Home » Strategi-bisnis » 7 Tips Memilih Lokasi Bisnis Wisata, Dijamin Ampuh!

7 Tips Memilih Lokasi Bisnis Wisata, Dijamin Ampuh!

7 Tips Memilih Lokasi Bisnis Wisata, Dijamin Ampuh!

Memilih lokasi untuk usaha tidak boleh asal, terlebih lagi jika bisnis yang kamu geluti adalah bisnis wisata. Memang, menyewa atau membeli ruko di tempat yang strategis sangat mahal. Tapi, harga tersebut akan sebanding dengan keuntungan yang akan kamu raih selama menempati tempat tersebut.

7 Tips Memilih Lokasi Usaha untuk Bisnis Wisata

Buat kamu yang sedang mencari tips memilih lokasi usaha yang tepat untuk bisnis wisata, kamu wajib membaca tips berikut ini:

Tentukan Target Pasar Bisnis

Memilih lokasi usaha tidak bisa sembarangan. Setidaknya, kamu harus menentukan target pasar bisnis terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa memilih tempat yang strategis dan ideal yang bisa dikunjungi dengan mudah oleh target pasar kamu.

Sama seperti bisnis lainnya yang memiliki target pasar kalangan bawah, menengah, dan atas. Jika bisnis travel kamu mengincar pasar kalangan atas, maka lokasi usaha untuk bisnis travel yang tepat untuk kamu pilih adalah wilayah di pusat perkantoran. Seperti SCBD di Jakarta Pusat, Kemang, Jakarta Selatan atau BSD untuk di Tangerang Selatan.

Jika kamu memilih lokasi bisnis di daerah yang tidak terkenal atau tidak dikelilingi oleh pasar kalangan atas, mereka akan mempertanyakan kredibilitas bisnis kamu. Jadi, sebaiknya sesuaikanlah! 

Aksesibilitas dan Fasilitas Parkir

Anggap kamu sudah menemukan lokasi usaha yang tepat dan sesuai dengan target pasar kamu. Sekarang, perhatikan aksesibilitas dan fasilitas parkir yang tersedia. 

Apakah pelanggan dapat menemukan tempat usaha kamu dengan mudah? Apakah fasilitas transportasi umum di sekitar tempat usaha sudah cukup memadai? Kemudian, apakah tersedia ruang parkir yang cukup untuk tamu-tamu kamu, fasilitas keamanan, jam operasional kantor, dan lain-lain?

Pastikan semua fasilitas tersebut dimiliki gedung perkantoran tersebut. Dengan begitu, pelanggan dan staff perusahaan kamu akan sama-sama mendapatkan fasilitas yang nyaman.

Perhatikan Kegiatan Bisnis Kompetitor di Sekitar Lokasi Usaha

Jika kamu baru saja memulai bisnis wisata, lebih baik kamu memilih lokasi usaha dengan tingkat persaingan rendah. Seperti menghindari berada di lokasi yang sama dengan bisnis ternama atau ruko yang memiliki lebih dari 2 lini bisnis yang sama dengan kamu.

Jika kamu tetap ingin berada di lokasi yang sama dengan mereka, siasat untuk mengatasi persaingan dengan mereka adalah memposisikan bisnis kalian di kawasan yang ramai perkantoran.

Biasanya, perusahaan sering mengadakan acara outing, perjalanan bisnis, dan lain-lain. Karena kamu adalah tetangga mereka, bisa dipastikan mereka akan mengunjungi tempat bisnis kamu untuk berkonsultasi hingga melakukan pemesanan tiket di kamu.

Periksa Infrastruktur Gedung

Jika kamu menyewa tempat usaha di ruko atau gedung perkantoran baru, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah.

Tapi, jika kamu menyewa di ruko yang cukup tua, maka kamu harus memeriksa bangunan tersebut. Terkadang, bangunan tua memiliki beberapa minor, dimana kamu harus memperbaiki kerusakan tersebut. 

Melakukan renovasi bangunan tidaklah murah. Maka dari itu, jika kamu memiliki dana yang terbatas, pastikan ruko atau gedung yang akan kamu sewa memiliki tingkat kerusakan yang minim.

Utilitas dan Biaya-biaya Lain

Perlu kamu ketahui, menyewa ruko di daerah BSD berkisar Rp 65 juta – Rp 150 juta/tahun. Itu hanyalah biaya sewa rukonya saja, belum termasuk biaya listrik, internet, telepon, dan biaya tidak terduga lainnya.

Ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu kepada perusahaan yang sudah menempati tempat itu. Bertanya-tanyalah seputar estimasi biaya listrik, air, internet, telepon, atau anggaran kebersihan dan keamanan bulanan kepada mereka.

Setelah mendapatkan semua informasi tersebut, kamu harus menghitung-hitung lagi biaya operasional per bulan di tempat usaha tersebut untuk mengetahui kegiatan bisnis kalian dapat menutupi biaya operasional tersebut. Jika tidak, sebaiknya kamu cari gedung alternatif lain untuk bisnis kamu.

Keamanan Lingkungan Lokasi Bisnis

Keamanan lingkungan bisnis menjadi hal yang wajib kamu perhatikan sebelum memilih lokasi usaha. Lingkungan dengan tingkat kriminalitas yang tinggi akan memberikan rasa khawatir dan takut pada pelanggan dan juga staff perusahaan kamu.

Kalian tidak mau bukan, baru buka beberapa bulan fasilitas kantor kamu habis dicuri oleh maling? Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk bertanya-tanya kepada warga sekitar seputar lingkungan tersebut. 

Selain itu, lihat juga bagaimana sistem petugas keamanan di tempat usaha tersebut. Apakah mereka aktif 24 jam, sudah memiliki CCTV, dan lain sebagainya.

Kebersihan Lingkungan Bisnis

Menempati tempat usaha yang dekat dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) akan memberikan nilai yang buruk di mata pelanggan. Bukan hanya masalah bau saja, pelanggan kerap menilai kredibilitas dan profesionalitas kamu dari ruang lingkup kerja.

Maka dari itu, usahakan untuk memilih lokasi usaha yang cukup jauh dengan TPS dan selalu jaga kebersihan di area tempat usaha. Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman berada di kantor kamu.

Yuk, Pilihlah Lokasi Bisnis Wisata dengan Tepat!

Tempat usaha tidak hanya berfungsi untuk kegiatan operasional bisnis saja, tetapi juga mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap kredibilitas perusahaan. Jadi, mulai dari sekarang jangan asal lagi memilih lokasi bisnis wisata! Terutama jika kamu mengincar pasar kalangan atas yang pelanggannya sangat memperhatikan hal sederhana ini.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
7 Tips Memilih Lokasi Bisnis Wisata, Dijamin Ampuh!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​