Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses Bisnis Olahan Buah, Raup Banyak Untung

Kunci Sukses Bisnis Olahan Buah, Raup Banyak Untung

Kunci sukses Bisnis Buah Olahan, Raup Banyak untung

Membuat produk olahan buah dapat meningkatkan nilai ekonomisnya dibanding hanya menjual buah segar. Kamu bisa membuat produk apapun selama mengetahui kunci sukses bisnis buah olahan. 

Yaitu meliputi langkah, perencanaan, dan keputusan yang diambil terkait menjalankan usaha. Dengan begitu peluang mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis ini akan semakin terbuka lebar.

Namun memulai bisnis makanan seringkali menimbulkan rasa khawatir dan rasa takut. Karena makanan dan minuman merupakan produk konsumsi jangka pendek yang memiliki masa kedaluwarsa. Bila tidak segera dijual maka produk akan terbuang dan bisnis mengalami kerugian.  Hal ini sudah menjadi tantangan tersendiri dalam bisnis Food and Beverage (FnB). 

Akan tetapi di sisi lain potensi keuntungan dari bisnis FnB juga sangat menjanjikan. Jika kamu tahu kiat-kiat menjalankan bisnis makanan termasuk untuk olahan buah, maka kamu dapat meraup keuntungan yang besar. 

Kunci Sukses Bisnis Buah Olahan 

Memulai bisnis buah olahan juga perlu perencanaan yang matang serta kemauan untuk terus belajar dan berkembang. Sebab dunia bisnis berjalan dengan dinamis. Selain itu tren juga sering berubah-ubah mengikuti minat konsumen

Bagi pengusaha yang mudah beradaptasi dengan perubahan akan dapat bertahan dalam dunia bisnis. Sebelum itu kamu perlu memahami dulu hal-hal mendasar yang menjadi kunci sukses bisnis buah olahan berikut ini:

Susun Rencana Bisnis

Kunci sukses yang pertama adalah perencanaan bisnis yang matang. Sesuai dengan apa yang sudah disebutkan di awal, bahwa dalam memulai bisnis kamu perlu menyusun rencana bisnis yang lengkap. Atau yang biasa disebut dengan business plan

Business plan ini berisikan penjelasan tentang produk milikmu (product knowledge). Siapa yang menjadi target konsumen, budget atau modal awal bisnis, analisa kompetitor. Sampai rencana bisnis  untuk buah olahan milikmu dalam jangka waktu pendek, menengah dan panjang. 

Membuat Variasi Olahan Buah  

Supaya bisnis olahan buah di lirik banyak konsumen, sediakan pilihan menu yang bervariatif. Kembangkan pilihan produk yang dapat dijual. Buah bisa diolah menjadi beragam produk makanan dan minuman. Misalnya untuk jus, pudding, yogurt, manisan, ice cream dan lain sebagainya. Tawarkan pilihan produk olahan ini kepada konsumen. 

Dengan tersedianya banyak jenis makanan dan minuman, konsumen pun memiliki kesempatan untuk memilih produk yang mereka inginkan. Selain itu kamu bisa menarik konsumen baru lainnya untuk membeli produk kesukaan mereka. 

Gunakan Hanya Buah-Buahan Berkualitas 

Menarik banyak konsumen baru untuk mencoba produk olahan buah lebih mudah dibandingkan mempertahankan konsumen lama. Kesan pertama pembeli amatlah penting. Bila mereka merasa produk yang kamu jual lezat, maka mereka pasti akan kembali memesan. 

Namun jika kesan pertama mencoba makanan atau minuman kurang mengenakan. Sulit bagi mereka kembali memesan produk buatan kamu. Itulah mengapa memastikan kualitas bahan utama sangat penting. 

Pastikan kamu hanya memakai buah-buahan yang segar. Serta bahan tambahan seperti pemanis, pewarna makanan, pengental, dna pengawet yang aman untuk makanan (food safety).

Kamu bisa mendapatkan buah-buahan yang berkualitas dengan harga lebih rendah jika mencari supplier untuk bisnismu. Kemudian jalin kerja sama, dengan begitu ketersediaan bahan baku produk selalu aman dan terjaga kualitasnya.

Packaging yang Menarik

Konsumen pertama kali tertarik dengan produk makanan atau minuman yaitu ketika mereka melihat kemasannya. Packaging yang menarik selalu berhasil menaikkan minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Dalam bisnis buah olahan pun begitu. Kemasan memainkan peranan yang penting untuk melancarkan penjualan produk. 

Maka dari itu sebaiknya kamu juga menyiapkan kemasan yang aman dan menarik untuk olahan buah. Misalnya untuk produk salad buah, pilih wadah plastik berbentuk mangkok yang praktis dan mudah ditutup dengan rapat.

Sedangkan untuk produk jus buah, pilih cup yang ukurannya sesuai, dengan bahan cukup tebal, dan juga bisa ditutup  rapat. Selain itu pastikan semua kemasan terbuat dari bahan food grade untuk menjamin keamanan makanan di dalamnya. 

Promosikan Secara Online

Kunci sukses bisnis buah dan juga bisnis lain adalah pemasaran. Produk atau layanan tidak akan terjual jika pebisnis tidak melakukan promosi serta pemasaran yang optimal. Kamu dapat memanfaatkan media sosial dan platform online lainnya untuk mempromosikan produk baru. 

Bagikan info tentang produk olahan buah yang kamu buat. Di samping melakukan promosi, kamu juga perlu membuat konten. Supaya interaksi antara brand produk kamu dengan audience akan terjaga. 

Kamu bisa membuat konten proses pembuatan, packaging, dan konten edukasi yang bermanfaat. Selain itu mempromosikan produk secara online juga bisa mempercepat proses penjualan. Sehingga rasa takut sulit terjual tidak perlu kamu khawatirkan lagi.

Rekomendasi Produk Olahan Buah 

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis produk olahan buah, berikut ini beberapa rekomendasi produk olahan buah. Semua produk di bawah ini bisa memberikan keuntungan yang besar, karena permintaan konsumen selalu tinggi:

Jus Buah

Siapa yang tidak suka dengan jus buah? Hampir semua orang suka dengan minuman sehat dan menyegarkan yang satu ini. Jus buah merupakan olahan buah paling mudah dan sederhana, tetapi keuntungannya bisa cukup besar.

Salad Buah

Tren gaya hidup sehat semakin populer.  Hal ini mendorong penjualan salad buah jadi lebih tinggi dibanding sebelum-sebelumnya. Kamu bisa memanfaatkan tren dan momentum saat ini untuk menjual salad buah. Sebelum nantinya kan tergantikan tren yang baru. 

Puding Buah

Buah seperti strawberry, mangga, dan jeruk paling cocok untuk dibuat menjadi puding buah. Penjual puding buah sendiri belum sebanyak pudding jenis lain. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual puding dengan aneka rasa buah yang segar. 

Selain Buah

Buah yang sudah sangat matang bisa kamu olah menjadi selai buah. Sehingga bisa lebih manfaat dan mempunyai nilai ekonomi untuk dijual. Kamu bisa membuat selai dari buah strawberry, nanas, jeruk, blueberry.

Itulah kunci sukses bisnis buah yang diolah menjadi berbagai produk. Menjual buah yang sudah diproses menjadi makanan dan minum dapat memberikan nilai ekonomi lebih dan mendatangkan keuntungan yang berlipat. Kamu hanya perlu mengoptimalkan potensi dan kesempatan yang ada.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis olahan buah kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses Bisnis Olahan Buah, Raup Banyak Untung

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​