Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Sewa Ruang Kantor

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Sewa Ruang Kantor

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Sewa Ruang Kantor

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis merupakan suatu hal yang wajib dipahami oleh pebisnis apapun, termasuk sewa ruang kantor. Dengan begitu, upaya perluasan bisnis dapat berjalan dengan baik dan meminimalisir kendala. 

Memang apa saja faktor penting soal pemilihan lokasi yang harus diperhatikan dalam memperluas bisnis perluasan kantor? Ingin tahu jawabannya? Saran terbaik adalah tidak melewatkan pembahasan dalam artikel satu ini!

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis

Memiliki nama populer sebagai co-working space, bisnis sewa ruang kantor saat ini sangat digandrungi oleh banyak masyarakat. Mengetahui hal ini, perluasan bisnis merupakan langkah yang tepat karena permintaan masyarakat semakin meningkat

Nah, dalam memperluas bisnis atau membuka cabang, kamu harus memerhatikan faktor-faktor dalam pemilihan lokasi. Selengkapnya, di bawah ini merupakan poin dan penjelasan tentang faktor-faktor untuk memilih lokasi perluasan bisnis sewa ruang kerja:

Menyesuaikan Lokasi dengan Demografi Pengguna

Pengguna sewa ruang kerja biasanya mereka yang masih dalam usia produktif dan memiliki pekerjaan tertentu. Mulai dari entrepreneur, startup, freelancer, konsultan, peneliti, seniman digital, pelajar, asosiasi, dan masih banyak lagi. 

Maka dari itu, pada poin pertama ini sangat ditekankan untuk menyesuaikan lokasi dengan demografi pengguna. Mulai dari umur, gender, pendidikan, pendapatan, minat, bahasa, hingga pekerjaan. 

Dengan memerhatikan faktor ini dengan baik, maka kamu tidak akan salah sasaran dalam memilih lokasi. Sehingga, orang-orang yang memiliki demografi sesuai target bisnis bisa menemukan lokasi sewa kantor milikmu dengan mudah. 

Keramaian dan Lalu Lalang

Tempat yang ramai dan banyak orang lalu-lalang sangat tepat untuk dijadikan lokasi perluasan bisnis sewa ruang kantor. Mengapa demikian? Sebab, keramaian dan lalu lalang merupakan pertanda bahwa ada potensi tinggi untuk menggaet pengguna. 

Jika keramaian dan lalu lalang tersebut disebabkan oleh orang-orang yang ‘produktif’, maka itu merupakan suatu sinyal yang sangat baik. Hal ini dikarenakan bahwa mereka yang penat bisa mengunjungi co-working space ketimbang kantornya. 

Kemudahan Akses Lokasi

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis sewa ruang kantor selanjutnya adalah memerhatikan akses pendukung. Mulai dari lebar tidaknya row jalan, apakah mampu dilalui dan dimasuki kendaraan, dan lainnya.

Inti dari poin ini adalah perhatikan mudah tidaknya lokasi bisnis sewa ruang kantor untuk diakses. Jika tidak, maka cari lokasi lain yang memiliki nilai plus dalam kemudahan akses lokasi, terutama keluar masuknya kendaraan pribadi dan umum. 

Dengan memerhatikan kemudahan akses lokasi, maka mereka yang berpotensi menjadi pelanggan atau pengguna tidak akan skeptis saat melihat persewaan ruang kantor milikmu atau berbalik arah.

Selain itu, dengan adanya kemudahan akses lokasi dapat membuat pengguna atau pelanggan setia mempromosikan sewa ruang kantor milikmu pada orang lain, sehingga pengguna pun dapat bertambah semakin banyak. 

Kemudahan untuk Melihat Lokasi

Mudah tidaknya orang-orang dalam melihat tempat bisnis sewa ruang kantor milikmu pun dapat menjadi faktor penentu pemilihan lokasi. Hal ini disebabkan bahwa visibilitas mampu memengaruhi pengetahuan mereka akan eksistensi bisnismu. 

Saran terbaik yaitu usahakan lokasi bisnis sewa ruang kantor tidak terlalu menjorok ke dalam atau tertutup oleh gedung-gedung besar nan tinggi. Jika memungkinkan, tempatkan plakat super besar di depan lokasi sehingga orang-orang bisa tahu. 

Luas Lokasi yang Ideal

Karena bisnis sewa ruang kantor menyediakan berbagai macam ruangan yang tentunya akan banyak orang gunakan, maka pastikan memerhatikan faktor pemilihan lokasi satu ini. 

Dengan adanya luas lokasi yang ideal, maka kamu dapat menyediakan berbagai ruangan fungsional dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mulai dari ruang rapat, ruang kantor pribadi, ruang kerja bersama, dan lain sebagainya. 

Adanya lokasi bisnis yang memiliki luas ideal pun dapat mempermudah parkir kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Dengan begini, maka pengguna tidak akan membatalkan niatnya untuk menyewa ruang kantor karena parkiran penuh.

Kedekatan dengan Kompetitor

Memang sekilas, tempat bisnis yang memiliki jarak yang begitu dekat dengan kompetitornya terlihat merugikan. Hal ini karena pemikiran yang beranggapan bahwa adanya kompetitor mampu menurunkan tingkat peluang untuk untung. 

Padahal perlu kamu ketahui bahwa adanya bisnis yang berjajar dengan kompetitor sangat menguntungkan apabila lihat dari sisi pemasaran. Kamu tidak perlu repot dan capek memasarkan tempat bisnis sewa kantor milikmu. 

Mengapa demikian? Sebab, pengguna yang datang berkunjung ke lokasi kompetitor menjadi tahu dan paham bahwa ada tempat serupa yang bisa menjadi alternatif, jika sewaktu-waktu tempat sewa ruang kantor langganan mereka penuh. 

Dengan hal tersebut, maka dapat disimpulkan pada awalnya bisnis sewa ruang kantor milikmu seakan-akan menjadi opsi kedua. Namun sebenarnya ini bukan masalah, karena sewaktu-waktu bisnismu dapat mengungguli kompetitor tersebut.

Bisnis-Bisnis di Sekitar Lokasi

Tidak dapat dipungkiri, bisnis-bisnis yang ada di sekitaran lokasi pun termasuk dalam faktor penting yang harus diperhitungkan dalam memperluas atau membuka cabang bisnis sewa ruang kantor baru. Sebab, hal ini memang sangat berpengaruh!

Usahakan bisnis-bisnis sekitar sangat mendukung bisnis sewa ruang kantor. Nah, contoh-contoh bisnis pendukung adalah bimbel, kafe, alat tulis, dan toko buku. Sebaliknya, bisnis yang tidak mendukung adalah pasar, karaoke, dan sejenisnya. 

Sudah Siap Memilih Lokasi untuk Memperluas Bisnis Sewa Ruang Kantor?

Itulah pembahasan seputar faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis sewa kantor. Perhatikan faktor-faktor tersebut secara seksama dan pertimbangkan satu lokasi dengan lokasi lainnya. Semangat berbisnis!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Sewa Ruang Kantor

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​