Home » Strategi Bisnis » Cara Meningkatkan Respon Positif Konsumen pada Bisnis Ayam Geprek

Cara Meningkatkan Respon Positif Konsumen pada Bisnis Ayam Geprek

Bagi pebisnis misalnya bisnis ayam geprek, respon positif menandakan bahwa konsumen menyukai masakan yang kamu tawarkan kepadanya. Hal tersebut memungkinkan konsumen untuk membeli lagi ayam geprek kamu. Karenanya kamu perlu meningkatkannya dengan mengikuti cara meningkatkan respon positif konsumen di bawah ini.

Cara Meningkatkan Respon Positif Konsumen

Kepuasan pelanggan dalam bisnis sangat penting untuk ditingkatkan karena hal ini mencakup keberhasilan bisnis ayam geprek kamu. Salah satu tanda konsumen puas akan ayam geprek yang kamu jual yaitu dengan adanya respon positif. Bagaimana cara meningkatkannya? Yuk lakukan cara di bawah ini.

Buat Ayam Geprek yang Berkualitas

Konsumen adalah salah satu aspek yang membuat bisnis ayam geprek kamu sukses. Untuk membuat mereka memberikan respon positif tentunya kamu wajib membuat ayam geprek yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan target pasar kamu.

Hal yang perlu kamu garisbawahi adalah bila belum bisa melakukan peningkatan, paling tidak kamu harus bisa jaga kualitas ayam geprek kamu yang sebelumnya sudah menuai banyak respon positif dari konsumen.

Manfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Penghubung dengan Konsumen

Media sosial adalah tempat promosi yang tepat untuk mengenalkan ayam geprek kamu. Membuat konten seputar bisnis kamu tanpa sadar membuat konsumen tertarik untuk segera mencicipi ayam geprek kamu.

Di samping itu, jangan gunakan media sosial sebagai ajang promosi saja, tapi juga sarana untuk lebih dekat dengan konsumen.

Bagaimana caranya? Kamu harus merespon setiap konsumen yang bertanya atau menyapa di media sosial atau buat konten yang bersifat interaktif dan mengundang respon dari konsumen. Konten interaktif tersebut dapat berupa:

Testimoni dari Konsumen

Salah satu cara meyakinkan konsumen terhadap ayam geprek yang kamu tawarkan adalah dengan menebarkan testimoni positif yang kamu terima. Ini juga bisa mengundang konsumen lain untuk memberikan respon juga.

Mengadakan Giveaway

Giveaway dapat berupa game seru atau memberikan syarat tertentu untuk mendapatkannya seperti follow akun, komentar, tag teman atau menyukai postingan. Hadiah yang bisa kamu berikan tentunya bisa berupa ayam geprek secara gratis.

Menambahkan Konten Infografis

Konten infografis adalah konten yang sarat akan info namun tetap indah untuk dilihat. Karenanya, banyak orang yang merespon dengan baik konten seperti ini dengan cara membagikan kembali lewat akun pribadi mereka.

Pahami Pesaing dan Konsumen Bisnis Ayam Geprek Kamu

Sudah hal lumrah jika dalam suatu bisnis, produk yang ditawarkan sering dibanding-bandingkan dengan produk pesaing. Namun, dari perbandingan konsumen tersebutlah kamu bisa tahu apa yang kurang dari ayam geprek pesaing kamu.

Lantas, apa yang bisa kamu lakukan setelah mendapatkannya? Kamu bisa memperbaiki kekurangan tersebut melalui ayam geprek yang kamu jual kepada konsumen.

Jangan Abaikan Respon Negatif

Di samping respon positif, respon negatif mungkin tidak bisa dihindari dalam bisnis. Namun, kamu harus tahan banting dan bisa mengambil tindakan langsung dengan memperbaikinya.

Fokus pada respon negatif yang sama namun dilontarkan oleh konsumen yang berbeda. Itu menunjukkan ada yang salah dari ayam geprek kamu. Dengan begitu, kamu bisa kembali mendapatkan respon positif.

Komentar negatif juga perlu direspon dengan cara yang tepat. Jangan libatkan emosi kamu dan tetap respon mereka dengan baik. Jika akun media sosial bisnis ayam geprek kamu dikelola oleh karyawan, latih mereka cara merespon komentar dengan baik ya!

Bisa Lakukan Penanganan Komentar Negatif Secara Langsung

Tidak ada salahnya untuk menghubungi secara personal konsumen yang memberikan respon negatif. Pemberian solusi mungkin bisa dilakukan. Kalaupun tidak ada, tetap tunjukkan sikap tanggap kalian dalam memberikan perhatian terhadap respon negatif dan hal tersebut bisa membuat konsumen mungkin akan balik untuk berlangganan.

Berikan Harga Khusus untuk Konsumen Kamu

Cara meningkatkan respon positif konsumen selanjutnya adalah menawarkan harga khusus. Banyak konsumen akan merasa senang jika diberikan potongan harga dalam bisnis. 

Kamu bisa memberikan potongan harga untuk merayakan hari istimewa tertentu atau penawaran terkait menu baru. Kamu juga bisa memberikan harga khusus bagi konsumen yang membeli ayam geprek kamu dalam jumlah yang banyak.

Harga khusus ini secara tidak langsung dapat menarik konsumen dan dapat dijadikan ajang untuk mengenalkan ayam geprek kamu kepada konsumen baru. Selain itu, berbagai respon positif pun bisa kamu terima.

Jual Menu Khusus dan Terbatas

Jika bisnis ayam geprek kamu telah menarik perhatian konsumen, membuat menu baru dapat menuai respon positif. Karenanya, sesekali kamu boleh menjual menu yang baru yang tidak selalu bisa didapatkan. Hal ini tentunya dapat membuat konsumen penasaran dan berbondong-bondong untuk membeli menu baru tersebut.

Di sinilah kamu harus pandai melihat peluang dimana menu khusus yang kamu jual tersebut harus memiliki perbedaan dengan ayam geprek yang biasa kamu atau pesaing jual. 

Cara meningkatkan respon positif konsumen harus bisa kamu lakukan agar bisnis ayam geprek kamu bisa berjalan dengan lancar dan meraup banyak keuntungan. Bagaimana, sudahkah kamu melakukan paling tidak satu atau dua cara di atas?


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​