Home » Strategi-bisnis » Simak Cara-Cara Kembangkan Cabang Bisnis! Perluas Bisnis Olahan Buah

Simak Cara-Cara Kembangkan Cabang Bisnis! Perluas Bisnis Olahan Buah

Simak cara-cara kembangkan cabang bisnis olahan buah

Membuka toko cabang yang baru pasti jadi impian banyak pengusaha. Karena pembukaan cabang di beberapa lokasi menjadi tanda bahwa bisnis semakin berkembang dan siap untuk melakukan ekspansi. 

Ada berbagai cara kembangkan cabang bisnis olahan buah yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Pasalnya membuka toko cabang yang baru pasti perlu strategi dan persiapan yang matang. Jika tidak, maka pembukaan cabang bukannya memberi keuntungan lebih, malah menyumbangkan kerugian. 

Langkah pertama adalah dengan bertanya pada diri sendiri, apakah ini sudah saatnya untuk membuka cabang yang lain? Kenali situasi kamu  sendiri dan jawab pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah tempat usahamu mulai terasa terlalu kecil untuk melayani konsumen?
  • Bisakah kamu masuk ke pasar di luar lokasi bisnis saat ini?
  • Apa kamu punya modal yang cukup untuk melebarkan bisnis?
  • Akankah cabang yang baru mampu meningkatkan keuntungan (revenue)?

Bila hampir semua jawaban kamu untuk pertanyaan di atas adalah “iya”, kemungkinan besar kamu sudah siap untuk membuka toko cabang yang baru. Perlu diingat bahwa membuka cabang di tempat lain akan membutuhkan waktu, modal, dan perencanaan. Pada awalnya akan terasa tidak mudah, tetapi saat berhasil kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Olahan Buah

Dalam mempersiapkan toko cabang yang baru, kamu perlu melakukan tahapan persiapan. Mulai dari mencari lokasi, merekrut pegawai, sampai membeli kebutuhan dan barang inventaris untuk toko yang baru. Berikut ini penjelasan cara kembangkan cabang bisnis olahan buah yang perlu kamu ketahui:

Cari Lokasi Strategis

Tahapan pertama adalah mencari lokasi yang strategis untuk toko cabang. Lokasi memberikan pengaruh yang besar dalam keberhasilan bisnis. Pastikan kamu  menemukan lokasi yang pas. 

Kamu dapat melihat kembali situasi di toko yang pertama, aspek apa saja yang perlu dipertimbangkan. Misalnya akses jalan, kompetitor terdekat, serta kondisi lingkungan sekitar.

Perhatikan semua aspek yang membuat toko pertama kamu sukses, kemudian bandingkan dengan kondisi di lokasi baru. Dengan begitu kamu bisa tahu apakah lokasi tersebut potensial atau tidak. 

Memang butuh waktu dan kesabaran untuk menemukan lokasi yang tepat. Namun lebih baik seperti itu, daripada kamu asal membuka toko di tempat lain secara acak. 

Rekrut Pegawai

Bertambahnya toko yang baru otomatis kamu juga perlu menambah pegawai baru untuk mengoperasikan toko cabang. Mulai dari merekrut supervisor untuk menjadi orang yang bertanggung jawab dengan operasional toko baru. Sampai pegawai yang bertugas menjadi pelayan dan juga kasir. 

Buka lowongan lalu rekrut orang-orang yang memiliki kompetensi dan attitude yang baik. Karena mereka akan bertugas melayani konsumen setiap hari. Akan lebih baik jika pegawai mempunyai pengalaman di bidang serupa sebelumnya. 

Namun buka juga kesempatan untuk calon karyawan yang terlihat potensial. Nantinya kamu bisa memberikan pelatihan singkat kepada para karyawan baru. Pastikan mereka memahami product knowledge dari bisnis olahan buah milikmu.

Susun Sistem Kerja yang Jelas

Sebelum merekrut pegawai, bahkan jauh sebelum mempersiapkan pembukaan cabang yang baru, kamu harus menyusun sistem kerja. Supaya setiap pegawai bisa memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab mereka. Serta agar operasional bisnis baik di toko pertama dan toko cabang dapat berjalan dengan lancar, karena sistem lah yang bekerja. 

Jadi siapapun orangnya, sistem akan memastikan bisnis berjalan dengan semestinya. Oleh karena itu, susunlah standard operating procedure (SOP) pelayanan, panduan kerja, serta aturan karyawan. Termasuk sistem penggajian, bonus, jadwal shift, dan aturan lainnya untuk pegawai.

Kembangkan Strategi Bisnis

Membuka cabang bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengembangkan strategi bisnis yang baru. Ketika akan membuka cabang lain, kamu pasti akan menyusun kembali rencana bisnis dan strategi pemasaran. 

Sambil mengevaluasi apa yang sudah dilakukan untuk toko pertama. Mana saja yang berhasil dan mana yang tidak. Dengan begitu kamu dapat mempersiapkan rencana strategi bisnis yang berbeda. 

Persiapkan Peresmian Toko Baru

Apabila semua persiapan toko cabang yang baru sudah rampung, maka langkah selanjutnya adalah membuat acara peresmian toko baru. Kamu dapat memberitahu pelanggan setia dari jauh-jauh hari tentang cabang yang baru. Supaya mereka ikut meningkatkan antusiasme akan pembukaan cabang yang baru. 

Kamu bisa membuat acara khusus untuk peresmian toko. Misalnya membagikan 100 kemasan produk gratis di hari pertama pembukaan. Mengadakan syukuran dan acara potong pita sebagai bentuk seremonial. Kamu juga dapat mengundang media untuk meliput pembukaan cabang yang baru. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Cabang 

Sebelum mempersiapkan kebutuhan toko cabang baru, ada hal yang perlu kamu pastikan supaya proses menyiapkan toko cabang dapat berjalan dengan lancar:

Pastikan Bisnis Kios Pertama Berjalan Lancar

Tanda bahwa kamu sudah siap membuka cabang baru adalah pengelolaan bisnis di toko pertama sudah berjalan dengan baik. Namun jika operasional dan tata kelola di  toko pertama belum tersusun rapi, jangan dulu membuka cabang baru. Lebih baik fokus memperbaiki sistem dan manajemen bisnis di toko pertama.

Menjaga Kualitas Produk Serta Layanan

Hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan bahwa kualitas produk dan layanan sama, antara toko cabang dan toko pusat. Caranya dengan membuat SOP, panduan kerja, dan memberikan pengenalan product knowledge kepada seluruh karyawan. Dengan begitu kualitas produk akan selalu terjaga di toko cabang manapun.

Analisa Kompetitor

Penting untuk menganalisa persaingan saat ini dengan memperhatikan kompetitor di sektor bisnis yang sama. Lakukan analisis dengan melihat jenis produk yang mereka jual, rata-rata harga produk, serta layanan yang ditawarkan. Dengan begitu kamu dapat melakukan inovasi dan strategi baru untuk melebarkan bisnis. 

Siapkan Modal

Aspek penting yang tidak boleh dilupakan adalah modal yang cukup untuk membuka cabang baru. Kamu pasti akan membutuhkan dana untuk membeli atau menyewa tempat, membeli kebutuhan barang inventaris, biaya operasional toko, dan gaji karyawan. Hitung besaran modal yang dibutuhkan dan pastikan kamu sudah tahu dari mana saja sumber modal bisa kamu dapatkan. 

Setiap pengusaha tentu sudah tidak sabar untuk dapat mengembangkan bisnisnya dengan membuka toko baru di berbagai lokasi yang berbeda. Namun cara kembangkan cabang bisnis olahan buah perlu melalui tahapan dan persiapan yang matang. Pastikan kamu melakukan semua persiapannya secara bertahap dan tidak perlu terlalu terburu-buru.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Simak Cara-Cara Kembangkan Cabang Bisnis! Perluas Bisnis Olahan Buah

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​