Home » Strategi-bisnis » 4 Konsep Interior Bisnis Kopi Populer dan Dapat Kamu Gunakan

4 Konsep Interior Bisnis Kopi Populer dan Dapat Kamu Gunakan

Konsep Interior Bisnis Kopi Populer dan Dapat Kamu Gunakan

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus memahami bahwa desain interior toko adalah salah satu penilaian yang menjadi perbandingan dengan para pesaingmu, terutama dalam bisnis kopi. Untuk itu, yuk, simak 4 konsep interior bisnis kopi berikut ini dan tentukan mana konsep yang paling pas dengan kamu!

4 Konsep Desain Interior Terpopuler pada Bisnis Kopi

Warna dinding, desain tempat duduk, meja, bar, dan aksesoris termasuk ke dalam konsep desain interior yang harus kamu perhatikan dalam membuat sebuah bisnis kopi. Selain untuk segi estetika, konsep desain interior ini juga haruslah sama dengan vibes yang ingin kamu berikan kepada para pelanggan. Inilah 4 rekomendasi konsepnya:

Tema Hijau Minimalis

Konsep desain hijau minimalis ini cocok untuk bisnis kopi yang ingin membuat para pengunjungnya lebih rileks karena warna hijau yang tidak terlalu ramai. Cocok untuk sebuah coffee shop yang bertempat di mall atau gedung berukuran kecil, agar membuat space lebih luas.

Kamu dapat menambahkan tumbuhan hijau pada rak-rak yang kamu taruh di tengah pintu masuk dengan ruangan minum tamu, agar berfungsi sebagai sekat. Hal ini akan membuat zona privasi antara pengunjung coffee shop dengan pengunjung yang berlalu lalang di mall.

Kisaran budget yang dapat kamu siapkan, yaitu:

  • Tumbuhan Kecil

Harga untuk membeli tumbuhan kecil tersebut tergantung dengan jenis tumbuhan apa yang ingin kamu pakai. Contoh, tumbuhan kaktus atau sukulen, berkisar antara Rp 5 ribu yang paling murah dan Rp 150 ribu yang paling mahal.

  • Rak

Rak kayu tinggi di Tokopedia, harganya berkisar antara Rp 1 juta sampai Rp 4,7 juta.

Gaya Industrial

Selanjutnya, kamu dapat memilih konsep industrial untuk coffee shop milikmu. Tema industrial ini memiliki konsep yang “setengah jadi”. Dapat dilakukan dengan menampilkan kabel listrik dan pipa-pipa air yang biasanya tersembunyi di balik semen tembok.

Selain itu, perbanyaklah menggunakan furniture sederhana yang simple, seperti bingkai logam untuk bar kopi atau tempat duduk rendah yang polos. Kamu juga harus mengurangi sekat-sekat yang ada, sehingga coffee shop milikmu lebih terkesan “terbuka” dan “luas”.

Kisaran budget yang perlu kamu siapkan, yaitu:

  • Lampu Gantung Retro Simple

Di Tokopedia sendiri, lampu gantung simple bergaya industrial berkisar antara Rp 465 ribu sampai Rp 575 ribu.

  • Kursi Bar Simple

Untuk kursi tamu, konsep industrial memiliki desain yang sangat sederhana. Kisaran harga kursi industrial ini adalah sekitar Rp 150 ribu per kursi sampai Rp 500 ribu per kursi tergantung merk dan bentuknya.

  • Pegangan Pintu & Rak Industrial

Untuk rak dan pegangan pintu, konsep industrial kebanyakan mengambil bentuk pipa. Harga aksesoris dengan bentuk pipa ini berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu.

Konsep Bookstore atau Game Store

Banyak coffee shop yang mulai menggunakan konsep hiburan untuk menarik para pengunjung. Konsep hiburan ini dapat kamu lakukan dengan menyediakan banyak buku atau game-game kebersamaan yang dapat dimainkan secara gratis untuk pengunjung toko.

Tentunya, konsep yang satu ini adalah konsep coffee shop yang ribut dan tidak cocok untuk orang-orang yang ingin menikmati ketenangan.

Kisaran biaya yang dapat kamu siapkan untuk konsep yang satu ini, yaitu:

  • Buku

Untuk menekan harga, buku-buku yang dapat kamu sediakan dapat kamu ambil dari buku-buku bekas yang ada di internet. Baik itu berupa buku pelajaran atau buku novel dan fiksi. Kisaran harga buku bekas yang ada di internet adalah sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu per bukunya.

  • Game

Kamu juga dapat menyediakan game kebersamaan, seperti Uno Cards seharga Rp 13 ribu, Stacko seharga Rp 55 ribu, Console Xbox seharga Rp 8,3 juta, dan game-game lainnya.

Gaya Retro

Gaya retro juga banyak menjadi konsep populer di kalangan coffee shop. Dengan desain berbentuk “balon teks”. Desain retro juga ditandai dengan pilihan palet yang berwarna cerah, seperti warna merah muda, merah, mint, abu-abu, hitam, atau orange.

Kamu juga dapat menambahkan pola-pola yang membuat coffee shop milikmu, seperti toko yang baru saja keluar dari mesin waktu.

Kisaran dana yang dapat kamu siapkan, yaitu:

  • Keramik Geometris

Pada desain retro, kamu harus mengganti keramik dengan gaya geometris dengan warna-warna cerah. Namun, selain warna keramik berpola cerah, kamu juga bisa menggunakan keramik geometris hitam putih dengan kisaran harga Rp 65 ribu per dus dengan isi 6 keping.

  • Meja Makan Berwarna Cerah

Gaya retro dapat maksimal dengan menambahkan meja makan untuk para tamu berwarna cerah, seperti warna orange atau merah. Kisaran harga untuk meja makan dengan 4 kursi berwarna merah adalah Rp 2,5 juta.

  • Bar Dapur Berwarna Tosca 

Untuk menambah kesan retro, kamu dapat mengecat bar dapur atau kitchen set tokomu dengan warna tosca. Untuk menghemat, tidak perlu membeli lemari baru, karena kamu bisa mengecat lemari yang sudah ada dengan cat berwarna tosca. Harga cat tosca sekitar Rp 92 ribu.

Yuk, Buat Desain Interior Menarik Pada Bisnis Kopi Kamu!

Itulah 4 desain interior terpopuler yang biasanya ada pada kedai bisnis kopi. Tentunya, desain-desain tersebut jika dilakukan dengan benar akan menambah popularitas bisnismu di tengah masyarakat. Selamat mencoba!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kopi kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Konsep Interior Bisnis Kopi Populer dan Dapat Kamu Gunakan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​