Home » Strategi-bisnis » Cara Mudah Buat Laporan Keuangan Sederhana Bisnis Kuliner

Cara Mudah Buat Laporan Keuangan Sederhana Bisnis Kuliner

Cara Mudah Buat Laporan Keuangan Sederhana Bisnis Kuliner

Laporan keuangan secara umum disusun untuk periode satu tahunan. Namun, untuk keperluan pengontrolan, sebagai pemilik bisnis kuliner ada baiknya kamu juga menyusun laporan keuangan sederhana untuk periode yang lebih pendek.

Misalnya, selain laporan tahunan, kamu dapat menyusun laporan tiga bulanan. Tujuannya, kamu dapat memantau kesehatan keuangan bisnis kuliner dan segera mengambil tindakan tertentu jika diperlukan.

Langkah Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Sebelum menyusun laporan keuangan sederhana, berikut ini adalah langkah yang perlu kamu lakukan secara rutin:

Pencatatan Semua Transaksi

Langkah pertama adalah mencatat setiap transaksi. Baik dana masuk maupun keluar. Catatan ini nantinya akan kamu susun ke dalam laporan laba rugi.

Contoh dana masuk adalah penjualan makanan dan minuman dan biaya sewa ruangan untuk acara tertentu. Sedangkan contoh dana keluar adalah pembelian bahan baku makanan, beban gaji karyawan, hingga beban listrik dan air.

Pencatatan Aset Lancar dan Tidak Lancar

Catatan untuk membuat laporan sederhana bisnis kuliner yang kedua berisi aset lancar dan tidak. Aset lancar adalah barang-barang yang masuk dalam kategori habis pakai. Pada bisnis kuliner, contoh bahan baku, seperti tepung dan peralatan makanan untuk take away.

Sedangkan aset tidak lancar adalah barang-barang yang tidak habis pakai. Misalnya, meja dan kursi, peralatan dapur, hingga kios tempat usaha. Catatan ini nantinya akan masuk ke dalam laporan arus kas.

Menyimpan Bukti Transaksi

Kamu perlu melakukan penyimpan semua bukti transaksi. Baik itu transaksi ketika dana masuk maupun keluar. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kekeliruan maupun kecurangan.

Tak hanya itu, dasar penyusunan laporan keuangan sejatinya adalah proses pencocokan catatan dengan bukti transaksi. Ini lah sebabnya laporan keuangan juga disebut sebagai ringkasan semua peristiwa keuangan dalam sebuah bisnis.

Jenis Laporan Keuangan Sederhana Bisnis Kuliner

Setelah melakukan ketiga langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, maka saatnya bagimu untuk menyusun laporan keuangan sederhana untuk bisnis kuliner milikmu. Berikut ini tiga jenis laporan yang perlu kamu buat:

Laporan atau Neraca Rugi Laba

Laporan rugi laba adalah ringkasan transaksi sebuah bisnis dalam satu periode waktu yang menunjukkan keuntungan atau kerugian. 

Cara membuat laporan ini adalah mencocokan catatan transaksi masuk dan keluar dengan bukti transaksi. Jika catatan transaksi sifatnya adalah harian, laporan rugi laba adalah ringkasan yang dapat kamu buat setiap bulan, tiga bulanan, atau setahun.

Neraca rugi laba ini juga berperan sebagai indikator kesehatan sebuah bisnis. Pada bisnis yang sehat, maka neraca akan terus positif, yaitu selalu menghasilkan keuntungan.

Contoh laporan rugi laba untuk bisnis kuliner adalah sebagai berikut:

Keterangan Transaksi Penerimaan (Rp) Pengeluaran (Rp)
Pendapatan Restoran Tgl 30 Agustus 2022 25.000.000
Pengeluaran Tgl 30 Agustus 2022 15.000.000
Laba/Rugi 10.000.000

Laporan Arus Kas

Berikutnya adalah laporan arus kas. Laporan kas berisi ringkasan harta yang dimiliki oleh sebuah bisnis. Jenis laporan keuangan sederhana bisnis kuliner ini disusun berdasarkan laporan rugi laba dan catatan aset lancar serta tidak lancar.

Laporan arus kas berperan untuk menunjukkan berapa banyak saldo yang kamu miliki. Selain itu, laporan ini juga penting sebagai bahan pertimbangan untuk pembelian stok atau aset lancar maupun tidak lancar untuk periode waktu berikutnya.

Misalnya, kamu dapat memantau apakah sudah waktunya untuk membeli peralatan dapur yang baru. Contoh lain, laporan ini juga menunjukkan kapan waktunya jatuh tempo perpanjangan kontrak kios tempat usaha.

Dengan kata lain, laporan arus kas akan membantumu dalam penyusunan rencana dan strategi bisnis kuliner milikmu. Contoh laporan arus kas untuk bisnis kuliner adalah sebagai berikut:

Tanggal Keterangan Transaksi Penerimaan (Rp) Pengeluaran (Rp) Saldo (Rp)
01/08/2022 Saldo Awal 20.000.000
01/08/2022 Pendapatan Restoran 25.000.000 25.000.000
01/08/2022 Pembelian Bahan Baku Daging 1.000.000 24.000.000
02/08/2022 Beban Listrik 1.000.000 23.000.000
02/08/2022 Pendapatan Restoran 20.000.000 43.000.000

Laporan Perubahan Modal

Jenis laporan yang terakhir adalah laporan perubahan modal. Pada laporan ini, kamu mencatat setiap transaksi yang berkaitan dengan modal mengendap.

Perubahan yang kemungkinan terjadi, antara lain bertambahnya modal dari keuntungan usaha. Umumnya, para pelaku bisnis menyisihkan setidaknya 10% dari keuntungan untuk kembali ke modal.

Hal lain, misalnya modal berubah karena ada tambahan dana dari investor. Sedangkan perubahan modal dimana modal berkurang juga dapat terjadi. Misalnya, modal digunakan untuk membuka cabang bisnis kuliner yang baru.

Contoh laporan perubahan modal untuk bisnis kuliner adalah sebagai berikut:

Keterangan Transaksi Penerimaan (Rp) Pengeluaran (Rp)
Saldo Awal 50.000.000
Pembagian Dividen Bapak A 10.000.000
Total 40.000.000

Membuat Laporan Keuangan Secara Otomatis

Bagi beberapa pebisnis, menyusun laporan mungkin adalah momok. Selain dibutuhkan ketelitian yang tinggi, tugas ini relatif membosankan. Namun, pentingnya peran laporan keuangan sederhana bagi sebuah bisnis kuliner membuat laporan keuangan tak pernah tersingkir dari prioritas.

Jika kamu adalah tipe pemilik bisnis yang demikian, tak perlu khawatir. Saat ini tersedia cukup banyak aplikasi yang dapat membantumu untuk menyusun laporan keuangan sederhana secara otomatis.

Kamu dapat mempertimbangkan Mekari Jurnal yang mematok biaya berlangganan sebesar Rp539.000,00 perbulan. Penyedia lain adalah Kledo dengan harga Rp139.900,00 perbulan.

Cara lain yang dapat kamu tempuh adalah menggunakan jasa Virtual Accountant seperti Moodah. Beberapa bisnis kuliner yang sudah bekerjasama adalah Menantea dan Smoked BBQ LAGI. Biaya yang perlu kamu keluarkan mulai dari Rp1.500.000,00.

Yuk, Buat Laporan Keuangan Sederhana Bisnis Kuliner!

Demikianlah cara membuat laporan keuangan sederhana untuk bisnis kuliner. Semoga kamu terinspirasi, sehingga bisnis kuliner milikmu semakin mencatat lebih banyak pendapatan.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mudah Buat Laporan Keuangan Sederhana Bisnis Kuliner

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​