Home » Strategi-bisnis » Trik Ampuh Menarik Konsumen Baru Bisnis Laundry

Trik Ampuh Menarik Konsumen Baru Bisnis Laundry

Trik Ampuh Menarik Konsumen Baru Bisnis Laundry

Menarik konsumen baru bisnis laundry adalah salah satu hal krusial yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis kamu agar menjadi semakin besar. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memastikan bisnis laundry kamu berkembang adalah menarik konsumen baru dengan trik-trik ampuh di bawah ini!

Trik Menarik Konsumen Baru Bisnis Laundry

Menarik konsumen baru bisa menjadi salah satu langkah untuk mengembangkan bisnis laundry. Dengan menarik konsumen baru, kamu bisa mengembangkan bisnis agar mendapat pemasukan yang lebih besar. Inilah trik menarik konsumen baru yang bisa kamu lakukan, yaitu:

Aktif Melakukan Pemasaran Secara Online

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pemasaran secara online. Meningkatkan upaya pemasaran online merupakan salah satu cara terbaik bagi pemilik usaha laundry untuk memasarkan usahanya.  Berikut adalah beberapa saran untuk membantu bisnis laundry kamu sukses secara online:

  • Buat atau perbarui situs web dengan foto terbaru bisnis kamu dan informasi kontak utama (alamat, nomor telepon, email,  saluran sosial, dan lain-lain).
  • Lengkapi atau perbarui profil bisnis di sosial media brand laundry kamu.
  • Mempersingkat waktu respons untuk komentar, pesan, dan email.
  • Siapkan anggaran untuk iklan media sosial atau digital marketing. Estimasi biaya media sosial dan digital marketing biasanya mencapai 50% dari target sales. Misal, kamu menargetkan sales Rp5.000.000,00 maka kamu perlu siapkan anggaran sebesar Rp2.500.000,00. 
  • Mulailah membuat blog laundry yang berfokus pada tips dan trik laundry yang dapat digunakan pelanggan. Contoh blog yang berisi tips dan trik laundry bisa dilihat di sini
  • Mulailah mengumpulkan alamat email dan mengirimkan email untuk lebih terhubung dengan seluruh customer yang ada. 
  • Perbarui profil Google Bisnisku untuk memudahkan orang-orang menemukan bisnis laundry kamu.

Buat Diferensiasi dari Bisnis Laundry Lainnya

Langkah kedua yang perlu kamu lakukan untuk menarik konsumen baru bisnis laundry adalah membuat diferensiasi dari bisnis laundry lainnya. Apa hal unik yang bisa kamu tawarkan dari bisnis laundry kamu? 

Sebagai contoh, kamu bisa membuat dirimu sebagai satu-satunya bisnis laundry yang menyediakan arena bermain untuk anak.

Hal unik lain yang bisa kamu tawarkan, seperti satu-satunya laundry yang memanfaatkan tenaga surya untuk semua proses pengerjaan laundry. Sehingga, lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

Tambahkan Nilai Tertentu pada Bisnis di Media Sosial

Media sosial sangatlah membantu kamu, khususnya ketika kamu ingin memberi tahu pelanggan tentang penjualan dan informasi harga umum. Namun, kamu juga perlu menambahkan nilai tertentu pada bisnis kamu di media sosial.

Misalnya, kamu bisa menunjukkan betapa bisnismu care kepada pelanggan dengan membagikan tips dan trik mencuci. Beberapa ide yang bisa kamu lakukan, seperti cara menjaga pakaian agar tidak terkena lunturan saat dicuci atau cara mencuci sepatu kanvas yang baik agar awet.

Dorong Customer untuk Membuat Ulasan Online

Minta customer yang ada untuk memberikan ulasan melalui Google atau saluran media sosial kamu. Kita hidup di zaman di mana konsumen meneliti bisnis online sebelum mereka menyerahkan uang untuk membeli produk atau jasa kita.

Calon pelanggan perlu melihat bahwa orang-orang meninggalkan ulasan tentang bisnis laundry yang kamu geluti. Mulailah dari sekarang untuk meminta klien kamu yang paling setia untuk meninggalkan ulasan di Google Review atau memberikan testimoni melalui WhatsApp yang bisa kamu share langsung ke sosial media.

Jangan Abaikan Review Negatif

Ketika kamu membuka bisnismu untuk di review di ruang publik, seperti pada Google Review, maka kamu harus siap untuk menerima review negatif. Dalam kasus di mana kamu menerima keluhan, jangan biarkan keluhan tersebut berlalu begitu saja.

Tanggapi masalah secara langsung dan tunjukkan kemauan untuk memperbaiki situasi. Tawarkan solusi untuk masalah yang mereka alami, misalnya mereka mengeluhkan baju yang hilang saat laundry di tempatmu. Kamu bisa tawarkan penggantian uang atau gratis mencuci selama seminggu di tempatmu.

Sering kali, melalui kesalahan yang diperbaiki, hubungan yang baik dengan pelanggan seumur hidup menjadi terbina. Oleh karena itu, penting menanggapi keluhan seperti ini.

Mulai Program Loyalitas

Program loyalitas adalah salah satu program yang bagus untuk membentuk hubungan baik dengan pelanggan. Meskipun cara ini terbilang cukup kuno, kamu tetap bisa memanfaatkannya untuk menjalin hubungan yang baik dengan customer.

Misalnya, kamu bisa membuat kartu program loyalitas yang memberikan penawaran gratis untuk mereka yang sudah mencuci sebanyak 10 kali di tempatmu. Misalnya, “Gratis Cuci-Setrika Sebanyak 5 kg untuk yang sudah 10 kali Cuci di Sini”. 

Adanya program loyalitas ini pun dapat membuat customer lebih suka menggunakan jasa dari bisnismu.

Buat Acara yang Menarik Pelanggan Baru

Membuat acara tertentu bisa menarik pelanggan untuk tertarik dan penasaran dengan bisnis yang kamu buat. Acara ini bisa berupa opening laundry cabang dan hari ulang tahun bisnis laundry

Selain itu, kamu bisa buat acara khusus untuk seru-seruan seperti “Hari Mencuci” untuk menarik mereka datang dan menggunakan jasa kamu.

Acara tidak perlu dibuat di hotel dengan venue mewah, acara juga bisa kamu buat di halaman laundry kamu dengan mengundang sejumlah pelanggan loyal. Kamu juga bisa undang orang yang lewat untuk mampir dan coba layanan laundry kamu. Jangan lupa berikan bingkisan kecil kepada mereka yang sudah mau mampir.

Yuk, Tarik Konsumen Baru dalam Bisnis Laundry!

Menarik konsumen baru dalam bisnis laundry membutuhkan trik agar mereka mau datang dan menggunakan jasa kamu. Dengan cara menarik konsumen baru dalam bisnis laundry di atas, kamu sudah siap melebarkan sayap bisnismu dan menjadi lirikan banyak customer baru.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Trik Ampuh Menarik Konsumen Baru Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​