggah konten promosi agar dapat mencapai target yang diinginkan. 

Misal target market kamu merupakan wanita dengan rentang usia 20 hingga 25 tahun, biasanya pada usia ini berprofesi sebagai karyawan yang bekerja dari pagi hingga sore hari, maka waktu yang tepat agar mereka melihat postingan kamu adalah saat istirahat makan siang (jam 12 – 13) atau saat waktu istirahat makan malam (jam 18 – 19). 

Jika kamu memposting konten di waktu yang tepat, konten kamu berpotensi meningkatkan engagement rate atau interaksi antara audiens dengan brand milikmu.

Ciptakan Brand Positioning

Lebih dari 90 persen konsumen menyukai produk kosmetik yang berasal dari brand yang sudah besar atau terkenal. Hal seperti ini menjadi tantangan terutama bagi brand kosmetik yang baru saja merintis bisnis.

Kamu bisa membuat brand positioning untuk bisnis kosmetik kamu. Brand positioning bertujuan untuk menciptakan persepsi produk di benak calon konsumen. Kamu dapat membuat strategi branding yang menarik agar calon konsumen dapat tertarik untuk membeli produk kosmetik.  

Jika kamu sudah berhasil menciptakan brand positioning tersebut, maka target pasar akan terbentuk dengan sendirinya. Langkah selanjutnya yaitu kamu hanya perlu menjaga performa produk atau brand selalu berkembang agar berpotensi menjangkau target pasar yang lebih luas lagi.

Itulah beberapa cara menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis kosmetik yang dapat kamu lakukan. Semoga membantu!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​