Home » Strategi-bisnis » Tips Video Marketing yang Menarik untuk Bisnis Laundry

Tips Video Marketing yang Menarik untuk Bisnis Laundry

Tips Video Marketing yang Menarik untuk Bisnis Laundry

Belakangan ini membuat konten promosi bisnis dengan media video adalah salah satu paling efektif. Karena, sebuah video dapat memuat semua informasi yang perlu disampaikan. Berikut ini beberapa tips video marketing untuk bisnis laundry.

Spesifikasi Video

Sebelum membahas tentang topik apa saja yang dapat kamu tuangkan dalam video promosi bisnis laundry, berikut ini adalah spesifikasi bentuk video yang disarankan:

Ukuran

Video marketing sebuah bisnis sebaiknya cukup luwes untuk diunggah ke beberapa media sosial sekaligus. Hal ini penting untuk menghemat energi maupun biaya pembuatan video marketing.

Oleh karena itu, ukuran yang paling disarankan adalah potrait 4:5 atau 1080×1350. Dengan ukuran ini, kamu dapat mengunggah video promosi di Instagram,  WhatsApp, dan Tik Tok sekaligus.

Durasi

Menentukan durasi yang tepat juga adalah hal penting dalam membuat video marketing bisnis laundry mu. Karena, video yang terlalu panjang mungkin akan dilewatkan oleh target pasar karena bosan. Sedangkan video yang terlalu pendek mungkin kurang informatif.

Durasi video promosi yang disarankan adalah maksimal 30 detik. Sepanjang 30 detik ini kamu dapat menyampaikan semua informasi sebelum membuat pelanggan bisnismu bosan.

Pesan

Spesifikasi video berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana kamu ingin menyampaikan pesan. Pilihannya ada 3, yaitu teks, audio, atau keduanya. Metode yang paling disarankan adalah keduanya.

Kamu dapat membuat video dengan penjelasan audio sekaligus menambahkan teks. Dengan cara ini, kamu dapat menjangkau pelanggan dengan kebiasaan hanya mendengarkan audio dari video maupun yang biasa membaca teks penjelasan.

Ide Tema Video Marketing Bisnis Laundry

Setelah memahami spesifikasi video marketing yang disarankan, berikut ini adalah beberapa ide tema video marketing untuk bisnis laundry:

Kegiatan Bisnis

Tema video yang pertama adalah kegiatan bisnis laundry. Misalnya, video area kerja yang menampilkan mesin cuci dan mesin setrika uap. Video seperti ini menarik karena akan membuat konsumen percaya bahwa pakaian mereka diproses dengan peralatan yang modern.

Ide lain, dapat juga kamu membuat video proses setrika hingga bagaimana pakaian dikemas ke dalam plastik dengan rapi.

Contoh-contoh video kegiatan bisnis laundry dapat kamu intip di akun Instagram Four Laundry Menteng Dalam. Brand ini kerap mengunggah video kegiatan bisnis laundry mereka.

Menampilkan Keunggulan

Video marketing juga adalah media yang tepat untuk menonjolkan keunggulan bisnis laundry milikmu. Cara ini tidak hanya untuk menaikkan kepercayaan konsumen, tetapi juga membangun brand identity.

Kirei Wash dapat menjadi contoh bagimu. Belum lama ini, brand laundry ini mengunggah video yang menjelaskan bahwa mereka menggunakan detergen coconut oil yang ramah lingkungan.

Selain itu, Kirei Wash juga membuat video tentang proses sanitized pakaian yang memastikan layanan mereka benar-benar steril, terutama saat pandemi seperti sekarang.

Before vs After

Ide topik selanjutnya adalah before vs after. Ini adalah tema yang populer di media sosial. Kamu dapat mengaplikasikannya untuk bisnis laundry milikmu. 

Misalnya, kamu dapat merekam bagaimana pakaian kotor dari pelanggan datang dalam kantong plastik, lalu kembali ke pelanggan dalam kantong laundry dalam kondisi bersih dan wangi.

Cotton Wash laundry adalah salah satu brand yang gemar menggunakan topik ini dalam bentuk foto. Mengaplikasikan ide ini dalam bentuk video tentu akan lebih menarik.

Apalagi jika bisnis laundry milikmu tidak hanya melayani pencucian pakaian, tetapi juga sepatu, karpet, bed cover, dan sebagainya. Benda-benda ini cenderung lebih nampak perbedaan before dan after daripada pakaian.

Testimoni Pelanggan

Ide video marketing untuk bisnis laundry selanjutnya adalah testimoni pelanggan. Tak dapat disangkal bahwa testimoni atau ulasan pelanggan adalah hal penting bagi sebuah bisnis. Maka, kamu dapat membuatnya dalam bentuk video agar lebih menarik.

Misalnya, kamu dapat mengajak beberapa pelanggan setiamu untuk terlibat dalam pembuatan video testimoni untuk diunggah ke media sosial. Kamu dapat menawarkan voucher diskon untuk pelanggan yang bersedia.

Cara ini sudah diterapkan oleh Oke Wash Laundry. Pada salah satu feed Instagramnya, brand laundry ini membagikan ulang video testimoni yang diunggah pelanggan dengan akun pribadi. Kamu pun perlu melakukan hal serupa.

Fitur atau Fasilitas Bisnis

Ide lainnya adalah menjelaskan fitur atau fasilitas bisnis dalam video marketing. Masih dari Oke Wash Laundry, brand ini pernah membuat video tentang fitur pembayaran dengan dompet digital.

Fitur yang memberi kemudahan bagi pelanggan semacam ini perlu kamu informasikan dengan baik pada pelanggan. Selain kemudahan pembayaran, misalnya kamu juga dapat membuat video marketing tentang fasilitas antar jemput.

Video Edukasi

Pelanggan akan menyukai informasi yang bermanfaat. Maka, kamu dapat menyampaikan informasi edukasi berkaitan dengan dunia kebersihan. Mengapa? Karena topik ini dekat dengan bisnis laundry yang sedang kamu jalankan.

Beberapa topik yang dapat kamu coba, misalnya tips mencuci pakaian agar warna tidak cepat luntur, tips membersihkan kasur agar tidak ada tungau, dan topik-topik edukatif lainnya.

ONS Laundry telah membuat konten marketing semacam ini, namun hanya berbentuk foto. Membuatnya dalam bentuk video tentu akan lebih menarik bagi pelanggan.

Yuk, Buat Video Marketing yang Menarik!

Video adalah media yang tepat dalam menjalankan strategi marketing bisnis laundry. Meski demikian, sebagai pelaku bisnis kamu perlu memperhatikan detail eksekusi. Oleh karena itu, tips video marketing untuk bisnis laundry di atas dapat menjadi informasi penting buatmu.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis laundry kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Video Marketing yang Menarik untuk Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​