Home » Strategi Bisnis » Mitigasi Risiko pada Bisnis Cuci Mobil, Penting!

Mitigasi Risiko pada Bisnis Cuci Mobil, Penting!

Mitigasi Risiko pada Bisnis Cuci Mobil, Penting!

Apa itu mitigasi risiko pada bisnis cuci mobil, dan bagaimana cara melakukannya?

Dalam menjalankan sebuah proyek atau sebuah bisnis, kamu tentu perlu memperhatikan segala jenis risiko yang mungkin terjadi.

Risiko-risiko ini biasanya memiliki dampak negatif terhadap bisnis tersebut, jika pada akhirnya benar-benar terjadi.

Oleh karena itu, kamu sebagai seorang pemilik bisnis, perlu melakukan mitigasi risiko yang tepat.

Lalu, bagaimana caranya?


Apa itu Mitigasi Risiko?

Mitigasi risiko adalah sebuah strategi yang didesain untuk mempersiapkan, serta mengurangi dampak dari suatu kejadian yang berpotensi merugikan, atau membahayakan pemilik risiko.

Dalam kasus ini, pemilik risiko adalah bisnis cuci mobil itu sendiri.

Proses mitigasi risiko umumnya meliputi pembuatan rencana yang matang untuk mengelola, menghilangkan, atau bahkan mengurangi risiko ke tingkat yang dapat diterima.

Selanjutnya, strategi tersebut akan terus dipantau pelaksanaannya, agar bisa segera dijalankan ketika ada hal yang berpotensi merugikan bisnis benar-benar terjadi.

Misalnya, di awal pandemi, banyak bisnis yang terpaksa tutup karena adanya larangan beroperasi dari pemerintah.

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Nah, bila kamu ternyata sudah memiliki strategi mitigasi risiko, kamu dapat segera mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kerugian yang terjadi akibat larangan beroperasi tersebut.

Contohnya, mitigasi risiko milikmu sudah meliputi rencana dan prosedur untuk melaksanakan pencucian mobil yang juga aman & higienis bagi pengemudi, dan rutin melakukan swab test untuk para karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Hal ini akan membuat konsumen merasa semakin nyaman dan terlindungi, serta membuat mereka tetap datang ke bisnis cuci mobil milikmu.


Mengapa Perlu Melakukan Mitigasi Risiko?

Mitigasi ini penting untuk dilakukan agar sebuah bisnis dapat memperkirakan potensi masalah yang bisa terjadi, dan telah mempersiapkan solusi untuk mengatasinya.

Setidaknya, mitigasi risiko dapat meminimalisir dampak dari masalah tersebut.

Di sisi lain, mitigasi juga dapat dijadikan sebagai poin penting untuk mendapatkan konsumen dan menarik perhatian investor.

Semakin baik bisnismu dalam mengatasi sebuah masalah, maka akan semakin baik pula penilaian orang-orang terhadap bisnismu.

Misalnya, ada masalah kualitas pada hasil akhir pencucian mobil yang diterima konsumen.

Karena kamu sudah memperkirakan kemungkinan terjadinya masalah tersebut, kamu dapat dengan cepat mendatangi konsumen dan menawarkan solusi yang tepat untuk mereka.


Rancangan Strategi Mitigasi Risiko

Bagaimana jika bisnis cuci mobilmu sewaktu-waktu mengalami sepi pengunjung, atau malah mendapatkan lonjakan pengunjung dalam satu waktu?

Nah, kamu perlu mempersiapkan rencana yang bisa segera dilaksanakan ketika terjadi hal-hal tersebut.

Diskusikanlah dengan tim yang kamu miliki, dan cari solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Buatlah daftar bagian-bagian bisnis yang akan terkena dampak dari penurunan atau lonjakan pengunjung tersebut, dan persiapkan juga rencana yang detail untuk menanggulanginya.

Dengan begitu, bisnismu sudah bisa lebih siap untuk menghadapi masalah penurunan dan lonjakan permintaan yang mendadak.


Penentuan Cara Mitigasi Risiko

Terdapat empat cara untuk memitigasi sebuah risiko; Acceptance, Avoidance, Limitation, dan Transference.

Acceptance artinya menerima atau membiarkan risiko tersebut terjadi.

Hal ini biasanya diterapkan saat risiko tersebut tidak berdampak besar jika terjadi, dan juga kecil kemungkinannya terjadi.

Avoidance berarti risiko tersebut harus dihindari dengan cara apapun.

Jika terjadi, maka akan mengakibatkan kerugian yang berdampak besar pada perkembangan suatu bisnis.

Limitation adalah cara menangani risiko dengan menerima terjadinya risiko yang sebenarnya harus dihindari, namun sebisa mungkin bisnismu membuat batasan tertentu, agar dampak kerugiannya tidak terlalu besar.

Transference adalah memilih untuk memindahkan risiko kerugian dan tanggung jawab kepada pihak lain, dan membiarkan mereka yang mengelola risiko tersebut.


Siap untuk Melakukan Mitigasi Risiko pada Bisnis Cuci Mobil?

Itulah penjelasan singkat mengenai mitigasi risiko, dan bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya pada sebuah bisnis cuci mobil.

Cukup dengan melakukan identifikasi serta mitigasi risiko yang baik dan akurat, kamu dapat terhindar dari banyak masalah di kemudian hari.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​