5 Pertimbangan Penting Sebelum Menggunakan Jasa Penasihat Keuangan – Jika saat ini Anda memiliki kelebihan uang yang akan diinvestasikan dan bingung untuk memutuskan apakah harus menyewa penasihat keuangan atau mengelola portofolio seorang diri, pembahasan kali ini sangat tepat untuk disimak.

Baca juga: 7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Investor Pemula, Apakah Anda Juga Melakukannya?

Sebab, sampai saat ini masih ada pro dan kontra antara mengelola keuangan sendiri atau menggunakan jasa penasihat keuangan.

Banyak orang yang lebih memilih untuk mengelola keuangannya sendiri dikarenakan alasan biaya yang lebih hemat, bebas membuat keputusan sendiri, dan bisa belajar mengelola keuangan sendiri.

Meskipun demikian, tetap ada beberapa kekurangan yang akan Anda rasakan saat mengelola keuangan sendiri.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kecanduan Berbelanja Online, Cocok Diterapkan Bagi Anda yang Gila Belanja

Kekurangan tersebut di antaranya, kemungkinan alokasi portofolio yang kurang tepat atau Anda mengeluarkan biaya yang tidak seharusnya dibayarkan.

Agar mempermudah saat mengambil keputusan, berikut ini 5 hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat akan memutuskan untuk menyewa penasihat keuangan atau mengelola keuangan sendiri.

5 Pertimbangan Penting Sebelum Menggunakan Jasa Penasihat Keuangan

1. Pertimbangkan Tingkat Kerumitan Keuangan

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil - Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Jika Anda masih berusia muda, belum menikah, dan belum memiliki tanggungan apa-apa sepertinya menyewa penasihat keuangan tidak terlalu diperlukan.

Baca juga: 7 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Belum Siap Membeli Rumah, Jangan Dipaksakan

Namun, jika Anda menghadapi masalah keuangan yang lebih rumit dan kompleks seperti, mempersiapkan biaya kelahiran anak, resiko penyakit yang akan dihadapi dan membutuhkan biaya, dan mengalokasikan dana pensiun, maka penasihat keuangan sangat diperlukan di sini.


2. Apa Saja Portofolio Investasi yang Dimiliki?

menciptakan portofolio investasi

Portofolio keuangan yang masih sederhana berupa tabungan, investasi di reksadana, emas, dan obligasi tidak terlalu kompleks dan rumit untuk dilakukan seorang diri.

Dengan semakin banyak uang yang akan Anda alokasikan ke instrumen investasi, maka akan semakin besar juga kebutuhan akan adanya penasihat keuangan.

Baca juga: Panduan KoinWorks #2: Mengenal Dasbor Investor – Halaman Portofolio

Apalagi jika Anda hanya memilih untuk berinvestasi di di peer-to-peer lending seperti KoinWorks. KoinWorks merupakan instrumen investasi yang bisa dimulai dengan modal Rp100.000.

Meskipun modal untuk memulainya sangat minim, imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yaitu, mampu mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Baca juga: 7 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Belum Siap Membeli Rumah, Jangan Dipaksakan

Bahkan investasi di KoinWorks juga semakin menguntungkan karena Anda bisa mengikuti #invite2invest Referral Contest di mana Anda berkesempatan untuk mendapatkan iPhone X, liburan gratis ke Singapura dan Jepang untuk 2 orang, serta hadiah-hadiah menarik lainnya.

Caranya gampang sekali. Setelah mendaftar sebagai investor di KoinWorks, undang rekan/keluarga Anda untuk menjadi investor dengan membagikan Kode Referral pada dashboard Anda.

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan THR dengan Bijak, Anda Pasti Bisa!

Jika Anda berhasil mengundang 3 Active Referral yang berinvestasi sebesar Rp1 juta saja, Anda bisa mendapatkan Rp300 ribu di Kas Anda. Keterangan lengkap, silakan rujuk artikel berikut ini.


3. Membutuhkan Perencanaan Keuangan yang Komprehensif

financial plan - financial planning - mewujudkan rencana keuangan - mempersiapkan rencana keuangan

Seorang profesional di bidang penasihat keuangan menjadi sangat diperlukan, saat Anda membutuhkan perencanaan keuangan yang lebih menyeluruh dan kompleks.

Mereka bisa membantu Anda membuat keputusan dengan bijak, meskipun ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan jasanya.

Baca juga: 5 Aturan Penting Saat Membangun Kekayaan, Terapkan Sejak Dini dan Jangan Ditunda!

Contoh perencanaan keuangan yang kompleks adalah saat Anda membutuhkan nasihat tentang asuransi jiwa yang paling dibutuhkan.

Atau Anda membutuhkan saran untuk apa sebaiknya uang bonus yang didapatkan, bisa juga saat Anda membutuhkan saran apa yang perlu dilakukan saat pasar sedang dalam kondisi yang buruk.


4. Jangan Berharap Lebih Saat Menggunakan Jasa Penasihat Keuangan!

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 3

Maksud dari pernyataan di atas adalah jangan berpikiran bahwa penasihat keuangan memiliki kemampuan atau memiliki rahasia untuk mengalahkan pasar.

Jika Anda menggunakan pola pikir seperti ini saat akan menggunakan penasihat keuangan, maka hasilnya adalah kekecewaan di masa depan.

Baca juga: Jangan Terburu-Buru! Ini 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Hal yang perlu Anda pahami adalah hanya sedikit sekali investor dan profesional yang mampu secara konsisten mendapatkan hasil investasi di atas rata-rata pasar.

Boleh saja Anda memiliki harapan yang positif dengan penasihat keuangan, namun jangan berharap berlebihan dan berpikiran bahwa mereka bisa melipatgandakan uang dalam waktu semalam saja.


5. Keterampilan dan Daya Tarik Anda Terhadap Masalah Keuangan

rahasia keuangan orang terkaya - keuangan berdasarkan zodiak

Faktor terakhir yang harus dipertimbangkan, saat akan menyewa penasihat keuangan adalah bagaimana keterampilan dan ketertarikan Anda terhadap masalah keuangan.

Jika Anda memiliki keterampilan dasar tentang permasalahan keuangan atau bersedia mempelajarinya secara perlahan dan sangat menikmati waktu mengelola keuangan sendiri, maka Anda sangat tepat untuk mengelola keuangan tanpa perlu adanya penasihat keuangan.

Baca juga: 5 Rahasia Kaya Raya yang Dibocorkan Para Miliarder Dunia

Namun, jika Anda tidak terlalu paham tentang masalah keuangan dan pusing saat melihat berbagai data dan informasi yang ada, maka tidak ada salahnya untuk menyewa penasihat keuangan untuk membantu Anda mengelola keuangan.

Biaya yang Anda keluarkan untuk menyewa penasihat keuangan akan sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan dan kemudahan pengelolaan keuangan di masa depan.


Jadi, perlukah saya menggunakan jasa penasihat keuangan?

Para Ekstrovert Wajib Coba 9 Pilihan Karier Menjanjikan Ini - lawyer

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penasihat keuangan, Anda akan mendapatkan manfaat dalam hal manajemen portofolio yang dimiliki dan mereka bisa memberikan beberapa sasaran investasi dengan lebih baik untuk Anda.

Anda juga bisa dengan mudah bertanya kepada penasihat keuangan, saat ada berbagai masalah keuangan yang sedang dialami.

Baca juga: Luar Biasa! Ini 6 Cara Elon Musk Mendapatkan Uang Sebelum Kaya Raya Seperti Saat Ini

Hal yang paling penting adalah rasa tenang, karena adanya pihak profesional yang memonitor keuangan dan portofolio merupakan hal yang tidak didapatkan saat mengelola keuangan sendiri.

Meskipun ada beberapa kelebihan saat menyewa penasihat keuangan, ada juga beberapa kekurangan yang berpotensi Anda rasakan.

Baca juga: 6 Tanda Pasangan Anda Memiliki Keuangan yang Berantakan, Ajaklah untuk Berubah!

Pertama, Anda harus mengeluarkan biaya untuk menyewa penasihat keuangan dan biayanya tidak murah, selanjutnya bisa saja Anda mempekerjakan penasihat keuangan dengan kemampuan di bawah standar dan tidak mampu memenuhi harapan.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan saat Anda menyewa penasihat keuangan, pertimbangkan 5 hal yang sudah kami sampaikan di atas agar bisa mengambil keputusan dengan lebih bijak.

 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.