Home » Blog » Bisnis & UKM » Tips Memulai Bisnis Kue Kering Agar Laris Manis

Tips Memulai Bisnis Kue Kering Agar Laris Manis

·
4 menit
memulai bisnis kue kering

Untuk memulai bisnis kue kering kamu harus tahu bagaimana tips tips agar bisnis kue kering kamu sukses. Bagaimana cara memulai bisnis kue kering yang sukses? Berikut ini adalah ulasannya.

Mulai di momen yang tepat 

Kue kering merupakan salah satu jenis kue yang memiliki banyak peminat. Akan tetapi jika kamu tidak memulai bisnis ini pada waktu yang tepat apa kamu sendiri yang akan mengalami kerugian.

Momen yang tepat dapat membantu kamu untuk menawarkan sebuah produk dengan lebih mudah. Contohnya ketika kamu akan memulai bisnis minuman dingin, menawarkannya di musim panas akan lebih mudah dibandingkan menawarkan produk tersebut di musim dingin bukan?

Oleh karena itu mulai bisnis di momen yang tepat memang merupakan hal yang penting dan wajib dilakukan jika kamu ingin sukses dalam bisnis tersebut. Termasuk saat kamu mempunyai bisnis kue kering.

Salah satu momen terbaik bagi kamu yang ingin memulai bisnis kue kering adalah saat menjelang bulan Ramadhan dan lebaran. Memulai bisnis pada momen ini akan membantu kamu mendapatkan lebih besar saat menawarkan kue kering yang kamu produksi.


Gunakan bahan yang premium 

Jika kamu ingin memulai bisnis kue kering, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pangsa pasar kamu. Kamu bisa menawarkan produk yang kamu miliki untuk pangsa pasar menengah ke bawah apa bahasa kasar menengah ke atas.

Jika level bisnis kamu adalah level menengah ke bawah, maka kamu harus bisa membuat produk dengan harga yang murah. Sayangnya menembus pasar ini memang tidak begitu mudah karena banyak bersaing produsen kue kering murah dengan rasa yang enak. Apalagi dengan adanya snack kemasan yang dijual di pusat perbelanjaan membuat kue kering dengan pasar menengah ke bawah akan kalah dalam persaingannya.

Oleh karena itu bagi kamu yang ingin mudah memasuki pasar pastikan kamu membuat kue kering dengan menggunakan bahan yang premium. Jika kamu membuat kue kering dengan menggunakan bahan yang premium, kamu bisa menyasar pasar menengah ke atas.

Jika kamu menyasar pasar menengah ke atas kamu tidak selalu menawarkan harga yang tinggi. Jika kamu bisa menawarkan produk dengan harga yang umum tapi memiliki kualitas rasa yang premium, maka kamu bisa mendapatkan lebih banyak konsumen.


Gunakan resep yang terpercaya 

Saat ini sudah ada banyak sekali tutorial pembuatan kue kering yang bisa kamu temukan di sosial media maupun di YouTube. Jika kamu memang tidak belajar pendidikan kursus memasak untuk membuat kue kering, pastikan kamu mencari resep kue kering yang terpercaya di YouTube.

Kamu bisa mencari resep kue kering yang terpercaya ini dari chef pastry yang membuka channel YouTube-nya sendiri. Atau jika kamu memang berniat untuk serius menekuni dunia kuliner dalam bentuk kue kering kamu bisa mencari tempat kursus memasak.

Tempat kursus memasak akan membantu kamu untuk membuat kue kering dengan sukses menggunakan teknik-teknik rahasia dalam dunia memasak. Memang ada banyak sekali pilihan resep kue kering yang bisa kamu cari. Akan tetapi tidak semua resep ini berhasil karena kurangnya teknik dalam memasaknya.

Dengan teknik dan resep yang terpercaya ini kamu bisa memulai bisnis kue kering dengan lebih percaya diri. karena kue kering kamu pasti enak dan berkualitas. dengan teknik ini, kue yang kamu hasilkan juga akan memiliki rasa yang lebih baik dan lebih istimewa dibandingkan dengan kue yang ada dipasaran.


Lakukan testing rasa 

Setelah kamu bisa membuat kue kering dengan resep yang spesial, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah testing rasa. Jika kamu ingin membuat sebuah kue kering yang diterima banyak orang, kamu harus memperhatikan bagaimana komentar konsumen terhadap resep kue kering yang sudah kamu buat.

Karena tujuannya adalah menjual kue kering tersebut, perhatikan apakah kue kering yang kamu buat rasanya cocok dengan preferensi kebanyakan orang. Untuk mengeceknya, kamu bisa membuat kue kering gratis untuk orang-orang yang kamu percayai komentarnya. Jika kue kering kamu banyak disukai, apa kamu bisa mulai memasarkan produk kulit kering tersebut.


Belajar strategi pemasaran 

Apa sajakah yang perlu diperhatikan saat akan memulai bisnis jualan kue kering adalah mengenai strategi pemasaran. Strategi pemasaran bisa disebut sebagai hal yang paling penting setelah reset produk yang kamu miliki. Sebuah strategi pemasaran yang baik akan membantu konsumen lebih mudah menerima dan mengenal merek dagang kamu.

Sesungguhnya ada banyak sekali strategi pemasaran yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan produk kamu. Beberapa strategi ini antara lain adalah:

  • Strategi pemasaran dari mulut ke mulut

Strategi pemasaran ini adalah strategi pemasaran yang sangat penting saat kamu memulai bisnis kue kering. Tidak ada yang lebih baik dari rekomendasi dari mulut ke mulut. Hal ini disebabkan karena rekomendasi dari mulut ke mulut memberikan kepercayaan lebih besar untuk merek kue kering kamu.

Orang lebih banyak percaya pada produk yang direkomendasikan oleh pengguna atau konsumen secara langsung. Jika seseorang memberikan review positif pada merk kue kering kamu setelah merasakan produk tersebut, maka orang lain akan lebih mempercayai review positif tersebut.

  • Strategi pemasaran media sosial

Untuk membuat merek dagang kamu menjadi lebih populer dan lebih berkesan, akan lebih baik jika kamu melakukan pemasaran di media sosial. Saat melakukan pemasaran di media sosial jangan lupa untuk membuat foto-foto yang berkualitas dan konten yang menarik. Hal ini akan membantu meningkatkan video kue kering yang kamu miliki.

  • Sistem pemasaran endorsement

Jika kamu ingin produk kue kering kamu lebih banyak mendapatkan perhatian, maka sistem pemasaran endorsement bisa jadi pilihan yang tepat. Pemasaran dengan sistem endorsement memberikan merk kamu peluang untuk dikenal lebih banyak orang.

Akan tetapi untuk melakukan pemasaran endorsement ini, pastikan kamu memilih selebriti endorse yang tepat. Jika kamu akan menggunakan gaya endorsement, kamu bisa mencoba menggunakan jasa endorsement food vlogger untuk mendapatkan pangsa pasar yang tepat.


Buat packing yang menarik

Satu hal lain yang tidak boleh lupa kamu perhatikan saat akan memulai bisnis kamu adalah membuat bikin yang menarik. Packing akan sangat menentukan daya tarik dari produk kue kering yang kamu produksi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya kamu harus menentukan pangsa pasar terlebih dahulu sebelum memulai pemasaran. Jika kamu ingin menyasar pangsa pasar menengah kebawah, kamu bisa membuat produk kemasan kamu dengan budget yang kecil. Akan tetapi jangan pernah mengemas produk gambar dengan kemasan yang murahan.

Meskipun kamu ingin menekan biaya pengeluaran untuk dan produksi pastikan kemasan yang kamu pilih tetap memiliki kualitas tinggi. Hal ini penting untuk memastikan produk kamu tetap contentable sehingga menarik kalangan milenial untuk ikut memasarkannya.

Nah demikian adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat akan memulai bisnis kue kering. Semoga ulasan-ulasan yang kami berikan bisa membantu kamu untuk membangun bisnis kue kering kamu hingga sukses.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​