Home » Strategi Bisnis » Kiat Video Marketing Berkualitas untuk Bisnis Thai Tea

Kiat Video Marketing Berkualitas untuk Bisnis Thai Tea

Kiat Video Marketing untuk Bisnis Thai Tea

Di zaman digital ini, iklan menjadi hal yang penting untuk mengenalkan produk Thai Tea kamu. Oleh karena itu, kamu harus tahu beberapa kiat video marketing untuk bisnis Thai Tea. 

Jika kamu hanya membuat video yang bagus tetapi kamu tidak tahu siapa target marketing, ini akan menjadi pekerjaan yang sia-sia. 

Dengan mengikuti tujuh kiat video marketing di bawah ini, kamu dapat video iklan yang memiliki performa tinggi dan bisa memaksimalkan peluang kamu menaikan omset penjualan Thai Tea, berikut daftarnya:

Kunci Pemasaran Video untuk Bisnis Thai Tea

Buat Video dengan Durasi Singkat

Video marketing bukanlah video layar lebar yang berdurasi berjam-jam, ini hanya akan membuat calon pelanggan atau pembeli kamu bosan. Mereka mungkin hanya bisa bertahan di 10-15 detik pertama kemudian beralih ke tempat lain. Video marketing bekerja paling baik dengan durasi 30 detik.

Cara video marketing yang pertama ini mengharuskan kamu dan tim marketing untuk membuat kerangka atau konsep yang singkat, namun dengan visualisasi yang bagus dan jalan cerita yang menarik. Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan perhatian terbatas audiens kamu.

Pada bisnis Thai Tea, kamu bisa bermain dengan rasa lapar dan rasa haus para calon pembeli. Itu sebabnya, istilah “lapar mata” bukan sekedar isapan jempol belaka. Kamu bisa memberikan visual yang tajam dan menggugah indera pengecap agar calon pelangganmu ngiler dan membeli Thai Tea kamu. 

Fokus Pada Cerita

Kalau kamu masih termasuk pelaku usaha UMKM, membuat video marketing tidak perlu yang terlalu ribet atau kompleks. Kamu tidak memerlukan animator berpengalaman atau tim produksi dalam jumlah banyak untuk membuat iklan video yang mengirimkannya ke calon klien atau menguploadnya ke media sosial. 

Sebenarnya, kamu hanya perlu cerita yang menarik. Kamu dapat menggugah rasa ingin tahu dan rasa kemanusian, misalnya dengan menggunakan produk Thai Tea. 

Contohnya, kamu adalah pelaku UMKM yang peduli dengan kesejahteraan petani teh. Maka semua produk Thai Tea kamu menggunakan bahan baku asli dari teh yang dipanen oleh petani-petani teh tersebut. 

Untuk membuat jalan cerita yang bagus, kamu bisa memulainya dengan membuat draft cerita. Membuat draft untuk menguji cerita adalah bentuk representasi visual dari adegan yang ingin kamu tampilkan dalam video marketing.

Kamu juga bisa menampilkan deskripsi berbasis teks tentang apa yang akan terjadi di samping sketsa atau animasi kasar tentang bagaimana proses teh ditanam, dipetik hingga diolah menjadi Thai Tea. 

Draft ini nantinya juga dapat berlaku sebagai petunjuk yang dapat membantu tim kamu agar bisa memahami konseptual yang sama sebelum terjun ke lapangan. 

Dorong Pemirsa Untuk Mengambil Tindakan

Tips video marketing selanjutnya adalah jangan lupa ingatkan pemirsa atau penonton iklan untuk mengambil tindakan seperti mengunjungi situs web, atau media sosial atau bahkan membeli produk Thai Tea kamu. Kamu dapat menyertakan ikon media sosial (Instagram, twitter, whatsapp) atau nomor customer service bisnis Thai Tea milikmu. 

Cara ini adalah cara memberi tahu pemirsa apa yang kamu inginkan agar mereka lakukan. Kamu dapat meninggalkan pesan di video dalam bentuk teks di layar, grafik gerak, atau suara. 

Buat Video Lebih Personal 

Banyak orang berpikir bahwa video marketing di sosial media atau di media online pada dasarnya sama dengan iklan televisi tradisional. Tetapi ada beberapa perbedaan penting.

Mungkin perbedaan terbesar adalah bahwa iklan TV lebih ditargetkan secara luas. Namun, jangan berkecil hati, karena menentukan pasar yang spesifik bisa jadi sangat menguntungkan bisnis kamu.

Misalnya kamu menargetkan orang-orang yang menyukai teh atau orang-orang yang tertarik dengan kuliner dan minuman asal Thailand ini. Nah, dengan iklan video yang lebih personal, kamu bisa mendapatkan penargetan pelanggan yang jauh lebih terperinci. Ini berarti kamu dapat melampaui demografi audiens dasar seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi. 

Buatlah Video Lebih Relevan

Satu masalah yang sering muncul dalam iklan di TV adalah iklan yang sangat mengganggu di tengah-tengah acara yang sedang berlangsung. Dengan membuat iklan di sosmed atau mungkin di Youtube, kamu bisa membuat video marketing yang relevan dengan konten video. Akibatnya, iklan kamu tidak terasa seperti gangguan dan lebih seperti nilai tambah.

Jenis-Jenis Video Marketing 

Ada beberapa jenis video marketing yang bisa kamu buat, diantaranya:

Sorotan

Video sorotan adalah video yang bisa kamu buat dan meletakannya pada bagian sorotan di Instagram. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membuat akun-akun sosial media untuk menunjang keberhasilan produk Thai Tea milikmu, minimal diketahui banyak orang. 

FAQ

Ini adalah jenis video yang dibuat berdasarkan survei atau pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. 

Misalnya, kapan Thai Tea kamu akan diskon? Apakah akan membuka cabang baru? Kelebihan Thai Tea milikmu dibanding merek lain? Dan sebagainya. 

Penjelasan

Video jenis penjelasan adalah video yang bisa membantu kamu menerangkan sisi lain produkmu agar lebih dikenal di mata calon pembeli.

Misalnya, penjelasan mengapa merek Thai Tea kamu menggunakan teh dari petani lokal? Bisa juga menjelaskan video tentang mengapa kamu mencoba membuat menu baru? Dan sebagainya. 

Tutorial

Kamu bisa lakukan tutorial sebagai jenis video marketing, misalnya tutorial ‘cara membuat Thai Tea ala pegawai, ‘cara minum Thai Tea yang unik’ atau ‘tutorial mendapatkan diskon saat membeli Thai Tea’. 

Cerita Merek

Ini berhubungan dengan history dibangunnya merekmu. Kamu dapat bercerita suka dan duka saat membangunnya.

Testimonial

Ini berhubungan dengan penilaian orang dengan produkmu. Sebenarnya endorse termasuk jenis video testimonial, namun nampaknya beberapa oknum banyak yang memanipulasi dan tidak memberikan review jujur mereka. 

Kamu harus hati-hati juga jika memutuskan menggunakan video marketing jenis ini. 

Oke, itu tadi kiat video marketing dan macam-macam jenis video marketing yang bisa kamu pilih. Jadi bagaimana, sudah siap menambah pundi-pundi pemasukan bisnis Thai Tea kamu dengan video marketing?


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​