Home » Strategi-bisnis » Perencanaan Jangka Pendek dan Panjang Bisnis Laundry

Perencanaan Jangka Pendek dan Panjang Bisnis Laundry

Perencanaan Jangka Pendek dan Panjang Bisnis Laundry

Membangun bisnis tanpa memiliki tujuan yang ingin ditempuh sama saja seperti berkendara ke tempat asing tanpa peta atau navigasi. Maka dari itu, kamu harus membuat perencanaan bisnis dalam jangka pendek dan panjang untuk bisnis laundry kamu.

Jenis Perencanaan Bisnis Laundry

Perencanaan bisnis memiliki konten penting yang menyatakan maksud dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan atau organisasi. Biasanya, perencanaan bisnis dibuat berdasarkan target waktu, seperti berikut ini:

Perencanaan Bisnis Jangka Pendek

Biasanya, perencanaan bisnis jangka pendek dibuat dalam kurun waktu 12 bulan atau kurang dari 1 tahun dengan target pencapaian yang dibuat per hari, minggu, bulan, atau triwulan.

Bahkan, mungkin kamu akan membuat strategi “sesegera mungkin” karena situasi tertentu, seperti saat pandemi kemarin.

Dari sisi ekonomi, sosial, dan politik yang tidak menentu, membuat banyak perusahaan yang mengubah strategi bisnis mereka supaya perusahaan mereka tetap berjalan dengan lancar.

Seperti contoh, para pemilik usaha rumah makan yang tadinya fokus memberikan layanan secara offline, karena adanya social distancing, mereka jadi kesulitan mendapat pelanggan.

Akhirnya, demi keberlanjutan bisnis, mereka mendaftarkan rumah makan mereka di berbagai platform delivery, seperti GoFood, GrabFood, hingga ShopeeFood. Supaya pelanggan tetap bisa menikmati hidangan mereka tanpa harus keluar rumah.

Perencanaan Bisnis Jangka Menengah

Biasanya, pembuataan rencana jangka menengah untuk menerapkan solusi dari masalah-masalah yang terjadi saat perencanaan jangka pendek berlangsung.

Sebagai contoh, bisnis laundry kamu mendapatkan komplain berupa masalah dalam kualitas pelayanan. Maka, perencanaan jangka menengah ini dibuat untuk merevisi dan memperkuat program perencanaan bisnis yang sudah dibuat untuk mengendalikan kualitas pelayanan.

Jadi, apabila terjadi sebuah masalah atau kegagalan saat menjalankan perencanaan jangka pendek. Perencanaan jangka menengah inilah yang berfungsi untuk menerapkan kebijakan dan prosedur. Demi memastikan masalah yang terjadi dalam jangka pendek tidak terulang kembali.

Perencanaan Bisnis Jangka Panjang

Perencanaan jangka panjang biasanya dibuat oleh perusahaan untuk mencapai target yang ingin dituju. Berbeda dari jangka pendek dan menengah, jangka panjang dibuat untuk menghadapi berbagai situasi yang sudah diprediksi, seperti sosial, ekonomi, dan politik.

Saat perencanaan jangka pendek dan jangka menengah berhasil, perencanaan jangka panjang dibuat untuk mempertahankan pencapaian tersebut dan memastikan semua target tercapai sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

Cara Membuat Perencanaan Bisnis SMART

Salah satu cara membuat perencanaan bisnis adalah dengan membuat strategi yang terukur dan dan dapat kamu laksanakan. Kamu bisa membuat perencanaan bisnis dengan menggunakan rumus SMART (specific, measurable, achievable, relevant, dan time-based). Berikut penjelasannya:

Specific

Supaya tujuan yang kamu buat menjadi efektif, maka kamu harus membuat perencanaan bisnis yang spesifik. Untuk memudahkan kamu menemukan tujuan yang spesifik, kamu bisa menjawab pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang ingin dicapai?
  • Siapa yang bertanggung jawab untuk itu?
  • Langkah apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya?

Dengan memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini, kamu akan mengetahui tujuan apa yang ingin kamu capai.

Measurable

Kamu harus memiliki tujuan yang dapat terukur dan selaras dengan strategi perencanaan bisnis jangka pendek.

Achievable

Dalam tahapan ini, kamu harus memeriksa dan memastikan tujuan perencanaan berada di dalam jangkauan waktu yang sudah kamu tentukan. Jadi, buatlah perencanaan yang realistis dengan kondisi bisnis kamu saat ini.

Relevant

Buatlah sebuah rencana yang sekiranya relevan dengan bisnis kamu. Jika kamu mengincar penjualan, mungkin menambah karyawan bukan tujuan utama kamu

Daripada sibuk mencari karyawan professional, mungkin kamu bisa lebih fokus memberikan pelayanan terbaik. Seperti membeli mesin cuci baru, supaya kuota laundry meningkat, aktif di media sosial untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, dan lain sebagainya.

Time-Based

Menentukan kerangka waktu sangat penting untuk mencapai tujuan. Tidak hanya untuk mengidentifikasi hasil akhir, tetapi juga memotivasi kamu dan tim untuk mencapai tujuan tersebut.

Untuk kesuksesan strategi bisnis yang sudah kamu rancang, kamu bisa coba menggunakan template timeline ini. Lalu, print dan tempel di tempat bisnis, supaya kamu dan tim bisa termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Contoh Perencanaan Bisnis Laundry

Berikut ini contoh perencanaan bisnis laundry dengan menggunakan rumus SMART di atas:

Meningkatkan Profit

Meningkatkan profit adalah salah satu rencana bisnis jangka pendek yang bisa kamu buat dengan rumus, seperti berikut:

  • Specific: Mengurangi pengeluaran tidak terduga setiap bulan yang akan menghemat 5% biaya operasional.
  • Measurable: Meningkatkan penjualan selama 3 bulan ke depan dengan mendapatkan 10 klien potensial.
  • Achievable: Meningkatkan hubungan dengan pelanggan saat ini dan mempromosikan bisnis melalui word of mouth dan media sosial. Kegiatan ini akan membantu bisnis mendapatkan prospek.
  • Relevant: Mencari vendor baru yang menawarkan harga yang lebih terjangkau demi mengurangi biaya operasional bisnis dan memberikan ruang untuk meningkatkan keuntungan.
  • Time-Based: Meningkatkan keuntungan dalam 6 bulan mendatang.

Mengembangkan Bisnis

Umumnya, mengembangkan bisnis adalah contoh rencana bisnis jangka panjang. Maka, kamu bisa membuat perencanaan bisnis laundry dengan rumus berikut ini:

  • Specific: Membuka tiga cabang lagi di Jakarta Selatan dalam 5 tahun.
  • Measurable: Tujuan pengembangan bisnis ini adalah untuk meningkatkan operasi dan pendapatan bisnis. Kegiatan ini akan membantu kami untuk menambah tiga cabang lagi.
  • Achievable: Meningkatkan kegiatan promosi melalui media sosial, brosur, broadcast message yang akan meningkatkan 25% layanan. Pendapatan ini akan kami alihkan untuk perencanaan pembukaan tiga cabang terbaru di Jakarta Selatan.
  • Relevant: Meningkatkan layanan, operasi, dan pendapatan akan mendatangkan klien yang lebih banyak, sehingga rencana pembukaan cabang baru tidak akan sia-sia.
  • Time-Based: Membuka tiga cabang baru dalam lima tahun ke depan.

Yuk, Buat Perencanaan Jangka Pendek dan Panjang Untuk Bisnis Laundry!

Dengan membuat perencanaan jangka pendek dan panjang ini akan membantu kamu dan tim tetap fokus mencapai tujuan bersama. Tidak hanya bisnis laundry saja, industri apapun juga harus buat perencanaan bisnis ini. 


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis laundry kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Perencanaan Jangka Pendek dan Panjang Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​