[Podcast Volume #10] Bersenang-Senang Tanpa Mengeluarkan Banyak Uang

– Musik Pembuka –


  • Halo, Sobat KoinWorks!
  • Gimana, sudah melewati satu bulan di 2019 ini, ada hal yang menarik enggak, sih? Semoga segala sesuatunya menyenangkan dan lancar-lancar aja, ya.
  • Eh iya, udah tanggal segini, nih. Udah pada gajian beluumm?
  • Mungkin ada yang udah, mungkin juga ada yang belum. Nah, buat temen-temen yang udah pada gajian, biasanya dipakai buat apa sih?
  • Kalau saya biasanya sih saya langsung belanja, hangout bareng temen-temen, foya-foya… eh, enggak deng, boong. Hehehe. 
  • Kalau sudah gajian, bukan berarti langsung dihambur-hamburin, lho!
  • Ingat! Gajian selanjutnya masih di bulan depan.
  • Tapi memang ya, menahan diri untuk gak beli ini-itu, makan ini-itu, apalagi menolak ajakan pergi dari teman-teman tuh agak susah.
  • Apalagi pas weekend, pasti ajakan pergi dari teman bahkan pasangan pun pasti ada.
  • Setuju gak? 
  • Saya tuh tipe orang yang bosenan kalau harus seharian di kosan terus gak ngapa-ngapain. Tapi dilemanya, kalau saya keluar, pasti saya akan menghabiskan uang.
  • Ya buat makan, buat nongkrong beli kopi, nonton bioskop. Pokoknya ada aja godaan pengeluarannya.
  • Sampai kosan baru deh mikir sendiri. Tadi kayanya gak beli apa-apa, tapi kok banyak banget ya uang yang keluar? (fake laugh)
  • Ada yang mengalami hal seperti saya gak nih teman-teman?
  • Mau tau gak, gimana saya bersenang-senang tanpa mengeluarkan banyak uang?
  • Dengerin terus ya!

    – Selingan –


  • Belakangan, saya lagi sering banget nih buka Youtube ngeliatin resep-resep masakan dan kue. Dan resep yang saya cari memang yang mudah dan peralatannya gak ribet.
  • Kebetulan di kosan saya memang tersedia dapur, jadi kalau mau masak bisa di situ.
  • Saya dan teman kosan saya suka menghabiskan waktu dengan masak-masakan. Seru lho teman-teman!
  • Nyari resep dulu, kalau saya lagi pengen masakan western biasanya kita memilih pasta. Soalnya bahan-bahannya gampang banget, dan semua bahannya mudah dicari.
  • Gak jarang di-list dulu makanan apa aja yang kita mau kreasikan bersama.
  • Kalau sudah menentukan pilihan. Baru deh beli bahan-bahannya di pasar terdekat. Seperti daging, keju, saus tomat dan lain-lain. Yap! tentu saja tujuan belanja di pasar agar bisa ditawar. Hehehe.
  • Sampai kosan langsung deh kita siapin bahan-bahan. Terus motong-motong, ikutin resep yang ada. Setiap kita lagi masak-masak selalu saja ada aja hal lucu.. Sampai akhirnya lupa waktu…
  • Makanan matang, hati senang, kantong aman, perut kenyang!

    – Selingan –


  • Terus… Karena saya termasuk pecinta film, jadi saya dan teman saya juga suka menghabiskan waktu dengan streaming film online bersama.
  • Kadang di kosan saya, atau kadang di tempat teman saya.
  • Kita suka menyebut agenda ini dengan Moviethon singkatan dari movie marathon.
  • Soalnya gak cuma satu film yang kita tonton. Kita bisa menonton beberapa film, bahkan TV series sampai beberapa episode.
  • Terakhir serial yang seru banget itu judulnya You. Udah pada nonton belum? Kesel-kesel gemes sendiri gitu nontonnya!
  • Supaya suasana seperti benar-benar berada di bioskop kita menyiapkan popcorn dan snack, minuman ringan. Biar suasananya makin seperti di bioskop yang gak boleh ketinggalan adalah mematikan lampu!
  • Kadang kalau kita butuh tantangan, film ber-genre horor yang kita pilih.
  • Sebagai penakut, ini adalah tantangan tersendiri loh. Bahkan, sampai filmnya udah selesai dan sudah berganti film selanjutnya yang gak horor, parnonya masih terasa. Jadi takut sendiri.
  • Menghabiskan waktu di kosan sendiri dengan marathon film juga menyenangkan kok.
  • Tapi kalo sendiri saya gak akan pernah memilih film ber genre horor. Yang ada saya gak akan bisa tidur.
  • Pasti para pecinta film suka melakukan hal yang sama seperti saya. Yakan?

    – Selingan –


  • Next, ke museum! Pernah gak nyoba menghabiskan waktu dengan ke museum?
  • Saya, punya teman yang memang suka ke museum. Dia pernah mengajak saya keliling ke beberapa museum di daerah kota tua.
  • Awalnya saya pikir membosankan, tapi ternyata menyenangkan.
  • Harga tiket masuk museum hanya sekitar Rp1.500 sampai Rp5.000. Kalau mau benar-benar explore memang membutuhkan tenaga yang extra, karena museum di Jakarta cukup besar-besar dan jaraknya lumayan membuat kaki pegel.
  • Di wilayah kota tua aja ada museum wayang, museum Fatahillah, museum seni rupa dan keramik, museum bank Indonesia, museum bank mandiri.
  • Nah, yang seru teman saya mengajak untuk sewa sepeda onthel yang disediakan di wilayah kota tua. Dan kita dipandu bersepeda sampai ke museum bahari.
  • Itu adalah pengalam pertama saya mengendarai sepeda onthel, yang ternyata sepeda onthel lebih tinggi. Tapi seru loh keliling naik sepeda di kota tua.
  • Ada yang pernah nyoba gak?

    – Selingan –


  • Selanjutnya, kalau teman-teman butuh wadah untuk menyalurkan hobi. Bisa lho, ikutan komunitas.
  • Di Jakarta banyak banget komunitas yang ada. Kalo misalkan teman-teman hobi lari nah coba deh ikutan komunitas.
  • Jadi, pas pulang kantor atau weekend daripada menghabiskan uang dengan nongkrong-nongkrong, mendingan nyari keringet dengan lari bersama teman-teman komunitas.
  • Selain menyehatkan, bisa nambah teman juga loh!
  • Bisa jadi teman-teman dapat jodoh.

    – Selingan –


  • Jadi sebenarnya banyak bangetloh kegiatan seru yang bisa kita lakukan tanpa perlu mengeluarkan uang banyak.
  • Uang banyak bukan menjadi patokan kita bisa bersenang-senang atau tidak kok.
  • Nah, kalau misalkan teman-teman ingin uang tidak habis begitu saja karena melakukan kegiatan yang bikin kita boros.
  • Lebih baik coba deh uang teman-teman dialokasikan sebagian dengan menjadi Pendana di KoinWorks.
  • Dengan Rp100.000 aja teman-teman sudah bisa loh menjadi Pendana. Apalagi kalau teman-teman memanfaatkan efek compounding, uangnya akan terus bergulung dan manfaat nya akan sangat terasa loh di kemudian hari.
  • Karena teman-teman mendengarkan Podcast ini dan tertarik untuk menjadi Pendana di KoinWorks, saat mendaftar masukin deh kode promo (temukan kode promo di podcast) untuk mendapatkan KOIN sebesar Rp75.000 loh!
  • Selamat bersenang-senang ya teman-teman!

    Pengalokasian Dana Sekarang


Baca Juga:


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.