Apa itu Virtual Credit Card? Ini Pengertian & Manfaatnya

Pernahkah kamu ada di momen ingin membeli suatu barang, namun tidak bisa kamu lakukan karena transaksinya hanya boleh menggunakan kartu kredit?

Barangnya masih tersedia, dan bisa diantar ke rumahmu, tetapi sangat disayangkan karena kamu tidak bisa membelinya lantaran tidak memiliki kartu kredit.

Nah, kalau sudah begini, ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan, yaitu meminjam kartu kredit milik orang terdekat, atau segera mengajukan permohonan kartu kredit ke bank konvensional.

Ada satu cara lagi yang lebih mudah untuk kamu lakukan, yaitu dengan membuat virtual credit card alias kartu kredit virtual.

Dengan cara ini, kamu enggak perlu repot meminjam kartu kredit orang lain, atau menunggu proses persetujuan kartu kredit dari bank.

Apa sih VCC itu, dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, kita simak pembahasannya, di bawah ini!


Apa itu Virtual Credit Card?

VCC (virtual credit card) alias kartu kredit virtual adalah alat pembayaran transaksi digital yang bisa kamu gunakan saat berbelanja secara online.

Fungsinya kurang lebih mirip dengan kartu kredit biasa, namun tidak ada bentuk fisiknya. Kamu hanya bisa melihat nomor kartu kredit beserta CVV/CVC-nya melalui aplikasi smartphone.

Biasanya, VCC bisa kamu dapatkan di digital bank maupun neobank yang kini sudah banyak beroperasi di Indonesia.


Cara Kerja Virtual Credit Card

Sama seperti kartu kredit biasa, kamu bisa memasukkan nomor kartu kredit, CVV/CVC, serta masa aktif kartu saat diminta untuk menyelesaikan transaksi secara online

Namun, sedikit berbeda dengan kartu kredit, kamu harus memastikan terlebih dahulu saldo VCC-mu cukup untuk melakukan transaksi tersebut.

Kartu kredit biasa menyediakan batasan kredit yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja, sedangkan VCC tidak menyediakan batasan tersebut dan hanya bisa kamu gunakan sesuai saldo yang tersedia.

Misalnya, saldo VCC-mu berisi Rp1.000.000,00. Tentu kamu hanya bisa berbelanja dengan total transaksi di bawah Rp1.000.000,00. 

Seandainya menurut perhitungan kamu jumlah total transaksi akan lebih dari Rp1.000.000,00, maka kamu harus menambah atau melakukan top up saldo.

Proses top up ini bisa kamu lakukan dengan mudah melalui aplikasi smartphone.


Fungsi & Manfaat Virtual Credit Card

Kehadiran VCC jelas berfungsi sebagai pengganti peran kartu kredit.

Pasalnya, untuk memiliki kartu kredit, kamu perlu mengajukan permohonan ke bank konvensional terlebih dahulu.

Kemudian, pihak bank biasanya akan memberikan persetujuan permohonan kartu kredit setelah melakukan evaluasi terhadap data pribadi dan finansial kamu.

Seandainya kamu belum memiliki penghasilan atau sedang tidak memiliki penghasilan yang stabil, biasanya pihak bank enggan memberikan fasilitas kartu kredit kepada kamu– bahkan ketika kamu sudah menjadi nasabah di bank tersebut.

Maka dari itu, VCC memberi banyak kemudahan bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit, atau yang mungkin sedikit sulit untuk mendapatkan fasilitas kartu kredit.

Lalu, apa saja manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari VCC?

  • Keamanan. Sebagian besar penyedia VCC sudah melengkapi kartu virtual ini dengan temporary card number, di mana nomor kartu kredit yang kamu berikan kepada toko saat berbelanja online hanya bisa kamu gunakan sekali saja, dalam kurun waktu tertentu. Seandainya kamu akan bertransaksi lagi, VCC akan menyediakan nomor baru yang bisa kamu gunakan.
  • Kontrol keuangan. Kamu bisa menentukan berapa banyak uang yang akan kamu top up di VCC. Jadi, tidak akan ada cerita di mana kamu berbelanja terlalu banyak sampai rekeningmu jebol.
  • Bisa kamu gunakan untuk transaksi internasional. VCC juga bisa kamu gunakan untuk berbelanja barang di situs e-commerce maupun online marketplace di luar negeri, yang tentunya sudah memiliki logo Visa atau Mastercard.
  • Bagi para pekerja yang menerima pembayaran lewat akun PayPal (atau platform internasional lainnya yang membutuhkan verifikasi kartu kredit), VCC juga bisa loh digunakan untuk verifikasi akun.

Kekurangan Virtual Credit Card

Nah, yang menjadi kekurangan VCC adalah, kartu virtual hanya bisa kamu gunakan untuk transaksi yang sifatnya online.

Jadi, untuk transaksi langsung di toko fisik, kamu tetap harus menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Kemudian, walaupun memiliki tingkat keamanan yang lebih daripada kartu kredit biasa, kamu sebagai pemilik VCC juga masih bisa terkena penipuan secara online, loh

Maka dari itu, cek terlebih dahulu online seller atau platform online yang akan kamu beli barangnya.

Jika menurutmu ada yang kurang beres atau terlihat mencurigakan, sebaiknya kamu tidak bertransaksi online di tempat tersebut.

Kamu tentu tidak mau ketika sudah sukses bertransaksi menggunakan VCC, tetapi toko tersebut malah melakukan penipuan dan tidak mengirimkan barang yang telah kamu beli, bukan?


Memilih Penyedia Virtual Credit Card

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika kamu memutuskan untuk membuat VCC. Berikut beberapa di antaranya:

  • Reputasi penyedia VCC. Kamu bisa melakukan analisis terlebih dahulu terhadap beberapa penyedia VCC, baik itu dari bank konvensional (digital bank) maupun dari neobank. Apakah nama bank-nya kamu kenali, dan memang terkenal profesional, atau malah sebaliknya? Kamu juga bisa melihat ulasan atau review dari sesama konsumen mengenai kinerja layanan VCC dari bank tersebut.
  • Fitur yang tersedia. Setelah menemukan penyedia VCC yang sesuai, kamu bisa melihat kembali fitur-fitur apa saja yang mereka sediakan. Beberapa fitur yang perlu kamu perhatikan adalah free biaya admin, kemudahan top up dari beberapa bank, serta limit saldo & transaksi dari VCC tersebut.
  • Layanan konsumen. Hal lain yang juga tak kalah penting adalah layanan konsumen dari penyedia VCC. Pastikan sebelumnya bahwa customer service mereka cukup cekatan dan profesional dalam membalas semua pertanyaanmu.

Jika kamu telah melakukan riset dan merasa cukup percaya terhadap penyedia VCC tersebut, maka langsung saja daftar dan buat VCC pertamamu di sana.

Sebagai tambahan informasi, fitur NEO Card dari KoinWorks NEO juga bisa kamu gunakan sebagai virtual credit card, loh.

Dengan NEO Card, kamu bisa bertransaksi dengan berbagai toko online di dalam dan luar negeri, top up saldo dari berbagai bank (MANDIRI, BRI, BNI, PERMATA, dan lainnya), buat hingga 5 kartu untuk berbagai kebutuhanmu, serta tanpa biaya admin alias gratis.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak video singkatnya, di sini.


Yuk, Dapatkan NEO Card Kamu Sekarang!

Demikian penjelasan kenapa kamu harus segera punya yang namanya virtual credit card.

Pasalnya, kehadiran VCC ini akan sangat memudahkan aktivitas belanja online kamu, terlepas kamu memang hanya seorang konsumen atau seorang pengusaha yang sering belanja kebutuhan bisnis secara online.

Nah, dengan mendaftarkan kamu dan bisnismu ke KoinWorks NEO sekarang, kamu otomatis bakal bisa langsung pakai fitur NEO Card sebagai pengganti kartu kredit.

So, tunggu apa lagi? Masih penasaran? Kamu bisa cek informasi selengkapnya di sini.

Kalau kamu mau langsung unduh aplikasinya ke smartphone kamu, bisa langsung klik di bawah ini, ya!

Download KoinWorks sekarang!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.