5 Faktor agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk Bisnis Kue

5 Faktor agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk Bisnis Kue

Perilaku konsumen menjadi hal penting untuk diperhatikan oleh para pebisnis. Di bidang bisnis kue, kamu harus bisa memahami perilaku konsumen saat membeli produk. 

Kamu perlu tahu apa saja faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk sehingga bisa menerapkan strategi bisnis yang tepat. Harapannya, penjualan bisa terus meningkat dan angka keuntungan semakin besar. 

Faktor agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk Kue

Di bidang bisnis ini, kamu menjual makanan berupa kue. Ada beberapa jenis faktor yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen untuk membeli produkmu tersebut. 

Mari simak pembahasan berikut ini tentang apa saja faktor yang kemungkinan besar mempengaruhi daya tarik konsumen hingga akhirnya melakukan pembelian. 

Visual Produk

Faktor pertama yang bisa mempengaruhi daya tarik konsumen adalah visual dari produk tersebut. Apalagi untuk jenis produk makanan seperti kue yang seharusnya memang menarik mata dulu baru membangkitkan minat untuk mengonsumsinya. 

Coba bayangkan saja jika kamu melihat kue yang bentuknya cantik dan warnanya menarik, pasti langsung tertarik dan ingin segera membelinya bukan?

Itulah mengapa kamu sangat disarankan untuk merancang konsep produk dengan benar. Perhatikan detail tampilan kue yang akan dijual ke konsumen. Pastikan konsumen bisa langsung tertarik begitu melihat visual kue tersebut. 

Kamu bisa lihat sendiri bahwa sekarang visual dan desain kue-kue yang beredar di pasaran semakin cantik. Jadi jangan malas mengembangkan kreativitas di bagian ini.

Cita Rasa Produk

Setelah tampilan kuenya, orang akan mempertimbangkan cita rasa kue tersebut. Tentu kita semua ingin membeli kue yang tidak hanya cantik dan enak dipandang tapi juga enak untuk dikonsumsi. 

Inilah yang menjadi alasan kenapa kamu sebaiknya melakukan perburuan resep dan mencoba trial error berbagai jenis formula demi menghasilkan rasa kue terbaik. Saat ini konsumen memang semakin pandai menentukan selera mereka. 

Banyak sekali produk kue yang visualnya cantik tapi rasanya tidak enak, akhirnya ditinggalkan oleh konsumen. Jadi memang pada dasarnya cita rasa kue tersebut akan memberi pengaruh besar dan bisa mengikat konsumen lebih banyak lagi. 

Harga

Jelas sekali bahwa harga juga akan menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada minat atau daya tarik konsumen. Coba posisikan diri sebagai konsumen, pasti akan memikirkan harganya dulu sebelum membeli, bukan? 

Dari sini kamu bisa tahu bahwa penentuan harga produk memang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan asal ambil untung besar dari harga jual produk tersebut. 

Kamu bisa menggunakan rumus tertentu untuk menetapkan harga jual. Hitung dulu harga pokok produksi yang kamu gunakan untuk membuat kue. Selanjutnya perhitungkan juga margin keuntungan yang ingin didapatkan. 

Jangan memasang harga tanpa perhitungan yang menyebabkan kamu tidak menerima untung karena harga terlalu murah maupun konsumen enggan membeli karena harga terlalu mahal.

Metode Penjualan

Pilihan metode bisnis juga akan menjadi faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk. Misalnya saja untuk jenis bisnis kue ini, kamu bisa menjual produk secara online maupun offline dengan ada lokasi tokonya. 

Ada konsumen yang memang suka membeli online namun ada juga yang lebih suka membeli produk makanan langsung ke tokonya. Ini sebenarnya sangat dipengaruhi oleh kelompok konsumen yang kamu targetkan. 

Jika bisa menjual produknya lewat fasilitas online dan offline secara bersamaan maka akan jadi jauh lebih baik. Khusus untuk penjualan offline, pastikan kamu menyediakan toko yang nyaman dan didesain sebaik mungkin agar menarik konsumen.

Promo yang Ditawarkan

Konsumen juga biasanya akan merasa tertarik jika ada promo yang menguntungkan. Saat menjual produk, kamu sebaiknya juga memikirkan jenis promo atau diskon apa saja yang cocok untuk ditawarkan. 

Semakin menarik promonya maka akan semakin besar peluang orang untuk membeli dan semakin tinggi juga angka penjualan yang bisa dicapai. Tapi ingat, perhitungan promo ini juga harus dilakukan dengan cermat.

Jangan sampai sembarangan memberi penawaran promo yang tidak menguntungkan bisnismu. Promo tersebut harus menarik konsumen tapi tetap bisa memberikan keuntungan, walaupun mungkin jumlahnya tidak terlalu besar. 

Siap untuk Mengembangkan Bisnis Kue Lebih Jauh Lagi? 

Setelah mengetahui faktor apa saja yang akan berpengaruh pada minat konsumen untuk membeli produk, maka kamu bisa mengambil langkah yang tepat. Kamu jadi tahu apa saja yang harus diperhatikan agar bisnis kue bisa berkembang lebih jauh lagi. 

Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah menyusun strategi untuk mencapai angka penjualan yang lebih tinggi. Kunci kesuksesan sebuah bisnis memang terletak pada tingginya jumlah konsumen dan angka penjualan. 

Oleh sebab itu, perhatikan dengan baik perilaku konsumen bisnismu dan fokuslah pada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selalu lakukan evaluasi dan tingkatkan kualitas produk maupun pelayanan demi kepuasan konsumen. 

Ini juga akan menjadi strategi yang efektif untuk bersaing dengan kompetitor. Setelah mengetahui apa saja faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk, kini kamu siap mengembangkan bisnis lebih jauh lagi. 

Rangkul target konsumen bisnismu dengan erat dan berikan pelayanan terbaik bagi mereka. Tawarkan apa yang mereka butuhkan supaya bisnismu semakin diminati oleh banyak orang.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Dapatkan berbagai informasi seputar lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
Berlangganan
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.