Home » Strategi-bisnis » 7 Strategi Branding Agar Meningkatkan Value untuk Bisnis Boba

7 Strategi Branding Agar Meningkatkan Value untuk Bisnis Boba

7 Strategi Branding Agar Meningkatkan Value untuk Bisnis Boba

Di dalam sebuah bisnis, value tidak hanya diartikan sebagai asset saja. Value meliputi keseluruhan biaya, hingga benefits. Untuk mengoptimalkan bisnis minuman boba, kamu bisa mengimplementasikan strategi branding agar meningkatkan value usaha.

Kenapa Strategi Branding Penting dalam Bisnis?

Branding memiliki tujuan dan fungsi penting yang bagus untuk bisnis minuman boba yang kamu jalankan. Berikut alasan-alasan kenapa strategi ini sangat penting untuk bisnis minuman boba kamu.

Membangun Brand agar Lebih Dikenal

Tujuan menjalankan strategi branding yaitu untuk membantu menonjolkan bisnis kamu. Terutama saat ini banyak sekali kompetitor bisnis yang satu ini, sehingga membuat branding menjadi lebih penting agar bisa bersaing.

Membangun Citra Positif

Branding bisa membantu brand kamu agar meraih citra positif di mata konsumen maupun calon konsumen. Hal ini akan membantu mempopulerkan brand minuman boba kamu sehingga mudah dikenali dan mudah diingat.

Membangun Koneksi dengan Konsumen

Branding juga bertujuan untuk menumbuhkan koneksi agar menjadi lebih dekat dengan konsumen. Strategi branding yang tepat dan terarah akan membantu menjaring pelanggan setia.  

Berbagai Strategi Branding agar Meningkatkan Value

Saat ini ada banyak strategi branding yang bisa kamu implementasikan dalam bisnis boba. Berikut sudah kami rangkum strategi-strateginya.

Branding Melalui Social Media

Saat ini, jumlah masyarakat yang berbelanja menggunakan smartphone semakin meningkat. Buktinya, layanan jasa ekspedisi di Indonesia menjamur hingga ke berbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan pengantaran barang belanjaan masyarakat di tanah air.

Social media kini bisa kamu manfaatkan untuk pemasaran hingga branding. Tujuannya untuk menjaring customer yang punya kebiasaan belanja menggunakan smartphone.

Ada beberapa social media yang cocok untuk kanal branding bisnis kamu. Contohnya seperti Facebook, Twitter, TikTok, dan Instagram.

Branding Menggunakan Strategi Digital Marketing

Strategi berikutnya ini tergolong kompleks dan juga luas. Strategi branding melalui sistem digital marketing ini meliputi SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), social media marketing, dan lainnya.

Dengan menggunakan beberapa platform, maka kemungkinan audiens yang tertarik pun akan semakin banyak.

Melakukan Kolaborasi

Di dalam membangun dan mengembangkan sebuah bisnis, kolaborasi juga bisa menjadi solusi strategi branding yang dapat meningkatkan value. Salah satu contohnya seperti menggabungkan produk dalam satu bundling produk dari brand lain.

Selain itu, kolaborasi juga tidak hanya sebatas dalam bentuk kolaborasi penjualan produk saja. Kamu juga bisa berkolaborasi untuk menawarkan penawaran menarik seperti diskon dan juga promo.

Carilah brand atau produk yang cocok kamu kolaborasikan dengan item minuman boba yang kamu tawarkan. Contohnya seperti produk cemilan atau berkolaborasi dengan jasa delivery order tertentu untuk menawarkan diskon, cashback, hingga gratis ongkir.

Membangun Official Website

Saat ini, website resmi merupakan salah satu kanal terbaik untuk branding bisnis. Buatlah website untuk membangun strategi branding agar meningkatkan value bisnis minuman boba milikmu.

Buat konten menarik kemudian tayangkan pada website yang sudah kamu bangun. Konten bisa berupa artikel yang berisi seputar tips dan juga trik yang relevan dengan bisnis boba kamu.

Kamu juga bisa membuat ulasan seputar produk kamu, baik dari segi rasa dan bahan yang digunakan. Tujuan dari hal ini yaitu sebagai product knowledge agar customer maupun calon customer mengenal produk yang kamu tawarkan.

Mengaplikasikan Strategi Brand Activation

Tujuan dari brand activation ini yaitu sebagai kampanye dan membangun interaksi dengan pelanggan. Selain itu, strategi branding ini juga bisa mendorong customer untuk melakukan tindakan terhadap produk milik kamu.

Brand activation merupakan kegiatan promosi yang dilakukan untuk mengajak customer agar mau mencoba atau merasakan produk boba kamu. Dengan begitu, mereka menjadi tahu kualitas dan kelezatan produkmu.

Strategi ini juga bisa menciptakan kesadaran merek, meningkatkan loyalitas customer dan juga menjaga hubungan baik dengan audience.

Membangun Brand Imagery

Fungsi brand imagery menurut Snowball yaitu untuk mendefinisikan merek kamu secara visual. Visual yang dimaksud bisa saja muncul dalam berbagai bentuk ilustrasi, konten, hingga media cetak.

Untuk menjalankan strategi branding ini, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan TikTok.

Brand imagery akan membantu pelanggan agar bisa mengetahui seluk beluk tentang merek milikmu. Selain itu juga bisa mewakili produk yang kamu tampilkan secara visual agar mudah diingat.

Membangun Brand Voice

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jargon dari brand ternama seperti “Indomie Seleraku”, Just Do It!, dan masih banyak lainnya. Apa yang terlintas dalam pikiranmu setelah mendengar atau membacanya? Tentu saja langsung mengarah pada produknya, bukan?

Hal ini disebut juga dengan brand voice, dimana sebuah jargon atau tagline bisa langsung mengarahkan pikiran kita pada produk tertentu.

Buatlah tagline bisnis minuman boba kamu sendiri. Buatlah beberapa tagline untuk kemudian kamu konsultasikan dengan tim, kemudian putuskan untuk memilih jargon yang tepat.

Segera Buat Branding yang Tepat untuk Produkmu!

Branding merupakan strategi yang juga sama vitalnya dengan promosi. Fungsi utamanya yaitu agar audiens bisa mengingat brand atau produk yang kamu tawarkan. Selain itu, dengan branding yang baik, informasi terkait produk yang kamu jual pun menjadi tersampaikan secara sempurna.

Itulah beberapa strategi branding agar meningkatkan value bisnis. Bagaimana, tidak sulit untuk dilakukan, bukan?


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis minuman boba kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
7 Strategi Branding Agar Meningkatkan Value untuk Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​