Home » Strategi-bisnis » Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Persewaan Ruang Kantor

Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Persewaan Ruang Kantor

Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Persewaan Ruang Kantor

Saat ini, persewaan ruang kantor atau co-working space merupakan bisnis yang sangat menggiurkan. Hal ini dikarenakan permintaan yang semakin naik. Jika kamu tertarik untuk menggeluti bisnis ini, maka sebaiknya pahami hal yang harus dipelajari pemilik bisnis persewaan!

Nah, memang apa saja yang wajib dipelajari pemilik bisnis persewaan ruang kantor? Untuk mengetahui jawabannya, maka saran terbaik adalah tidak melewatkan pembahasan menarik dalam artikel satu ini! 

Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Persewaan Ruang Kantor

Telah disebutkan sebelumnya bahwa bisnis persewaan ruang kantor memiliki nama lebih spesifik yaitu co-working space atau ruang kerja bersama. Ini berarti ada banyak orang bekerja dalam 1 bangunan yang sama walaupun memiliki latar belakang berbeda. 

Untuk sistem sewanya sendiri yaitu bergantung, ada untuk perusahaan, komunitas, hingga individu. Sebagai pemilik bisnis co-working space, hal yang kamu pelajari adalah seputar operasional bisnis dan pemenuhan kebutuhan pelanggan. Berikut adalah poin-poinnya:

Ruangan-Ruangan Primer dalam Kantor

Supaya bisnis persewaan ruang kantor dapat memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan, maka pertama-tama, kamu wajib mempelajari apa saja ruangan-ruangan yang biasa tersedia di dalam kantor. Berikut adalah diantaranya:

Ruangan Kerja Umum atau Area Touch Down 

Ini merupakan ruang kerja yang bisa digunakan siapa saja dan berdasarkan ‘siapa cepat, dia dapat’. Biasanya, ada ruangan ini terbagi menjadi 2 kategori, yakni touch & go dan hot desking

Tujuan dari diciptakannya ruangan ini yaitu untuk mengakomodasi para pekerja yang sebagian besar waktunya tidak berada di kantor. Misalnya, konsultan lapangan dan tenaga penjualan. 

Dengan adanya ruangan kerja umum ini, karyawan tersebut dapat mengakses kebutuhan komputer jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Misalnya untuk mengakses email, membuat persiapan ketika akan meeting, dan lainnya. 

Ruangan Tenang atau Quiet Room

Kalau satu ini merupakan ruangan yang sangat mendukung produktivitas tenaga kerja dalam menyelesaikan tugasnya. Bising dan polusi suara tidak akan menembus ruangan ini sebab ia terjaga dengan perlindungan akustik.

Area Kolaboratif

Tempat ini adalah ruangan yang lebih informal dan mendukung jenis interaksi satu sama lain. Misalnya antar tim atau departemen. Untuk skalanya sendiri terhitung sebagai grup kecil.

Ruangan Rapat

Ini merupakan ruangan yang mampu untuk mengakomodasi pertemuan bisnis secara efektif. Sama seperti ruangan tenang, ruang rapat pun dilengkapi dengan isolasi kebisingan sehingga kerahasiaan percakapan tidak gampang bocor. 

Ruangan Kerja Bersama 

Ini adalah ruangan yang dapat disebut sebagai kantor berkonsep terbuka. Biasanya tidak dilengkapi dengan bilik-bilik pribadi untuk bersembunyi, namun lebih pada meja-meja dan kursi yang berjejeran. 

Tipe ruangan seperti inilah yang paling banyak disediakan dalam bisnis persewaan ruang kantor atau co-working space. Karena memang konsepnya yaitu bekerja di satu tempat yang sama. 

Ruangan Kerja Individual  

Ruangan ini merupakan kebalikan dari sebelumnya. Nah, di ruangan ini, ada bilik-bilik pribadi untuk pekerja, sehingga mereka bisa lebih fokus dan terprivasi dalam mengerjakan job desk harian masing-masing. 

Nah, itu dia beberapa ruangan yang harus dipelajari pemilik bisnis persewaan kantor sebagai pilihan bisnis. Perlu kamu ketahui, tidak semua jenis ruangan yang sudah disebutkan di atas dapat direalisasikan dalam bisnis persewaan ruang kantor. 

Kamu dapat menghilangkan area touch down dan menggantinya dengan ruangan kerja pribadi khusus perusahaan (bukan individu), mengingat pengguna sewa co-working space ini terdiri atas banyak perusahaan dan bisnis. 

Fasilitas Kantor

Kantor ideal adalah yang memiliki fasilitas memadai, sehingga aktivitas para pengguna bisa terdukung dengan baik dan lancar. Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang biasa tersedia di kantor:

  • Perangkat komputer
  • Paper shredder
  • Mesin absensi
  • Meja dan kursi
  • Filing cabinet
  • Mesin fotokopi
  • Scanner dan printer
  • Lemari kantor
  • Rotary filing
  • Perangkat internet
  • Papan progres
  • Map plastik atau kertas

Sebenarnya masih ada fasilitas-fasilitas kantor lainnya. Pelajari dan sesuaikan fasilitas mana yang sangat diperlukan untuk pelanggan dan mana yang tidak. Namun pastikan semua fasilitas krusial sudah ter-cover dengan baik. 

Desain Kantor Kekinian

Kamu dapat mengamati dan mempelajari bagaimana kantor kekinian didesain. Mulai tata letak ruangan, bahan bangunan, perabotan, hingga pencahayaannya. Untuk mempermudah, berikut adalah contoh desain co-working space:

Desain ala Cafe

Merupakan desain ruang kantor yang menawarkan suasana layaknya kafe kekinian yang memadukan warna pastel dan warna minimalis. Sangat cozy dan atmosfernya tidak kaku.

Desain ala Greenhouse

Merupakan desain ruang kantor yang mengutamakan warna hijau, coklat tua, krem, dan abu-abu. Tentu saja karena ala greenhouse, ada banyak tanaman hijau yang menghiasi sekeliling. Interior ini sangat segar dan menyejukkan. 

Desain Modern & Industrial

Sesuai namanya, kesan yang ditonjolkan oleh desain ini yaitu industrial nan modern. Di sekeliling terdapat bata terekspos dan perabotan serba warna coklat tua dan hitam.

Desain ala Internet Cafe

Kalau ruang kantor ini lebih mengedepankan penempatan fasilitas internet super cepat dan PC atau perangkat komputer yang mempunyai spesifikasi tinggi. Sangat cocok untuk pekerja yang membutuhkan teknologi tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi desain-desain ruang kantor yang dapat menjadi inspirasi, mulai dari minimalis, multi ruang, menyatu dengan alam, dan lain sebagainya. Rajin mengulik informasi tentang desain sangat disarankan.

Sudah Siap Mendirikan Bisnis Persewaan Ruang Kantor?

Demikianlah informasi seputar hal yang harus dipelajari pemilik bisnis persewaan ruang kantor. Setelah mempelajari hal tersebut, lalu diikuti dengan pemahaman pendirian usaha yang baik, maka langsung saja mulai bisnis ini!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Persewaan Ruang Kantor

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​