Home » Strategi-bisnis » Yuk, Intip Cara Memulai Bisnis Olahan Buah!

Yuk, Intip Cara Memulai Bisnis Olahan Buah!

Yuk, Intip Cara Memulai Bisnis Olahan Buah!

Bagaimana cara memulai bisnis olahan buah yang mudah dan tepat? Pertanyaan ini kerap muncul dibenak orang-orang yang masih awam dan akan memulai bisnis olahan buah, karena masih meraba-raba bagaimana langkah memulai bisnis tersebut dengan benar. 

Alih-alih meraba-raba untuk mengetahui langkah-langkah inisiasi bisnis tersebut, lebih baik kamu mencari informasi yang pasti dan terbukti berhasil dilakukan oleh orang-orang lainnya. Kamu dapat mendapatkannya melalui buku, video pembelajaran bisnis, hingga artikel. 

Sangat kebetulan! Artikel kali ini akan membahas seputar langkah-langkah untuk memulai bisnis olahan buah. Ingin tahu apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan? Untuk mengetahuinya, lebih baik jangan lewatkan informasi ringkas dalam pembahasan berikut!

Cara Memulai Bisnis Olahan Buah

Memulai bisnis olahan buah sebenarnya suatu hal yang mudah. Kamu hanya perlu memastikan ingin berbisnis olahan buah yang seperti apa, menyesuaikan modalnya, hingga memilih tempat! Yuk, ikuti beberapa poin berikut tentang seluruh langkahnya:

Menentukan Produk Olahan Buah

Sebelum benar-benar memulai bisnis olahan buah, kamu harus menentukan produknya terlebih dahulu. Nah, berikut merupakan produk-produk olahan buah yang recommended untuk dijadikan bisnis:

Sirup

Ini merupakan produk olahan buah yang biasa dikemas menggunakan botol (utamanya kaca). Bahan-bahan yang digunakan yaitu buah-buahan yang lazim untuk dijadikan sirup, misalnya buah jeruk dan melon.

Selai

Kalau produk olahan buah satu ini biasa dikemas menggunakan stoples kaca. Buah-buahan yang digunakan umumnya nanas, stroberi, blueberry, jeruk, aprikot, anggur, dan tin. 

Jus

Produk olahan buah ini lebih fleksibel karena biasanya cukup dibungkus menggunakan kantong plastik atau botol plastik. Untuk buah-buahannya lebih bervariasi mulai dari alpukat, hingga tomat. 

Keripik Buah

Kemasan untuk produk ini biasanya aluminium foil. Untuk kamu yang tidak memiliki cukup modal untuk membeli alat peniris kadar air dan minyak pada buah, maka gunakan saja buah yang berkadar air rendah, seperti pisang.

Sambal

Kalau satu ini kemasannya tidak jauh berbeda dengan produk selai. Lalu, untuk contoh sambal buah yaitu sambal khas Palembang yang terbuat dari mangga dan sambal nanas yang dicampur dengan teri.

Dodol

Ini merupakan produk olahan buah yang kerap dijadikan oleh-oleh. Untuk kemasannya sendiri biasanya lebih menggunakan kertas dan kardus. Buah-buahan yang biasa digunakan yaitu nanas, pisang, apel, dan lainnya. 

Puding

Kemasan kue tart cocok untuk produk olahan buah ini. Hampir semua jenis buah dapat digunakan sebagai bahan puding, asalkan warnanya menarik dan bentuknya tidak hancur. 

Manisan

Produk ini biasa digunakan melalui pengawetan dan biasanya kemasannya sama seperti selai, yaitu stoples kaca. Untuk buah-buahan yang biasa digunakan contohnya jeruk dan salak.

Gorengan Buah

Kemasan produk gorengan buah cukuplah kertas. Lalu, tentang buah yang dapat digunakan selain pisang goreng adalah stroberi, nangka, sukun, buah naga, dan buah-buahan padat lainnya. 

Nah, itu dia macam-macam produk yang bisa kamu pilih. Sebenarnya masih banyak lagi produk yang belum disebutkan, contohnya sate buah, pizza buah, yoghurt buah, es krim buah, salad buah, dan lainnya.

 

Menentukan Target Pasar

Cara memulai bisnis olahan buah berikutnya adalah menentukan target pasar. Untuk melakukan langkah ini, yang perlu kamu lakukan pertama adalah menentukan siapa saja mereka yang potensial dengan produk olahan buah yang kamu pilih. 

Lalu, lanjutkan dengan mencermati kompetisi pasar, mulai dari mengamati harga sampai kesulitan dan kemudiahan pelanggan melakukan pembelian. Temukan juga celah atau kekurangan dari para kompetitor yang sebenarnya disayangkan oleh para target pasar. 

Jangan lupa pula untuk berkomunikasi dengan para target pasar, sehingga kamu tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan mereka terkait produk olahan buah. Setelah itu, bidik target pasar dengan tepat. 

Menciptakan Konsep Bisnis Olahan Buah 

Setelah menentukan produk dan target pasar, maka selanjutnya adalah merancang konsep bisnis. Caranya yakni dengan merumuskan branding mulai dari nama bisnis, nama produk, warna merek, bentuk kemasan produk, hingga pemasarannya. 

Dalam menciptakan konsep bisnis olahan buah yang baik, lakukan inovasi positif yang belum pernah dilakukan oleh para kompetitor. Selain itu, cari dan implementasikan aspek-aspek tertentu yang mampu menonjolkan bisnismu. 

Di tahap ini, kamu pun perlu menentukan apakah produk tersedia online, offline, atau hybrid. Dengan begitu, kamu bisa menentukan dengan tepat promosi menarik yang menyesuaikan cara berjualan tersebut. 

Menghitung dan Mempersiapkan Keseluruhan Modal

Berbisnis apapun, termasuk olahan buah memerlukan kesiapan modal yang kuat. Kamu bisa melakukan perhitungan modal dengan menyesuaikan konsep bisnis olahan buah yang sudah diciptakan. 

Usahakan modal awal untuk produksi hingga distribusi berjalan lancar. Mulai dari bahan-bahan, perlengkapan, peralatan, biaya sewa tempat (untuk bisnis yang dilakukan secara offline).

Mencari Pemasok Buah Berkualitas

Karena bisnis ini memerlukan buah sebagai bahan utama, maka carilah pemasok buah yang berkualitas. Pastikan mereka profesional, dapat diandalkan, mudah diajak bernegosiasi, dan tidak menipu.

Mempersiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Persiapkan peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan dalam produksi. Utamakan membeli keduanya dengan kuantitas dan kualitas yang mumpuni sehingga produksi dapat berjalan lancar. 

Mulai Berbisnis!

Setelah semuanya sudah disiapkan dan dilakukan tanpa kendala, maka mulailah berbisnis! Lakukan sesuai konsep yang sudah kamu atur sejak awal dan kawal operasionalnya jangan sampai melenceng dari rencana tersebut!

Sudah Siap Berbisnis Olahan Buah?

Nah, itulah cara memulai bisnis olahan buah. Bagaimana? Mudah untuk dipahami, bukan? Jika iya, maka segera eksekusi langkah-langkah tersebut dengan langsung memulainya sekarang juga!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis olahan buah kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Yuk, Intip Cara Memulai Bisnis Olahan Buah!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​