Home » Strategi Bisnis » 10 Jenis Pelayanan yang Banyak Dicari Pelanggan Ayam Goreng

10 Jenis Pelayanan yang Banyak Dicari Pelanggan Ayam Goreng

Jenis pelayanan yang banyak dicari dalam bisnis Ayam Goreng

Berbicara tentang bisnis ayam goreng rasanya tidak hanya cita rasa saja yang mempengaruhi minat pelanggan. Kamu juga harus menyediakan jenis pelayanan yang banyak dicari pelanggan untuk menarik minat mereka.

Tanpa pelayanan yang memuaskan, sebagian besar pelanggan tidak akan tertarik datang lagi ke restoran ayam gorengmu. Oleh karena itu, penting sekali menyediakan pelayanan yang dibutuhkan pelanggan agar bisnis bisa terus berjalan. 

Jenis Pelayanan yang Banyak Dicari Pelanggan dalam Bisnis Ayam Goreng

Cita rasa memang penting, tapi bukan berarti kamu boleh mengabaikan pelayanan pada pelanggan. Pelayanan menjadi poin utama dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan.

Lalu, pelayanan apa yang harus diberikan kepada para pelanggan? Berikut ini beberapa jenis pelayanan yang bisa kamu terapkan pada bisnis ayam gorengmu.

Membuat Daftar Menu yang Mudah Dipahami

Pertama, kamu perlu membuat daftar menu yang simpel dan minimal agar pelanggan bisa lebih mudah memahaminya. Banyak tempat makan khususnya restoran mewah yang membuat daftar menu terlalu rumit sehingga sulit dipahami orang awam terutama kalangan orang tua.

Untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pelanggan kamu harus mempermudah mereka saat memesan makanan. Jadi, sebaiknya buatlah daftar menu yang terkesan simpel dan minimalis.

Supaya lebih menarik tambahkan foto makanan dan minuman di setiap jenis menu. Jangan menggunakan gambar makanan dari internet meskipun terlihat lebih bagus karena akan memicu pelanggan berekspektasi tinggi.

Jadi, sebaiknya gunakan foto asli produk dan buat seestetik mungkin agar terlihat lebih menarik. 

Aktifkan Media Sosial Bisnis

Pelanggan cenderung malas datang langsung ke lokasi untuk mengecek promo dan program yang diadakan oleh sesuatu restoran. Oleh karena itu, untuk mempermudah mereka mendapatkan update informasi mengenai program promosi, sebaiknya aktifkan media sosial bisnismu.

Menerapkan Self service

Munculnya pandemi Covid-19 membuat beberapa tempat makan menerapkan layanan self service. Masyarakat harus melakukan pembatasan sosial untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19 sehingga penerapan self service ini cukup membantu dalam kondisi tersebut. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Apa itu self service? Jadi, self service adalah layanan yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan, pembayaran, mengambil makanan, hingga membereskan peralatan dan sisa makanannya secara mandiri sendiri.

Menerapkan Table service

Selain, self service kamu juga bisa menerapkan table service yang memungkinkan pelanggan langsung memilih tempat duduk. Lalu pelayan akan menghampiri dan mencatat pesanan pelanggan tersebut.

Setelah itu pelayanan akan memberikan pesanan tersebut ke bagian dapur. Lalu akan mengantarkan pesanan ke meja pelanggan untuk pembayaran biasanya dilakukan secara langsung oleh pelanggan di kasir setelah selesai makan. 

Sediakan Layanan Pesan Antar

Akibat pandemi Covid-19, banyak tempat makan menggunakan layanan pesan antar untuk melayani para pelanggannya karena adanya kebijakan pelarangan makan di tempat saat pelaksanaan karantina wilayah atau PPKM. 

Layanan pesan antar menjadi salah satu jenis pelayanan yang banyak dicari pelanggan karena sangat praktis dikala lapar melanda. Meskipun pembatasan sosial sudah mulai renggang, nyatanya eksistensi layanan pesan antar masih terus melekat di masyarakat. 

Padahal sebelum adanya Go-Food dan Grabfood, layanan pesan antar sangat jarang digunakan pelanggan. Hingga saat ini, layanan pesan antar bisa dibilang menjadi layanan wajib yang harus ada di setiap tempat makan, tidak hanya restoran bahkan warung-warung pun sudah menerapkannya.

Menerapkan Assisted Service

Apa itu assisted service? Layanan satu ini memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan dan pembayaran secara mandiri di kasir. Lalu, pelayan akan mengantarkan pesanan ke meja pelanggan. 

Metode layanan ini cukup ringkas dan memudahkan karena pelanggan tidak perlu lagi mengambil pesanannya sendiri. 

Menggunakan Sistem Special Service

Jenis pelayanan selanjutnya yang bisa kamu terapkan pada bisnis ayam goreng, yaitu sistem special service. Pelayanan satu ini biasanya digunakan oleh restoran-restoran besar untuk memberikan layanan khusus bagi penyedia jasa pengiriman makanan. 

Beberapa contoh layanan special service di antaranya adalah:

  • Home delivery
  • Tray service di pesawat
  • Lounge service dengan ruangan khusus yang nyaman
  • Room service biasanya tersedia di hotel. 

Tidak hanya itu saja, special service juga bisa kamu temui pada grill room yang biasanya ada di restoran teppanyaki ala Jepang.

Menggunakan Kemasan Food Grade 

Pelayanan yang sering diinginkan pelanggan berikutnya, yaitu penggunaan kemasan food grade yang aman untuk kesehatan. Sebagian besar restoran besar dan fast food sudah menggunakan kemasan food grade untuk memuaskan keinginan pelanggan.

Pasalnya, penggunaan kemasan non food grade sangat berisiko terjadi kontaminasi antara makanan dengan zat berbahaya dari proses pembuatan kemasan tersebut. 

Kebersihan Ruangan dan Alat Makan

Tingkat kebersihan ruangan dan alat makan menjadi hal utama yang harus diperhatikan, apalagi di kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang. Pelanggan cenderung memilih tempat makan yang menjaga kebersihan lokasi dan alat-alat makannya. 

Membuat Daftar Antrian

Apa bisnis ayam goreng kamu sudah mulai ramai? Jika iya, sebaiknya buat daftar antrian untuk menata pelanggan yang datang. Caranya dengan membuat nomor antrian, lalu dibagikan setiap pelanggan yang datang.

Dengan begitu proses antrian pemesanan akan lebih teratur dan pelanggan bisa memesan sesuai nomor kedatangannya. Jadi, tidak ada lagi desak-desakan atau berebut memesan makanan di kasir.

Sudah Siap Menerapkan Pelayanan di Atas?

Dari beberapa daftar jenis pelayanan yang banyak dicari di atas, tidak semuanya harus kamu terapkan pada bisnis. Pilih yang paling sesuai dengan kondisi bisnis ayam gorengmu agar pelayanan bisa berjalan dengan baik.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis ayam goreng kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​