Home » Strategi-bisnis » 7 Cara Menaikkan Follower Instagram Bisnis Cuci Mobil, Gak Perlu Beli!

7 Cara Menaikkan Follower Instagram Bisnis Cuci Mobil, Gak Perlu Beli!

7 Cara Menaikkan Follower Instagram Bisnis Cuci Mobil, Gak Perlu Beli!

Instagram membuat pemilik bisnis mudah menjangkau calon customer. Untuk mendapatkan lebih banyak konsumen pemilik usaha harus mencari cara menaikkan follower Instagram. Cara paling instan yang terkadang diambil adalah membeli followers.

Cara tersebut mungkin memang cepat dan membuat akun Instagram tampak meyakinkan. Namun sebenarnya  tidak memberikan kelebihan lain selain angka follower besar di profil akun Instagram.

7 Cara Menaikkan Follower Instagram Bisnis Cuci Mobil

Sebetulnya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah follower akun Instagram bisnis cuci mobil milikmu. Berikut ini 10 cara menambah follower Instagram yang cukup efektif: 

Ubah Jadi Akun Bisnis dan Lengkapi Info di Profil

Langkah pertama adalah mengubah akun menjadi akun Instagram bisnis. Supaya kamu bisa memantau insight Instagram seperti jumlah like, komen, share dan save. Mengetahui engagement setiap konten serta berguna untuk membaca profil follower.

Setelah itu  lengkapi info di profil. Mulai dari pemberian username yang jelas dan mudah dicari. Pilih foto profil yang menggambarkan bisnis cuci mobil, kamu juga bisa menggunakan logo. Kemudian lengkapi info di bio kata kunci misalnya “Jasa cuci mobil”. Cantumkan juga kalimat yang menggambarkan keunggulan bisnismu.

Jangan lupa lengkapi kontak dan alamat agar follower bisa dengan mudah menemukan lokasi tempat cuci mobil berada. Terakhir sisipkan tautan (link) yang mengarah ke website, landing page, atau nomor whatsapp business. 

Gunakan Brand Voice Spesifik dan Konsisten

Cara membuat akun Instagram bisnis di-follow orang adalah dengan menciptakan identitas unik sendiri. Bayangkan bagaimana jika brand adalah seorang manusia, kira-kira seperti apa karakternya. Apakah lucu, serius, slengean, cerdas, dan lain sebagainya.

Setelah itu tentukan brand voice berdasarkan pilihan karakter tadi. Sehingga saat membuat caption, headline pada desain grafis, sapaan, semuanya dibuat sesuai dengan brand voice yang sudah ditentukan. 

Selain itu buatlah panggilan khusus untuk admin yang memegang akun Instagram dan nama panggilan untuk follower. Supaya lebih interaktif dan akhirnya mengundang banyak follower secara organik. 

Buat Instagram Story dengan Memaksimalkan Fitur Interaktif

Kunci dari mengembangkan akun Instagram adalah interaksi. Maksimalkan fitur interaktif yang ada pada Instagram story. Sapa follower setiap hari lewat story. Bisa juga dengan membuat Q&A, polling, repost konten, video dengan musik Instagram, dan masih banyak lagi.

Karena postingan pada story hanya bertahan selama 24 jam,  jadi pastikan kamu konsisten mengunggah story. Agar story akun Instagram mu terus muncul  di deretan awal, setelah follower sekali melihat ceritamu. 

Buatlah sorotan (highlight) untuk menyimpan story yang memiliki info penting. Sehingga follower bisa melihat kembali kapanpun mereka mau.

Mengunggah Konten Secara Rutin 

Hal yang membuatmu gagal mendapatkan follower adalah tidak rutin saat mengunggah konten. Hanya membuat postingan secara acak baik hari ataupun waktu. Cara mengatasinya adalah dengan menyusun jadwal konten terencana. 

Susun rencana konten mulai dari materinya, diunggah pada hari apa saja, dan jam berapa. Misalnya kamu membuat postingan konten sebanyak 3 kali dalam seminggu. Tidak harus ada setiap hari, tetapi pastikan terus konsisten.

Untuk waktu upload terbaik, kamu bisa coba posting di waktu-waktu berbeda untuk menemukan prime time akun bisnis kamu. Sebab terkadang setiap akun memiliki waktu terbaik yang berbeda untuk mengunggah konten. 

Promosikan Konten Instagram

Cara menaikkan follower Instagram yang sangat efektif adalah dengan mempromosikan konten Instagram. Memasang iklan (Instagram ads) untuk menjangkau lebih banyak calon followers. 

Instagram akan menayangkan konten iklan kepada pengguna yang memiliki karakteristik sama dengan follower-mu. Bisa juga dengan melemparkannya ke orang yang punya minat atau mencari produk/jasa yang bisnismu tawarkan.

Sebaiknya pasang iklan yang berisi konten informasi alih-alih mempromosikan layanan bisnismu. Konten yang bermanfaat akan mudah mendatangkan follower baru.

Berinteraksi dengan Influencer

Cara selanjutnya yang dipercaya ampuh melejitkan angka follower Instagram ialah dengan menggunakan jasa influencer. Influencer memiliki pengaruh yang besar. Followers-nya akan mengikuti hampir semua yang influencer lakukan. 

Buatlah campaign bersama influencer untuk mempromosikan bisnis. Pilih influencer yang punya kesamaan value dengan bisnismu. Selain itu pastikan follower mereka  sama karakternya dengan follower akun bisnismu. 

Sekarang ini kamu bisa memanfaatkan fitur collaborator yang mempermudah kolaborasi dengan influencer. 

Riding the Wave

Cara menaikkan follower Instagram yang gak kalah efektif adalah dengan membuat konten riding the wave. Sesuai dengan namanya, menunggangi gelombang, konten dibuat memanfaatkan momentum suatu peristiwa atau hal yang sedang ramai dibicarakan alias viral.

Jadi kamu membuat konten berdasarkan topik yang lagi hangat. Misalnya menggunakan musik yang lagi tren, membuat konten yang terinspirasi film, dan lain sebagainya. 

Namun sebelum membuat konten riding the wave, pastikan kamu menemukan garis merah antara topik yang lagi viral dengan materi konten akun Instagram bisnismu. 

Untuk membuat konten riding the wave kamu harus cepat dan peka akan hal yang lagi tren. Sebab kontenmu akan bersaing dengan akun-akun lain yang juga memanfaatkan momentum. Meski begitu kontenmu tetap bisa mendapatkan engagement yang tinggi. 

Itulah 7 cara menaikkan follower Instagram bisnis. Cara-cara di atas bisa kamu terapkan semuanya tanpa harus beli follower lagi.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
7 Cara Menaikkan Follower Instagram Bisnis Cuci Mobil, Gak Perlu Beli!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​