Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Rekber: Inilah Arti, Jenis, Cara Kerja, Keuntungan dan Kerugiannya

Rekber: Inilah Arti, Jenis, Cara Kerja, Keuntungan dan Kerugiannya

·
11 menit
apa itu rekber

Di era yang semuanya serba modern seperti sekarang ini, penggunaan teknologi dalam setiap aktivitas memang tidak bisa dianggap sepele. Apalagi saat ini bisnis jual beli online sudah menjamur di kalangan masyarakat dan menjadi salah satu kebiasaan baru. Ditambah dengan adanya sistem pembayaran rekber yang kini banyak digunakan.

Informasi Lengkap Tentang Rekber

kamu tentu pernah atau bahkan sering membeli barang lewat sosial media dan berbagai marketplace yang sedang hits saat ini, bukan? Ditambah lagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang yang membuat masyarakat takut saat harus berbelanja langsung di toko.

Pandemi virus corona yang masih kita hadapi hingga saat ini membuat banyak masyarakat enggan untuk ke luar rumah sehingga memutuskan untuk membeli segala keperluan secara online. Selain itu, belanja online juga cenderung lebih murah, mudah, dan terdapat banyak diskon sehingga mampu menarik perhatian masyarakat.

Jadi, tidak heran jika transaksi online justru cenderung meningkat karena mayoritas masyarakat lebih memilih untuk membeli barang atau kebutuhan sehari-hari melalui platform online. Akan tetapi, membeli barang secara online juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena kita tetap harus memperhatikan faktor keamanan.

Sudah banyak kejadian konsumen yang tertipu penjual tidak bertanggung jawab. Untuk meminimalisir resiko penipuan yang kerap terjadi dalam transaksi online, maka kamu dapat memanfaatkan rekening bersama atau yang lebih dikenal dengan rekber.

Saat ini sudah banyak marketplace yang menggunakan rekening bersama sebagai metode pembayaran yang dianggap lebih aman. Rekber juga kerap digunakan oleh pihak pembeli yang tidak memiliki kartu kredit atau debit.

Oleh karena itu, dapat dikatakan jika rekber ini sangat membantu pihak pembeli untuk dapat melakukan transaksi secara online tanpa menggunakan kartu kredit atau debit. Melihat fungsinya yang cukup krusial, tentu tidak heran jika kebanyakan masyarakat Indonesia sudah beralih menggunakan rekber untuk bertransaksi.

Apalagi sekarang ini berbagai marketplace sudah bekerja sama dengan pihak ketiga sehingga pembeli bisa melakukan pembayaran disana. Adanya pilihan metode pembayaran via e-wallet juga sangat membantu pihak pembeli saat melakukan transaksi online dengan menggunakan rekening bersama.

Hal inilah yang membuat seseorang kini tidak memiliki alasan untuk tidak melakukan transaksi secara online karena semuanya dapat dilakukan dengan mudah.

Apa itu Rekber?

Meski sudah mulai banyak digunakan, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui arti rekber. Secara umum, rekening bersama atau rekber adalah suatu metode pembayaran untuk keperluan transaksi online yang dinilai lebih aman dibandingkan dengan melakukan transfer langsung ke penjual.

Jadi, dapat dikatakan jika rekber adalah pihak ketiga yang berperang untuk menampung transaksi online yang terjadi antara pihak penjual dan pihak pembeli.

Sebenarnya metode pembayaran menggunakan rekber ini sudah dikenal cukup lama di luar negeri dengan sebutan Escrow Service. Hanya saja penggunaannya di Indonesia mulai masif beberapa tahun belakangan ini.

Metode pembayaran rekening bersama menawarkan sistem keamanan yang lebih terjaga sehingga dapat menarik minat konsumen di Indonesia. Penggunaan rekening bersama di Indonesia mulai dikenal oleh masyarakat kita sejak muncul dalam forum Kaskus.

Pada saat itu, angka transaksi online memang belum sebanyak sekarang dan kasus penipuan online juga belum banyak terjadi. Namun, kehadiran rekening bersama ditujukan sebagai solusi untuk mengantisipasi terjadinya penipuan.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa arti rekber adalah rekening yang dioperasikan oleh perantara pada transaksi jual beli online. Tentunya tanggung jawab para pemilik jasa rekening bersama ini sangat besar karena berkaitan dengan pihak penjual dan pihak pembeli.

Di Indonesia sendiri umumnya jasa rekening bersama dibuka oleh jasa pengusaha perseorangan yang tidak membutuhkan banyak orang. Jadi, nantinya pemilik jasa rekber ini akan memperoleh keuntungan dari biaya jasa tersebut.

Siapa saja bisa membuka rekening bersama di berbagai bank terkemuka secara perseorangan. Adapun modal yang dibutuhkan hanyalah uang untuk membuka rekening bank sebagai media transaksi antara pihak penjual dan pihak pembeli.

Besaran penghasilan seseorang yang membuka jasa rekber ini ditentukan dari biaya administrasi yang sudah ditentukan.

Contohnya untuk transaksi sebesar Rp100.000,- sampai Rp500.000,- akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp10.000,-. Sedangkan untuk transaksi sebesar Rp501.000,- sampai Rp1.000.000,- akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp20.000,- dan berlaku kelipatannya.

Jenis-Jenis Rekber

Setelah menyimak arti rekber di atas, tentunya kamu menjadi semakin penasaran dengan metode pembayaran online yang satu ini. Di Indonesia terdapat beberapa jenis rekening bersama yang digunakan.

Bahkan mungkin di antara kita sudah sering menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari tanpa disadari. Di bawah ini adalah berbagai jenis-jenis rekening bersama yang sering kita gunakan.

1. Rekber Tokopedia

Rekber Tokopedia adalah jenis rekening bersama yang ditawarkan langsung oleh aplikasi Tokopedia ke pihak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi lewat marketplace Tokopedia. Sebenarnya cara kerja Tokopedia ini sama dengan rekber pada marketplace lainnya.

Saat ada pembeli yang akan melakukan pembelian barang ke penjual di marketplace tersebut, maka uang yang ditransfer oleh pihak pembeli akan masuk ke rekber Tokopedia. Setelah pihak penjual melakukan pengiriman barang, maka biaya pembayaran akan diberikan kepada pihak penjual.

2. Rekber Shopee

Mirip dengan rekber Tokopedia, rekber Shopee juga menggunakan sistem dan metode yang sama. Jadi, jenis rekber Shopee adalah rekening bersama yang dikelola oleh Shopee untuk membantu menghubungkan keperluan penjual dan juga pembeli saat melakukan transaksi melalui marketplace Shopee.

3. Rekber Bukalapak

Rekber Bukalapak adalah jenis rekening bersama yang disediakan oleh Bukalapak dengan tujuan menampung biaya pembayaran yang dilakukan pihak pembeli saat membeli barang di marketplace Bukalapak. Sistem kerja Bukalapak ini sama persis dengan kedua jenis rekber sebelumnya.

Ketiga jenis rekening bersama tersebut tentu sudah sangat familiar bagi kamu yang menggunakan aplikasi marketplace untuk membeli berbagai barang. Sayangnya masih belum banyak yang menyadari jika sistem pembayaran yang digunakan pada marketplace tersebut menggunakan rekening bersama.

Cara Kerja Rekber

Setelah mengetahui arti rekber dan jenis-jenisnya, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara kerja rekber agar dapat menggunakannya sesuai dengan petunjuk. Bagi kamu yang belum familiar dengan metode pembayaran rekening bersama, berikut ini adalah cara kerja rekber yang perlu kamu ketahui.

Cara kerja rekber di bawah ini menggunakan ilustrasi kasus transaksi pada sebuah toko online.

  • Si A akan membeli sebuah barang di toko online B dengan harga Rp4.000.000,-
  • Transaksi online yang dilakukan si A menggunakan jasa b C dengan biaya admin yang dibebankan kepada si A selaku pihak pembeli.
  • Tarif rekening bersama yang ditetapkan oleh pihak C untuk transaksi senilai Rp4.000.009,- sebesar Rp20.000,-
  • Kemudian si A akan mentransfer uang sebesar Rp4.040.000,- ke rekening C yang merupakan rekening bersama dari toko online B. Apabila uang sudah berhasil ditransfer, maka pihak C akan mengabari si B selaku pihak penjual tentang transaksi yang sudah dilakukan si A
  • Setelah melakukan konfirmasi, maka si B berkewajiban untuk mengirim paket ponsel dengan segera. Proses pengiriman ini nantinya juga harus diketahui oleh pihak C
  • Lalu si A akan melakukan konfirmasi kepada C jika barang yang dibeli sudah diterima dengan kondisi baik
  • Apabila barang yang diterima si A sudah sesuai, maka si C akan melakukan transfer uang sebesar Rp4.000.000,- ke si B sesuai dengan harga barang yang ia jual. Akan tetapi, jika barang yang diterima pembeli tidak sesuai, maka si C berhak mengembalikan uang sebesar Rp4.000.000,- kepada si A
  • Jadi, setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan rekening bersama, maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp20.000,-

Keuntungan Menggunakan Rekber

Pihak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi dengan menggunakan rekening bersama tentu bukanlah tanpa alasan. Ada berbagai keuntungan yang bisa dirasakan para pengguna rekening bersama. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menggunakan rekening bersama saat bertransaksi secara online.

1. Keuntungan Rekening Bersama bagi Penjual

Terdapat beberapa keuntungan yang akan didapatkan pihak penjual saat menggunakan rekening bersama antara lain sebagai berikut.

  • Dapat menghilangkan keraguan dan ketidakpercayaan dari pihak pembeli ke pihak penjual.
  • Dapat meningkatkan sistem keamanan saat melakukan transaksi secara online.
  • Dapat meningkatkan kredibilitas penjual di mata pembeli.

2. Keuntungan Rekening Bersama bagi Pembeli

Penggunaan rekber tidak hanya menguntungkan pihak penjual, tetapi juga bagi pihak pembeli. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dirasakan oleh pembeli saat menggunakan rekber.

  • Proses transaksi dapat lebih aman, terjamin, dan juga nyaman.
  • Dapat meminimalisir resiko terjadinya penipuan online yang saat ini sedang marak terjadi dalam proses jual beli online.

Kerugian Menggunakan Rekening Bersama

Selain memiliki banyak keuntungan, ternyata menggunakan metode pembayaran rekening bersama juga terdapat sejumlah kerugian yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah beberapa kerugian dalam menggunakan rekening bersama.

  • Sebagai pihak penjual, cash flow yang terjadi dalam bisnis dapat terhambat dikarenakan dana akan tersendat di rekening bersama sampai pihak pembeli menyatakan jika barang sudah diterima ataupun periode yang ditentukan sudah habis.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, biasanya rekening bersama akan menyediakan fitur saldo prioritas yang akan membuat pihak penjual bisa mencairkan dananya sebelum proses transaksi selesai.

  • Dana dapat mengendap selamanya apabila tidak terjadi persetujuan dari pihak penjual dan pihak pembeli.

Biaya Rekening Bersama

Dengan sistem yang cenderung lebih aman, transaksi online menggunakan rekening bersama memang lebih diminati dan sangat menarik bagi sebagian masyarakat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat biaya rekening bersama yang harus dibayarkan oleh pihak pembeli dengan nominal tertentu. Jadi, biaya administrasi untuk rekening bersama ditentukan dari besarnya biaya transaksi yang dilakukan. Sebenarnya tidak ada patokan berapa kisaran biaya yang harus dibayarkan saat menggunakan jasa rekening bersama. Akan tetapi, semakin besar nilai transaksi, tentunya akan semakin besar biaya rekening bersama yang dibayarkan oleh pihak pembeli.

Keamanan Menggunakan Rekening Bersama

Menggunakan rekber untuk transaksi secara online memang dianggap lebih aman dibandingkan harus melakukan transfer langsung ke pihak pembeli. Metode ini akan membantu meminimalisir kecurangan dan penipuan yang kerap terjadi dan dilakukan oleh pihak pembeli.

Saat ini praktik penipuan yang dilakukan secara online memang sedang marak terjadi dan tentu saja hal ini sangat merugikan pihak pembeli.

Kehadiran rekening bersama sebagai pihak ketiga dapat membantu untuk menampung dan juga mentransfer dana kepada pihak penjual saat pesanan sudah diterima oleh pihak pembeli. Meski begitu, bukan berarti kamu jadi lengah saat melakukan transaksi secara online.

Tentunya kamu harus selalu bersikap waspada terhadap semua kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi online, terlebih dahulu kamu harus memastikan jika penyedia jasa rekber sudah kredibel dan mempunyai reputasi yang baik. Dengan begitu, maka kamu dapat terhindar dari resiko kecurangan.

Manfaat Menggunakan Rekening Bersama

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, rekber adalah media transaksi online yang dilakukan oleh pihak penjual dan pembeli. Ketika kedua belah pihak sudah sepakat dengan harga barang yang akan dijual, maka pihak pembeli akan melakukan transfer uang sesuai dengan nominal perjanjian ke rekening bersama.

Tentunya uang ini tidak langsung diterima oleh pihak penjual, tetapi terlebih dahulu akan disimpan hingga pihak pembeli menerima barang yang dipesan dan memastikan jika barang tersebut sudah sesuai. Jika sudah begitu, maka uang yang ada di rekber akan dicairkan ke pihak penjual.

Melihat sistem pembayaran rekber yang begitu aman, tentunya dapat meminimalisir terjadinya penipuan dan dapat menguntungkan kedua belah pihak. Pihak penjual dapat lebih meningkatkan pemasarannya karena kredibilitas toko yang semakin meningkat dan pihak pembeli juga dapat menjadikan rekber sebagai alat pembayaran yang aman.

Peran Rekening Bersama dalam Transaksi Online

Semakin maraknya kasus penipuan pada transaksi online membuat layanan pembayaran rekber ini semakin diminati oleh masyarakat. Sudah banyak kasus penipuan dimana pembeli tidak mendapatkan barang yang sudah dipesan padahal sudah melakukan transfer sesuai dengan nominal harga barang.

Dalam kasus yang seperti ini, rekening bersama berperan sebagai perantara yang aman dan nyaman serta menjadi pengawas dalam proses transaksi online.

Jadi, dengan menggunakan rekening bersama maka peluang terjadinya penipuan akan sangat kecil. Selain itu, barang dan uang juga lebih aman serta akan menguntungkan kedua belah pihak, yakni pihak penjual dan pihak pembeli.

Adapun peran rekening bersama yang lainnya adalah dapat memudahkan proses transaksi yang dilakukan oleh pihak penjual dan pembeli yang mempunyai rekening beda bank.

Rekening bersama memang menyediakan berbagai pilihan bank sehingga dapat disesuaikan dengan rekening bank kamu. Jadi, biaya transfer akan lebih murah atau bahkan tidak ada biaya admin sama sekali.

Hal yang Harus Diperhatikan Pada Rekening Bersama

Secara keseluruhan, bertransaksi menggunakan rekber memang aman. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan transaksi menggunakan rekening bersama.

  1. Memperhatikan metode pada setiap penyedia layanan. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua rekber menggunakan metode yang sama. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan cara kerja dari penyedia layanan ini yang dipilih sebelum memutuskan untuk menggunakan jasanya.
  2. Beban biaya administrasi yang dibebankan oleh setiap penyedia layanan jasa rekber berbeda-beda. Biasanya pembebanan biaya rekber dapat didiskusikan dengan pihak penjual terlebih dahulu.
  3. Sangat disarankan untuk memilih penyedia layanan jasa rekber yang kredibel dan mempunyai reputasi yang baik. Sekarang ini sudah banyak jasa rekber yang bisa menjadi alternatif pilihan kamu antara lain seperti Speedcash, EkiPay, dan sebagainya.

Jika kamu memperhatikan ketiga hal tersebut maka akan semakin kecil dan bahkan mustahil kamu terkena penipuan atau memilih layanan jasa rekber yang salah.

Rekomendasi Aplikasi Rekening Bersama Terpercaya

Selain jenis rekening bersama yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga bisa menggunakan rekening bersama melalui aplikasi yang ada di Playstore. Saat ini rekber memang sudah merambah ke aplikasi sehingga penggunanya dapat lebih mudah melakukan transaksi.

Setidaknya terdapat 4 aplikasi rekening bersama terpercaya yang terbukti aman untuk digunakan di Android. Penasaran apa saja 4 aplikasi rekening bersama tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Rekber – Rekening Bersama

Rekber adalah aplikasi dari pihak ketiga yang digunakan saat melakukan transaksi online. Aplikasi ini akan membantu kamu dalam bertransaksi secara aman dan nyaman tanpa perlu takut menjadi korban penipuan atau kehilangan uang dalam nominal yang besar.

Selain itu, tampilan aplikasi ini juga sangat user friendly sehingga mudah untuk digunakan. Ditambah lagi dengan sistem otomatis pada proses transaksi yang dilakukan membuat kamu dapat menjalankan aplikasi ini dengan mudah sesuai dengan program yang ada.

2. Indo Rekber

Indo Rekber merupakan aplikasi rekening bersama yang dibuat oleh developer MKB Group. Mereka memberi jaminan pada saat melakukan transaksi online dan sekaligus membantu kamu ketika melakukan transaksi tanpa perlu takut kehilangan uang.

3. iRekber – Rekening Bersama, PPOB

iRekber adalah aplikasi rekening bersama dari pihak ketiga untuk melakukan transaksi online dengan nyaman dan juga aman. Aplikasi ini sudah terjamin dan terpercaya sehingga kamu tidak perlu takut tertipu atau akan kehilangan uang.

Sistem status transaksi yang ada pada aplikasi iRekber akan membuat kamu mendapat kabar pada setiap proses jual beli yang sedang berlangsung. Jadi, kamu akan menerima informasi terkait semua proses mulai dari transfer uang dari pihak pembeli, pengiriman barang, barang diterima, hingga penjual menerima uang.

4. Rekberco – Rekening Bersama

Secara umum, aplikasi Rekberco sama seperti ketiga aplikasi yang sudah dijelaskan di atas. Aplikasi yang dibuat oleh developer Rekberco ini sudah terbukti aman digunakan sebagai metode pembayaran, baik untuk pihak penjual maupun pihak pembeli.

Keempat aplikasi tersebut memang tergolong aplikasi baru yang ada di Playstore. Akan tetapi, semua aplikasi yang disebutkan sudah terjamin kredibilitasnya sehingga kamu dapat menggunakannya untuk transaksi online. Apalagi saat ini sudah semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi rekening bersama tersebut.

Pertanyaan Umum Tentang Rekening Bersama

Sering kali banyak pertanyaan yang umum ditanyakan tentang rekber ini. Biasanya pertanyaan tersebut berisi seputar apa itu rekber hingga cara menggunakan metode pembayaran ini. Di bawah ini adalah rangkuman berbagai pertanyaan umum yang biasa ditanyakan tentang rekber dan wajib kamu simak baik-baik.

1. Bagaimana cara untuk menggunakan rekber?

Jika kamu sudah menyimak penjelasan di atas dengan baik, tentunya pertanyaan ini tidak akan muncul. Ya, cara menggunakan rekber sangatlah mudah dan dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk orang yang baru pertama kali menggunakannya.

Berikut adalah cara singkat menggunakan rekber yang dapat kamu ikuti.

  • Pihak penjual dan pihak pembeli akan melakukan kesepakatan terkait harga barang dalam transaksi online. Lalu pihak pembeli harus mentransfer sejumlah uang sesuai dengan nominal yang telah disepakati ke rekening bersama.
  • Pihak penjual akan mengirim barang yang dipesan ke alamat pembeli setelah mendapat konfirmasi bahwa pihak pembeli sudah melakukan pembayaran ke rekening bersama.
  • Apabila barang sudah diterima oleh pihak pembeli, maka pihak pembeli harus melakukan konfirmasi terkait barang yang diterima kepada pihak penyedia jasa layanan rekber.
  • Setelah melakukan konfirmasi bahwa barang sudah diterima, maka secara otomatis uang akan dicairkan ke rekening pihak penjual.

2. Apakah rekening bersama aman?

Metode pembayaran rekening bersama tergolong sangat aman digunakan untuk menampung dana transaksi online yang terjadi antara pihak penjual dan pihak pembeli. Apalagi ada berbagai keuntungan yang akan didapatkan oleh kedua belah pihak.

Akan tetapi, sebaiknya kamu perlu memastikan terlebih dahulu apakah layanan jasa rekber yang dipilih sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi supaya proses transaksi yang dilakukan benar-benar aman.

3. Apa itu rekber akun?

Akun rekber adalah akun yang dapat digunakan untuk proses transaksi jual beli secara online yang menggunakan metode rekening bersama. Jika kamu membuat akun rekber, maka otomatis sudah bisa melakukan transaksi yang melibatkan pihak ketiga.

4. Berapa biaya administrasi rekening bersama?

Biaya administrasi yang dikenakan pada pembayaran rekening bersama ke pihak penjual dan pihak pembeli tentu berbeda. Perbedaan ini tergantung pada besaran nilai transaksi yang dilakukan oleh pihak pembeli.

Namun, pembebanan biaya administrasi rekening bersama ini dapat diberikan hanya pada pihak penjual atau pihak pembeli saja. Hal tersebut tergantung pada kesepakatan dan kebijakan masing-masing.

5. Bagaimana cara kerja rekber?

Cara kerja rekber adalah melibatkan tiga pihak sekaligus, yakni penjual, pembeli, dan juga pihak ketiga yang menjadi pemegang rekening bersama tersebut. Jika sudah terjadi kesepakatan antara pihak penjual dan pihak pembeli, maka pembeli akan melakukan transfer uang ke rekber.

Kemudian pemegang rekber akan mengkonfirmasi ke pihak penjual bahwa pihak pembeli sudah melakukan pembayaran. Lalu pihak penjual akan mengirim barang yang dipesan. Tahap terakhir pihak pembeli yang sudah menerima barang akan melaporkan ke pemegang rekber supaya dana dapat dicairkan ke pihak penjual.

6. Bagaimana sistem rekening bersama?

Rekening bersama hanya dapat bekerja jika pihak pembeli sudah mentransfer uang ke rekber untuk ditampung sementara. Baru kemudian pemegang rekber akan meneruskan dana ke pihak penjual jika barang sudah diterima oleh pihak pembeli.

Transaksi dianggap selesai jika pembeli melakukan transfer dan sudah menerima barang serta pihak penjual sudah menerima uang yang dicairkan oleh pemegang rekber.

Setelah menyimak penjelasan tentang arti rekber, jenis-jenis rekber, cara kerja rekber, manfaat rekber, biaya rekber, keamanan menggunakan rekber, keuntungan dan kerugian menggunakan rekber, peran rekber, hal yang perlu diperhatikan, hingga rekomendasi aplikasi rekber terpercaya, tentu kamu semakin paham tentang metode pembayaran ini.

Jadi, bagi kamu yang suka belanja dan membeli berbagai keperluan sehari-hari secara online, tentu sudah semakin paham tentang apa itu rekber dan bagaimana cara kerja rekber. Dengan begitu, maka kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan rekening bersama pada setiap transaksi online yang dilakukan.

Apakah kamu Tertarik Menggunakan Aplikasi Rekber?

Apapun cara yang kamu pilih, tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, pastikan kamu bijak dalam menggunakan rekening bersama untuk bertransaksi, ya.

kamu yang sudah paham tentang apa itu rekber tentu sudah tidak perlu was-was lagi dan dapat berbelanja online dengan lebih nyaman. Berhubung transaksi online saat ini sedang berkembang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan rekber sebagai metode pembayaran yang tepat.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat