Home » Strategi-bisnis » Cara Memulai Bisnis Sewa Kantor Agar Sukses

Cara Memulai Bisnis Sewa Kantor Agar Sukses

cara memulai bisnis sewa kantor

Tidak semua pebisnis memiliki cukup dana untuk membangun lokasi usaha mereka sendiri. Melihat adanya peluang ini, bisnis sewa kantor menjadi salah satu hal yang menjanjikan. Namun, bagaimana cara memulai bisnis sewa kantor?

Melihat bisnis sewa kantor adalah usaha yang menjanjikan, dengan persiapan serta cara yang benar, usaha ini dapat mendatangkan keuntungan besar untuk pelakunya. 

Cara Memulai Bisnis Sewa Kantor

Bila kamu ingin mencoba gurihnya bisnis sewa kantor, berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk menjalankannya, antara lain:

Pilih Kantor yang Strategi dan Pahami Kenaikan Harganya

Ketika ingin memulai bisnis sewa kantor, lokasi menjadi hal penting dan tidak dapat kamu abaikan. Kantor yang ada di lokasi strategis serta dekat dengan pusat keramaian tentu akan lebih banyak dipilih sebagai tempat usaha. 

Oleh sebab itu, pilih lokasi yang ada di pinggir jalan raya atau jalan utama yang cukup ramai. Bukan hanya itu, pastikan jika akses ruko ini mudah dicari serta ditemukan. Jangan sampai kantor yang akan kamu sewakan berada di lokasi yang sukar di jangkau. 

Selain itu membeli kantor di daerah yang ramai juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Contohnya, akmu membeli kantor di daerah yang dekat dengan perumahan. Kamu juga harus melihat seberapa besar kenaikan harga di lokasi tersebut. 

Karena termasuk dalam bisnis properti, umumnya kenaikan harga sewa properti dimulai dari 6% hingga 9% per tahunnya. Bila kurang dari presentasi tersebut, lokasi kantor yang kamu jadikan pilihan dapat dianggap kurang menjanjikan. 

Persiapan Modal 

Bila kamu sudah memilih dimana lokasi kantor yang akan disewakan, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah modal untuk merenovasi tempat tersebut. Sebenarnya, tidak ada hitungan berapa jumlah modal untuk renovasi kantor. 

Hal ini disebabkan karena perhitungan bergantung pada besarnya kantor yang kamu renovasi serta apa saja fasilitas penunjang yang akan kamu berikan. Renovasilah kantor dengan sejumlah fasilitas yang menunjang kegiatan usaha. 

Bukan hanya itu, pastikan sejumlah hal penting di dalam kantor tersebut terpenuhi dengan baik seperti saluran air, kemudian saluran listrik dan yang lainnya. Bukan hanya itu, bila kantor sudah jadi tetapi belum ada yang sewa, kamu harus tetap menjaga kebersihannya. 

Jangan sampai, saat ada calon klien yang akan menyewa dan melakukan survei lokasi, mereka merasa kurang nyaman dan enggan menyewa di sana. 

Tentukan Durasi Sewa

Cara memulai bisnis sewa kantor yang tidak boleh dilupakan adalah menentukan durasi sewa. Umumnya, agar memudahkan kita untuk melakukan penyesuaian harga sewaktu-waktu, kamu bisa menentukan tarif sewa per satu tahun. 

Tentukan Tarif

Kamu harus menentukan tarif yang wajar sesuai fasilitas yang kamu berikan, hindari memberikan harga sewa yang terlalu tinggi karena umumnya orang akan mencari harga yang lebih murah di tempat lain.

Namun, jangan pula memberikan harga yang terlalu murah, karena bisa membuatmu sulit mendapatkan keuntungan. Kamu dapat melakukan survei pada ruko sejenis, atau sesuai dengan tarif gedung perkantoran yang berada di area yang sama. 

Kamu bisa melakukan perhitungan dengan mengalikan harga dan capitalization rate. Contohnya, harga kantormu Rp500 juta, sedangkan capitalization rate di angka 9% per tahun, sehingga harga sewa per tahunnya Rp45 juta.

Lakukan Promosi dengan Gencar

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah melakukan promosi. Untuk melakukan promosi ini, kamu dapat mengkombinasikan pemasaran online dan offline. Cara offline dapat kamu lakukan dengan membuat baliho, banner, brosur atau yang lainnya. 

Promosikan jika gedung tersebut kamu sewa untuk kantor. Sedangkan, agar bisa menjangkau pasar yang lebih besar, kamu bisa menggunakan media sosial untuk media promosinya. Kamu bisa menggunakan twitter, instagram, atau website sebagai media promosi. 

Tetapkan Visi yang Jelas

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu harus memiliki visi yang terukur dan jelas. Bila kamu tidak mempertimbangkan visi, kamu akan kesulitan untuk menjalankan bisnis ini. 

Lakukan Perencanaan Keuangan

Ketika menjalankan  bisnis, rencana keuangan adalah hal penting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Begitu juga saat menjalankan bisnis sewa kantor ini. ketika melakukan perhitungan rencana keuangan, kamu harus mempertimbangkan sejumlah hal. 

Hal yang harus kamu pertimbangkan seperti modal awal, alokasi dana untuk menjalankan bisnis, menghitung pendapatan yang kamu harapkan, menghitung potensi kerugian yang mungkin akan kamu hadapi, hingga rencana keuangan darurat bila terjadi hal yang tidak di luar perencanaan awal. 

Memang, ketika melakukan rencana keuangan ini, nilainya hanya berupa estimasi saja, dan tidak sepenuhnya tepat. Namun, dengan melakukan perhitungan sesuai dengan data serta riset yang sudah kamu lakukan, kamu bisa menghitung dengan tepat. 

Bangun Tim yang Ideal

Saat menjalankan bisnis sewa kantor, kamu tidak dapat melakukannya sendirian, kamu membutuhkan tim yang bisa mewujudkan dan mengembangkan visi misi yang sudah kamu susun. 

Pilih semua staf yang ideal untuk menjalankan bisnis ini., jangan salah, tim ideal juga menjadi kunci kesuksesan. Sejumlah orang yang harus kamu rekrut seperti tim marketing, public relation, manager operasional dan lainnya. 

Bila kamu tertarik menjalankan usaha ini, sejumlah cara memulai bisnis sewa kantor ini harus diperhatikan dengan baik, ya.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis sewa kantor kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Memulai Bisnis Sewa Kantor Agar Sukses

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​