Home » Strategi-bisnis » Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Cuci Mobil

Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Cuci Mobil

Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Cuci Mobil

Per Januari 2022, diketahui ada lebih dari 22 juta pengguna mobil di tanah air. Hal ini membuat bisnis cuci mobil menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Bagi kamu yang sekarang sedang menjalankan bisnis ini, kamu perlu melakukan strategi melipatgandakan omset dalam bisnis cuci mobil agar usaha kamu makin berkembang.

Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Cuci Mobil

Jika kamu telah memutuskan konsep, lokasi, dan mengurus perizinan untuk bisnis cuci mobil kamu. Inilah saatnya untuk beralih ke tahap berikutnya, yaitu menyusun strategi untuk melipatgandakan omset seperti berikut ini:

Strategi Pricing

Menerapkan strategi penetapan harga untuk menu layanan cuci mobil sangat penting dalam menentukan jumlah pemasukan yang akan dihasilkan per mobil. Strategi ini juga bisa kamu terapkan untuk upsell layanan cuci yang kamu tawarkan untuk meningkatkan minat beli pelanggan

Harga paket cuci mobil dapat bervariasi, tergantung pada tingkat persaingan dan lokasi pencucian mobil. Di bawah ini adalah contoh tawaran service package dan harganya yang bisa kamu terapkan untuk bisnis cuci mobil kamu:

  • Bronze Wash (Rp60.000,00): Pencucian dasar, pembilasan bebas noda, dan spray.
  • Silver Wash (Rp80.000,00): Pencucian dasar, pembilasan bebas noda, spray, rainbow wax, dan vacum luar dalam.
  • Gold Wash (Rp90.000,00): Semuanya dalam paket Silver plus delivery car wash, lap dashboard, desinfektan, semir ban, dan cuci karpet.

Dari contoh di atas bisa kamu lihat bahwa harga paket bronze dan silver beda harganya lebih jauh jika dibandingkan dengan paket gold. Jadi, kemungkinan besar pelanggan akan lebih tertarik untuk memilih paket gold. Karena charge tambahannya tidak terlalu besar, namun bisa mendapatkan layanan terbaik untuk mobil mereka.

Dengan strategi ini, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan ulasan atau testimonial yang lebih banyak dari service pakcage teratas dalam bisnis cuci mobil kamu. Tentunya hal ini bisa jadi bahan pemasaran yang bagus untuk menarik lebih banyak pelanggan sekaligus meningkatkan profitabilitas.

Strategi ini telah banyak digunakan oleh pebisnis cuci mobil dengan penetapan harga masing-masing sesuai demografi lingkungan bisnis mereka. Sebut saja bisnis Car Wash Home Service, Jago Car Wash, Lave Auto ID, dan lain-lain.

Tingkatkan Frekuensi Kunjungan Pelanggan

Tahukah kamu bahwa rata-rata konsumen hanya mencuci mobil 4-6 kali dalam setahun? Pastikan bisnis cuci mobil kamu dipilih pelanggan setiap mereka ada kesempatan untuk mencuci untuk melipatgandakan total omset. Bagaimana caranya?

Kamu bisa mencanangkan program loyalitas untuk membuat pelanggan datang kembali. Terapkan program loyalitas untuk untuk semua paket layanan kamu untuk meningkatkan frekuensi kunjungan. 

Selain program loyalitas, kamu juga bisa menawarkan paket langganan kepada pelanggan untuk memastikan mereka selalu menggunakan layanan kamu di setiap jadwal cuci mobil mereka. Lave Auto ID merupakan salah satu bisnis cuci mobil yang menyediakan layanan ini untuk meningkatkan frekuensi kunjungan pelanggan.

Atau, kamu juga bisa manfaatkan media sosial untuk sharing konten-konten menarik seputar bisnis cuci mobil kamu untuk menarik perhatian pelanggan. Konten yang umumnya banyak disukai oleh pelanggan dalam bisnis ini adalah konten promo, diskon, konten before after tampilan mobil, atau konten edukasi perawatan mobil.

Misalnya saja dengan membagikan konten promo atau diskon pada momen-momen tertentu, para pelanggan pasti akan termotivasi untuk mencuci mobil di tempatmu. Namun, pastikan kamu tetap memperhitungkan margin profit saat memberikan diskon, supaya tetap untung. Misalnya, dengan membatasi slot mobil atau periode diskon. 

Diversifikasi Layanan Kamu

Salah satu faktor yang mempengaruhi margin keuntungan bisnis cuci mobil adalah pada layanan yang ditawarkan. Jika kamu mengetahui bahwa satu layanan tidak bisa memenuhi target omset, kenapa tidak lipatgandakan omset pencucian mobil kamu dengan mendiversifikasi layanan yang kamu tawarkan?

Taktik ini akan memungkinkan kamu untuk menawarkan beberapa layanan pada saat yang sama, dan selanjutnya membantu kamu menarik berbagai jenis pelanggan. 

Penting untuk tidak bergantung hanya pada satu jenis layanan, jadi pastikan kamu melakukan riset pasar untuk memanfaatkan peluang apa pun yang kompetitor belum miliki.

Misalnya, layanan cuci mobil 24 jam, home car wash, menggunakan liquid ramah lingkungan, cuci mobil waterless, robotic car wash, atau yang lainnya.

Gunakan Strategi Mixing Marketing

Strategi selanjutnya untuk melipatgandakan omset dalam bisnis cuci mobil adalah dengan menerapkan mixing marketing. Gabungan dari beberapa strategi marketing bisa jadi strategi paling efektif untuk menarik pelanggan baru sekaligus mendorong pelanggan lama untuk melakukan kunjungan berulang.

Beberapa strategi marketing yang bisa kamu mix, antara lain:

  • Program loyalitas: Memberikan promo dan reward menarik untuk membuat pelanggan kembali lagi.
  • Signage: Mempromosikan pencucian mobil kamu menggunakan rambu-rambu atau papan informasi visual yang menarik perhatian di sepanjang jalan dekat lokasi usahamu.
  • Digital marketing: Sajikan konten dan iklan yang kamu posting secara digital, baik melalui website atau medsos. Misalnya, posting foto bersama pelanggan yang senang dengan pelayanan cuci mobil kamu.
  • Media lokal: Melalui iklan radio atau koran yang lebih hemat biaya untuk menjangkau pelanggan potensial.

Yuk, Lipatgandakan Omset Bisnis Cuci Mobil Kamu!

Demikianlah penjelasan tentang strategi melipatgandakan omset dalam bisnis cuci mobil yang bisa kamu terapkan dan kembangkan. Dengan omset yang terus meningkat, usaha cuci mobil kamu berpotensi untuk cepat berkembang dan memenangkan persaingan.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis cuci mobil kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Melipatgandakan Omset Bisnis Cuci Mobil

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​