Mengetahui Fungsi Modal Pinjaman dan Cara Mendapatkannya – Setiap orang memiliki kebutuhan mendesak yang sifatnya mendadak ataupun memang telah direncakan, hanya saja kadang masih belum memiliki dana lebih guna mengatasi kebutuhan itu sehingga diperlukan modal pinjaman.

Dalam bahasa awamnya, ini disebut dengan modal hutang yang sering ditanamkan kepada sebuah perusahaan dan uang tersebut berasal dari dana peminjaman di luar perusahaan terkait dalam jangka waktu tertentu yang biasanya telah ditetapkan dengan mengeluarkan surat-surat berharga yang bunganya berada dalam tingkat tetap atau stabil.

Baca Juga: Butuh Modal Usaha Untuk Bisnis Online? Coba Ajukan Melalui Platform P2P Lending

Pihak-pihak yang memberikan pinjaman biasanya tidak ikut mendapatkan laba apapun yang didapatkan oleh perusahaan seperti sistem modal saham atau share capital.

Hanya saja yang mereka peroleh adalah pembayaran bunga secara tetap dan konsisten dari pihak peminjam selama kontrak perjanjian peminjaman masih berlaku dan belum lunas.

Disini orang atau pihak yang memberiakn pinjaman harus lebih diprioritaskan daripada pemegang saham baik dengan menerima bunga maupun menerima modal jika perusahaan kondisinya tidak sedang likuid atau insolvency.

Meskipun merupakan pinjaman, namun ada beberapa resiko yang juga perlu diketahui dengan baik khususnya jika peminjam lalai dalam melakukan pelunasan seperti lupa dan sebagainya.

Baca Juga: Apa itu Debt Stacking dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

Bila ingin pinjaman yang mempunyai resiko sangat kecil, maka Anda bisa memilih surat hutang yang lebih dikenal dengan sebutan debentures yang artinya perusahaan tertentu akan diberi beban yang sifatnya tetap untuk aktiva tertentu yang dimiliki oleh perusahaan seperti mesin-mesin pabrik yang mana pihak pemberi pinjaman bisa menuntut kepemilikan dari mesin itu bilamana pihak dari peminjam tak sanggup untuk membayar pelunasan hutang.

Ada juga yang disebut dengan beban mengambang yang digunakan untuk surat-surat hutang yang dijaminkan dan diletakkan terhadap semua aktiva dan akan diambil kepemilikannya jika perusahaan jatuh bangkrut.

Baca Juga: Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Artinya pemberi pinjaman hanya bisa mendapatkan dana kembali beserta bunga tanpa memperoleh laba apapun. Terdapat beberapa karakteristik dari modal kredit ini yaitu tidak da jaminan oleh bank penerbit yaitu issuer dan sifatnya disamakan dengan adanya modal yang dibayar penuh setelah melakukan pengajuan.

Selain itu dana pinjaman ini tidak bisa dilunasi atau ditarik kembali berdasarkan inisiatif dari pemilik. Pinjaman ini juga mempunyai kedudukan yang sama dengan adanya modal dalam jumlah berdasarkan kerugian yang melebihi laba atau cadangan-cadangan yang dimasukkan dalam modal inti walaupun bank belum mendaaptkan likuiditas.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Namun pembayaran dari bunga bisa ditangguhkan jika bank sedang dalam kondisi merugi atau labanya tidak cukup untuk membayar bunga.

Sebenarnya modal kredit tidak hanya berlaku untuk perusahaan karena individu pun juga bisa memperoleh pinjaman modal ini guna usaha ataupun berbagai kebutuhan mendesak lainnya.

Baca Juga: Beberapa Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di Koperasi

Namun jika individu ingin mendapatkan pinjaman dengan mudah, maka sebaiknya Anda bisa melakukan peminjaman melalui keluarga atau rekan terdekat dulu sebelum melalui bank. Kelebihan dari meminjam uang melalui keluarga adalah lebih mudah, tanpa syarat sekaligus tanpa ada bunga.

Selain itu pengembalian dana juga tidak membutuhkan waktu tertentu sehingga lebih mudah untuk peminjam dalam mengembalikan dana.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis di KoinWorks

Namun kekurangan dari meminjam uang dari keluarga adalah belum tentu dana yang diinginkan tersedia kemudian jika Anda tidak bisa mengembalikan dana tepat waktu ataupun lama, maka biasanya terjadi perpecahan dalam keluarga sehingga silaturahmi terputus.

Selain bank, tersedia juga peminjaman melalui koperasi yang sering menjadi banyak pilihan bagi seseorang yang membutuhkan pinjaman dana lebih cepat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat? Berikut 3 Cara Efektif

Keuntungan dari meminjam uang di koperasi adalah bunganya ringan dan dananya lebih mudah cair. Selain itu, hal yang paling penting adalah tidak membutuhkan agunan sebagai jaminan sehingga dana lebih cepat cair.

Hanya saja jika ingin mengajukan dana, maka Anda harus menjadi anggota koperasi itu terlebih dahulu. Jumlah dana yang dipinjam dibatasi sehingga tidak bisa meminjam dalam jumlah dana yang lebih banyak.

Baca Juga: Apa itu Debt Snowball dan Bagaimana Cara Menerapkannya dengan Baik?

Terkadang juga dana sulit untuk cair meskipun sudah mengajukan permohonan dalam waktu lama. Pegadaian juga menjadi pilihan bagi banyak orang untuk meminjam dana namun butuh adanya jaminan yang perlu diserahkan dan harus dilunasi sebelum jatuh tempo atau jika tidak barang yang telah digadaikan akan disita oleh pihak pegadaian.

Selain koperasi dan pegadaian, ada pula lembaga lain yang bisa memberikan pinjaman tanpa jaminan. Lembaga ini disebut dengan peer to peer lending, sebuah lembaga baru yang memberikan pinjaman pendanaan dengan menyediakan “tempat bertemu” bagi peminjam dan pendana.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Peer to peer lending ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda mencari pinjaman yang cepat dan tanpa bunga tinggi. Semoga informasi mengenai modal pinjaman ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam mengetahui jenis pinjaman yang Anda inginkan sekaligus jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Ingin mengajukan Pinjaman di KoinWorks dengan bunga rendah dan proses yang mudah?

Ajukan Pinjaman


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.