Home » Strategi-bisnis » Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Sewa Kantor Agar Sukses!

Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Sewa Kantor Agar Sukses!

Cara kembangkan cabang bisnis sewa kantor agar sukses

Bisnis sewa kantor menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Meskipun masih berada di masa pandemic, tetapi bisnis ini sudah mulai tumbuh, dengan keadaan ekonomi yang semakin baik. Bila sebelumnya kamu sudah memiliki bisnis ini, kamu bisa mencoba mengembangkan cabang bisnis. Memang, cara kembangkan cabang bisnis sewa kantor ini bukan menjadi hal yang mudah.

Ketika sudah sukses di salah satu kota, wajar rasanya jika kita ingin mengembangkan bisnis dan membuka cabang di kota lain. Lantas, bagaimana cara mengembangkan bisnis ini? 

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Sewa Kantor

Bila kamu tertarik untuk mengembangkan cabang bisnis sewa kantor, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Buat Rencana Bisnis

Semua hal tentu membutuhkan rencana matang. Salah satunya ketika mengelola bisnis. Kamu harus merencanakan masalah keuangan serta hal-hal yang berkaitan dengan bisnis sewa kantor ini kedepannya. 

Contohnya saja seperti bagaimana jika nantinya cabang utama tidak bisa bertahan tetapi cabang kedua justru bisa berjalan dengan baik. Kamu harus memikirkan sejumlah kemungkinan yang bisa terjadi dalam bisnis. 

Siapkan Diri untuk Hal Tidak Terduga

Tentu saja setiap bisnis rentan dengan perubahan. Contohnya saja seperti perubahan ekonomi makro, regulasi pemerintah dan sejumlah perubahan yang lainnya. Oleh sebab itu siapkan diri untuk berbagai hal yang tidak terduga nantinya.

Miliki Relasi Bisnis

Salah satu masalah tidak berkembangnya sebuah bisnis adalah tidak mempunyai banyak relasi. Contohnya saja, karena memiliki bisnis sewa kantor, kamu harus memiliki relasi agen properti, sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan informasi mengenai gedung-gedung yang dijual dengan harga murah

Selain itu, ketika memiliki relasi dan terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu tidak akan kesulitan untuk mengatasinya. 

Kelola Keuangan Bisnis

Mengelola dan memahami keuangan bisnis dari awal menjadi hal yang harus dilakukan. Kamu bisa mencatat pendapatan dan pengeluaran dengan baik dari awal bisnis perjalanan. Bila kamu masih bingung dengan arus kas bisnis, kamu bisa mencari ahli keuangan. 

Bila dalam masalah keuangan kamu belum mahir mengaturnya, tentu akan membebani usaha serta cabang usaha kamu nantinya. 

Jaga Loyalitas

Jangan sampai kamu mengecewakan klien. Nantinya, klien lah yang akan menjadi sumber pendapatan, serta menjadi bagian dari strategi marketing. Oleh sebab itu selalu jaga loyalitas dari klien. 

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuka Cabang

Meskipun terdapat sejumlah cara di atas, tetapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membuka cabang baru, antara lain:

Usaha Utama Harus Sudah Berjalan Baik

Sebenarnya, usaha utama adalah pondasi untuk cabang baru. Bila usaha pertama bisnis sewa kantor yang kamu miliki masih belum stabil, kamu belum siap untuk membuka cabang usaha yang baru. 

Contohnya, usaha utamamu berada di Kota Surabaya, kemudian kamu ingin membuka cabang di Kota Bandung. Kamu harus memastikan jika kantor-kantor yang kamu miliki di Surabaya ini tersewa dengan baik, dan memiliki kontrak sewa yang panjang. 

Modal Memadai

Membuka cabang usaha tentu memerlukan modal yang cukup. Modal bisa kamu peroleh dari hasil keuntungan yang didapatkan saat menjalankan usaha utama. Selama jangka waktu tertentu, kamu dapat mengalokasikan sejumlah anggaran agar bisa mempersiapkan pembukaan cabang baru. 

Bagaimana jika tidak memiliki anggaran tetapi sudah siap untuk membuka cabang baru? Jika demikian, kamu bisa mencari investor yang mau diajak bekerja sama agar dapat mengembangkan bisnis. Rencana buka cabang tidak boleh mengganggu keuangan usaha yang utama. 

Memiliki Tujuan yang Jelas

Saat membuka cabang bisnis sewa kantor baru, kamu harus mempunyai tujuan yang jelas. Minimal kamu memiliki 2 tujuan pembukaan cabang baru. Pertama adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan yang semakin banyak, berikutnya adalah untuk menembus pasar baru

Lakukan Riset Pasar

Riset pasar menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika membuka cabang bisnis sewa kantor. Apakah di lokasi tersebut bisnismu bisa diterima atau tidak, dan sejumlah pertimbangan lain. 

Mempunyai SDM yang Kompeten

Ketika membuka cabang usaha baru, berarti kamu memerlukan SDM baru yang akan mendukung usahamu. Kamu dapat mempercayakan cabang baru pada karyawan di cabang utama. 

Dengan mempercayakan cabang baru pada karyawan di cabang utama, kamu tidak perlu lagi mengajarkan  alur bisnis pada karyawan. Selain itu karyawan lama tentu akan lebih kamu percaya bila dibandingkan dengan karyawan baru. Lebih-lebih bisnis sewa kantor ini memakan anggaran yang besar. 

Miliki Strategi Pemasaran

Ketika membuka cabang baru, kamu memerlukan tim pemasaran yang kreatif. Bagian pemasaran ini harus berusaha untuk mempromosikan cabang baru pada banyak orang seperti di brosur, media sosial atau yang lainnya.

Bisa Mengelola Keuangan

Salah satu hal krusial dalam berjalannya bisnis adalah keuangan. Bila kamu tidak bisa mengelola keuangan, semua tidak bisa berjalan dengan baik. Setiap cabang membutuhkanmu pos laporan keuangan yang terpisah. 

Cara kembangkan cabang bisnis sewa kantor memang tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan perencanaan yang matang, serta strategi yang kuat untuk mengembangkannya. Tetapi tenang saja, kerja kerasmu akan terbayar tuntas karena mengembangkan bisnis ini bukan menjadi hal yang tidak mungkin.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis sewa kantor kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengembangkan Cabang Bisnis  Sewa Kantor Agar Sukses!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​