Home » Strategi Bisnis » Hindari 7 Kesalahan yang Merugikan Bisnis Thai Tea

Hindari 7 Kesalahan yang Merugikan Bisnis Thai Tea

Bisnis Thai Tea memang menjadi salah satu usaha yang menguntungkan. Sayangnya, tidak sedikit kesalahan yang merugikan bisnis dilakukan oleh pengusaha pemula. Memang, bisnis Thai Tea merupakan bisnis yang ramai peminat. 

Bahkan, dapat dikatakan jika hingga sekarang bisnis Thai Tea tidak ada matinya. Akan selalu ada inovasi minuman Thai Tea baru. Contohnya kini banyak penjual yang menambahkan minumannya dengan berbagai macam rasa, topping seperti jelly maupun boba, dan yang lainnya. 

Agar dapat mengembangkan bisnis dengan maksimal, jangan sampai kamu juga melakukan berbagai kesalahan ini. 

Kesalahan yang Merugikan Bisnis Thai Tea

Berikut sejumlah kesalahan yang harus kamu hindari ketika ingin menjalankan bisnis Thai Tea, antara lain:

Tidak Mengutamakan Keinginan Pelanggan

Mungkin kamu beranggapan jika kreasi minuman Thai Tea yang kamu racik, menjadi minuman yang paling enak. Tetapi, jika racikan minuman tersebut tidak memenuhi kebutuhan pelanggan kamu, bisnis tersebut tidak bisa sukses. 

Oleh sebab itu, sebelum menghabiskan bisnis, pastikan racikan Thai Tea yang kamu buat merupakan sesuatu yang diinginkan atau diperlukan oleh pelanggan. Tidak sedikit pengusaha baru yang langsung terjun dalam rencana bisnis tanpa menguji ide. 

Sebelum meluncurkan bisnis, kamu dapat melakukan riset pelanggan. Kamu bisa mencari tahu seperti topping kemudian seperti apa rasa Thai Tea yang mereka inginkan, varian apa saja yang mereka ingin dicoba, berapa kisaran harga yang dianggap pas dan lainnya.

Perhitungan Modal Kacau

Kesalahan yang merugikan bisnis Thai Tea lainnya adalah tidak memperhitungkan modal dengan baik. Perlu dijadikan sebagai catatan, modal menjadi langkah awal ketika kita akan menjalankan bisnis. 

Setiap besaran biaya yang dikeluarkan harus diperhitungkan dengan baik. Jangan sampai ketika ada di tengah jalan, kamu mengalami kekurangan modal. Tidak sedikit pebisnis yang menganggap enteng masalah modal

Lebih-lebih jika mengingat, bisnis yang akan dibuka adalah bisnis minuman dan menganggap modal yang diperlukan hanya Rp 1 juta – Rp 2 juta. Padahal, selain biaya bahan baku, ada berbagai biaya yang harus dipenuhi seperti tenaga kerja, sewa lokasi, booth hingga biaya pemasaran. 

Pastikan kamu menghitung semua biaya yang dikeluarkan serta tidak boleh ada biaya yang dilewatkan. Bukan hanya itu, kamu perlu menghitung biaya tidak terduga dan dapat digunakan saat terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Visi yang Dimiliki Tidak Jelas

Ketika menjalankan bisnis, kamu harus memiliki visi dengan jelas. Jika tidak memiliki visi, bisnis yang didirikan seperti tidak memiliki tujuan. Visi tersebut juga harus dipikirkan dengan matang dan baik. 

Bukan hanya itu, kamu juga harus konsisten dengan visi yang telah dibuat. Ketidakpastian visi bisa membuat bisnis menjadi hancur berantakan. Oleh sebab itu, tentukan visi yang baik. 

Kurang Memahami Kompetitor dan Target Pasar

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pebisnis adalah tidak memahami seperti apa keadaan pasar serta kompetitor yang dimilikinya. Perlu diketahui, sebelum menjalankan bisnis, kamu harus mempelajari seperti apa target pasar serta kompetitor yang akan menjadi saingan bisnis. 

Sekarang ini sudah banyak minuman kekinian di pasaran, kamu bisa mengidentifikasi, kelemahan dan kekurangan setiap minuman Thai Tea kekinian tersebut. Contohnya, untuk merek A, memiliki kekurangan di bagian rasa, sedangkan merek B di bagian harga. 

Bila tidak memahami hal tersebut, dapat dipastikan jika bisnis yang kamu miliki akan kalah bersaing. 

Kualitas Minuman yang Rendah

Saat memutuskan membangun bisnis Thai tea, kamu harus membuat varian rasa Thai Tea yang enak serta terlihat menyegarkan. Begitu pula dengan kebersihan dan kerapian outlet. 

Kamu harus menawarkan Thai Tea yang berkualitas baik, enak serta bersih. Meskipun terkesan sepele, bila kamu mengabaikan hal tersebut, bisnis Thai Tea yang kamu miliki tidak akan laku karena memiliki kualitas yang kurang baik. 

Pemilihan Lokasi yang Tidak Tepat

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan oleh pebisnis adalah pemilihan lokasi yang kurang tepat. Pemilihan lokasi pada dasarnya juga menjadi penentu keberhasilan bisnis. Pastikan memilih lokasi outlet yang strategis serta mudah dijangkau. 

Hindari memilih lokasi yang sepi penduduk serta sulit dijangkau oleh konsumen yang berada di daerah lain. Kesalahan pemilihan lokasi bisa membuat bisnis Thai Tea kamu mengalami kerugian besar. 

Sistem Manajemen Berantakan

Pengelolaan yang kurang baik dapat membuat bisnis Thai Tea yang sedang kamu bangun menjadi hancur berantakan. Kamu harus dapat mengelola karyawan, inventaris serta keuangan bisnis kamu. 

Tiga hal ini menjadi prioritas ketika menjalankan kegiatan operasional bisnis agar usaha Thai Tea berjalan dengan lancar. Umumnya, kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak melakukan evaluasi karyawan. 

Karena sudah percaya dengan karyawan yang mengurus outlet, pebisnis biasanya cuek dan hanya berfokus pada pendapatan. Padahal, jika tidak dimonitor dengan baik, kamu tidak bisa mengetahui seperti apa kinerja karyawan. 

Untuk inventaris, tidak ada salahnya melakukan perhitungan secara berkala. Sedangkan untuk keuangan, kamu dapat membuat grafik pendapatan setiap hari. 

Sejumlah kesalahan yang merugikan bisnis di atas memang tampak remeh serta mudah diatasi, tetapi ketika sudah memiliki banyak cabang, berbagai kesalahan di atas dapat membuat bisnis kamu bangkrut di tengah jalan.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​