Home » Strategi-bisnis » 7 Strategi Promosi untuk Para Pelanggan Bisnis Kopi

7 Strategi Promosi untuk Para Pelanggan Bisnis Kopi

7 Strategi Promosi untuk Para Pelanggan Bisnis Kopi

Apa saja strategi promosi yang bisa diberikan pada pelanggan baru & lama dalam sebuah bisnis kopi?

Bisnis kopi kini kian menjamur; kamu bahkan dapat dengan mudah menemukannya di setiap sudut kota-kota besar.

Jika kamu sedang merintis sebuah bisnis kopi, tentu kamu perlu memikirkan strategi promosi yang tepat untuk memasarkan bisnis tersebut.

Nah, strategi promosi pun perlu dibedakan penerapannya; ada strategi yang ampuh untuk menarik minat pelanggan baru, ada pula strategi yang lebih sesuai untuk mempertahankan pelanggan lama.

Apa sajakah caranya?


4 Strategi Promosi Bisnis Kopi untuk Pelanggan Baru

Strategi ini bisa kamu gunakan saat kamu baru merintis bisnis kopi, maupun ketika kamu ingin menambah pelanggan baru.

Berikut adalah beberapa caranya:


1. Menggunakan media sosial secara optimal

Strategi pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube).

Baik secara organik, maupun dengan cara berbayar.

Kamu perlu secara konsisten mengunggah konten yang menarik dan relevan ke akun-akun bisnis media sosial yang kamu miliki.

Misalnya dengan mengunggah informasi atau pengumuman produk kopi terbaru melalui Instagram dan Facebook, mengunggah video mengenai aktivitas-aktivitas di gerai kopi melalui YouTube, dan membuat video-video pendek sesuai tren di TikTok.

Jangan lupa, semua konten yang kamu unggah harus kamu evaluasi terlebih dahulu, ya.

Hindari mengunggah konten yang tidak relevan, dan tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.


2. Melakukan kolaborasi dengan pihak eksternal

Untuk menarik minat pelanggan baru, kamu pun juga bisa melakukan kolaborasi dengan pihak eksternal, seperti dengan influencer/content creator atau dengan bisnis lain.

Sebagai contoh, bisnis kopi bisa saja melakukan endorsement produk minuman kopi melalui influencer yang memiliki jenis audience yang sesuai dengan target konsumenmu.

Untuk lebih mudahnya, kamu mungkin bisa mencari influencer yang juga merupakan seorang coffee enthusiast.

Kamu juga bisa membuat kolaborasi dengan bisnis lain yang masih berkaitan dengan bisnis kopimu.

Misalnya, bisnis kopi milikmu berkolaborasi dengan bisnis makanan ringan, sehingga bisa membuat sebuah produk baru.


3. Mengadakan kompetisi

Mengadakan lomba atau kompetisi dengan hadiah yang menarik merupakan salah satu strategi yang ampuh dalam menarik perhatian pelanggan baru.

Misalnya, dengan mengadakan kompetisi fotografi atau vlog; di mana bisnismu bisa memberikan hadiah uang tunai kepada peserta yang mampu memberikan foto dan/atau vlog terbaik dengan tema coffee shop.

Strategi ini pernah dilakukan salah satu brand minuman kopi ternama loh pada tahun 2020 lalu.


4. Memberikan giveaway

Strategi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah secara rutin mengadakan giveaway untuk para pelanggan.

Jika akun-akun media sosial bisnismu sudah mulai aktif, kamu bisa meminta followers untuk mengunggah aktivitas mereka di gerai kopimu, memberikan komentar dan ulasan, serta mengunggah video TikTok mereka dengan tagar yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Serupa dengan mengadakan kompetisi, hasil unggahan yang terbaik dan paling menarik berhak mendapatkan hadiah produk minuman atau kupon potongan harga khusus.


3 Strategi Promosi Bisnis Kopi untuk Pelanggan Lama

Sedikit berbeda dengan strategi promosi kepada pelanggan baru, kamu bisa melakukan cara-cara yang lebih halus untuk mempertahankan pelanggan lama di bisnis kopi milikmu.

Berikut adalah beberapa caranya:


1. Membuat varian minuman baru

Pelanggan lama biasanya sudah mulai hafal apa saja menu minuman yang ada di bisnis kopimu.

Untuk mencegah mereka bosan, kamu bisa berinovasi dengan membuat varian minuman jenis baru.

Sebagai contoh, dari data penjualan kamu menemukan bahwa minuman kopi X adalah yang paling laris terjual selama beberapa bulan terakhir.

Nah, kamu bisa berinovasi dengan membuat varian menu baru berdasarkan menu kopi X.

Dengan begitu, pelanggan akan memiliki pilihan yang lebih banyak, yang dikembangkan dari varian minuman kesukaan mereka.


2. Membuat program membership

Strategi berikut ini lumayan ampuh untuk mempertahankan pelanggan lama.

Pasalnya, program membership memberikan sensasi eksklusivitas kepada para pelanggan lama tersebut, sekaligus menguntungkan karena potongan harga yang turut disediakan.

Kamu bisa memberikan program keanggotaan bagi para pelanggan yang memang mendaftar, atau memberikannya otomatis bagi para pelanggan yang telah bertransaksi dengan nilai transaksi di atas jumlah tertentu.

Kamu pun bisa memberikan beragam keuntungan dan potongan harga menarik (seperti diskon 50% tiap hari Senin & Jumat, atau buy 1 get 1), khusus bagi para pelanggan yang sudah mengikuti program keanggotaan di bisnis kopimu.


3. Memperkuat layanan konsumen

Strategi terakhir yang cukup penting bagi para pelanggan, namun biasanya terlupakan oleh para pemilik bisnis, adalah menyediakan layanan konsumen yang handal.

Customer service berfungsi untuk berinteraksi dan memberikan layanan infomasi kepada pelanggan, bahkan sebelum pelanggan tersebut datang ke gerai kopi.

Informasi yang kerap ditanyakan konsumen biasanya adalah mengenai lokasi gerai, jam operasional, promo yang sedang berlangsung, ketersediaan tempat, dan lain sebagainya.

Kamu bisa memperkuat layanan ini dengan menyediakan layanan chat melalui WhatsApp dan Telegram, serta melalui e-mail.

Dengan begitu, pelanggan akan dapat dengan mudah dan semakin nyaman dalam berinteraksi dua arah dengan bisnismu.

Jangan lupa, pastikan juga ada seseorang yang ditugaskan khusus untuk selalu sigap dan responsif dalam berinteraksi dengan para pelanggan, ya.


Sudah Siap Melaksanakan Promosi untuk Para Pelanggan Bisnis Kopi?

Itulah beberapa strategi mudah yang bisa kamu terapkan untuk para pelanggan bisnis kopi.

Mulai dari strategi hard selling untuk para pelanggan baru, hingga ke promosi secara halus kepada para pelanggan lama.

Pastikan semua strategi dan keputusan yang kamu buat selalu memiliki fokus terhadap manfaat & kenyamanan para pelanggan, ya.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
7 Strategi Promosi untuk Para Pelanggan Bisnis Kopi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​