Home » Strategi-bisnis » Strategi Promosi Mulut ke Mulut dalam Bisnis Laundry

Strategi Promosi Mulut ke Mulut dalam Bisnis Laundry

Strategi Promosi Mulut ke Mulut dalam Bisnis Laundry

https://koinworks.com/strategi-bisnis/pelanggan-setia-bisnis-wisata/Pada dasarnya, setiap bisnis harus memiliki pemasaran yang tepat. Salah satu bentuk pemasaran bisnis yang banyak digunakan adalah promosi mulut ke mulut atau Word of Mouth. Lalu, bagaimana strategi promosi mulut ke mulut dalam bisnis laundry? Simak ulasannya di bawah ini!

Cara Promosi Mulut ke Mulut Bisnis Laundry

Semakin banyak bisnis laundry yang buka, maka semakin banyak pula saingan. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan pemasaran yang kompetitif. Salah satunya dengan menggunakan Word of Mouth (WOM). Berikut strategi WOM dalam bisnis laundry:

Melampaui Ekspektasi dari Konsumen

Berdasarkan pendapat dari berbagai pengusaha, seorang pebisnis harus menciptakan layanan yang bisa mengubah pelanggan menjadi penggemar. Maksudnya, layanan yang kamu buat harus membimbing pelanggan agar tetap menggunakannya. Oleh sebab itu, loyalitas pelanggan pun kian meningkat.

Jika kamu sudah berhasil mencapai tahap ini, maka kamu telah berhasil melampaui ekspektasi dari pelanggan. Dengan demikian, layanan laundry yang kamu tawarkan sudah menarik hati mereka.

Promosi mulut ke mulut terjadi karena adanya interaksi pelanggan yang merasa bahwa bisnis laundry milikmu sudah melampaui prediksi. Oleh sebab itu, kepuasan pelanggan adalah kunci utama berhasilnya bisnis. 

Untuk melakukan cara ini, kamu tidak perlu mengadakan diskon atau memberikan hadiah kepada pelanggan, namun cukup dengan mengupgrade layanan dan selalu menjalin komunikasi secara baik.

Sebagai contoh, misalnya pelanggan berekspektasi laundry di tempatmu bisa membuat pakaian mereka wangi. Namun, ternyata diluar ekspektasi mereka, laundry kamu bisa menghasilkan pakaian yang wangi, bersih, dan rapi.

Menarik Perhatian Pelanggan

Setiap pebisnis tentunya ingin usaha mereka menarik perhatian orang-orang, sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Untuk menarik perhatian, kamu bisa membuat penawaran tertentu. Misalnya, seperti promo cuci 5 baju dengan sabun premium, diskon, giveaway, dan lain sebagainya.

Dengan penawaran-penawaran tersebut, pelanggan bisnis laundry kamu akan melakukan promosi mulut ke mulut. Jadi, WOM dalam bisnis laundry bisa terjadi dengan mudah. Untuk melakukan strategi ini, memang dibutuhkan kreativitas yang tinggi.

Jika perlu, lakukan juga riset tentang alasan apa yang membuat pelanggan tertarik menggunakan jasa laundry. Sebagai contoh, pelanggan lebih suka wangi sabun yang digunakan oleh jasa laundry, tidak perlu menyetrika di rumah, pakaian akan lebih rapi, dan lain sebagainya.

Menciptakan Pengalaman Terbaik

Semua usaha akan menghasilkan keuntungan, jika memiliki keunggulannya tersendiri. Baik itu usaha besar maupun kecil sekalipun. Oleh sebab itu, kamu harus menemukan strategi untuk membedakannya. 

Bukan hanya sekedar menawarkan jasa laundry dan memuaskan, kamu juga perlu memberikan kejutan kepada pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan merasakan pengalaman terbaiknya dalam menggunakan jasa laundry milikmu.

Lantas, bagaimana cara melakukannya? Kamu bisa memberikan pelayanan laundry kepada pelanggan dengan hal-hal tertentu, tentunya agar menjadi pengalaman, maka berikan secara spesial dan tidak terlupakan.

Sebagai contoh, apabila kamu menjalankan bisnis laundry, maka kamu bisa menyediakan pewangi pakaian yang harum, menyetrika pakaian dengan teliti. Kemudian, pastikan sabun yang digunakan untuk mencuci bisa melembutkan pakaian dan lain sebagainya.

Berikan Wadah Ulasan

Ketika menjalankan promosi promosi mulut ke mulut dalam bisnis laundry, komunikasi dan interaksi dengan pelanggan menjadi kunci keberhasilannya. Oleh sebab itu, kamu perlu menyediakan wadah sebagai penampungan ulasan mereka tentang jasa laundry milikmu.

Dengan begitu, pelanggan lebih mudah dalam meninggalkan review dan ulasannya. Ini juga memungkinkan pelanggan memberikan rekomendasi untuk menggunakan bisnis laundry yang kamu punya.

Untuk memastikan cara ini berhasil, kamu bisa mengaktifkan fitur ulasan yang ada di akun Facebook dan website milik bisnis laundrymu. Sehingga, pelanggan bisa memberikan ulasan dengan lebih bebas.

Menjalin Hubungan yang Akrab

Agar promosi mulut ke mulut terjadi pada bisnis laundry, maka kamu harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Maksudnya, jalinlah hubungan yang terbilang akrab, aktif, dan komunikatif.

Ada beberapa cara yang bisa menciptakan hubungan yang baik, seperti mengobrol, saling berkirim pesan, melakukan panggilan telepon, berkomunikasi dengan media sosial, dan berbalas email.

Komunikasi dalam promosi mulut ke mulut sangatlah berperan penting, karena pelanggan yang akan melakukan strategi tersebut. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk meminta saran dan kritik dari pelanggan.

Meskipun ada saran dan kritik yang membuat kesal, namun hal itulah yang bisa dijadikan sebagai motivasi untuk memperbaiki layanan jasa laundry milikmu. Dengan demikian, kualitas bisnis laundrymu bisa meningkat.

Gunakan Kehumasan

Agar WOM dalam bisnis laundry bisa terjadi, kamu bisa menggunakan kehumasan sebagai strategi untuk menjaga nama baik bisnis di mata khalayak umum. Walaupun bisnis laundry milikmu kecil, namun menjalin hubungan dengan influencer, wartawan, stasiun radio, dan surat kabar  harus tetap berkembang.

Kamu bisa mengajukan informasi tentang perkembangan dan rencana yang dimiliki oleh bisnis laundrymu kepada mereka. Secara umum, promosi mulut ke mulut  tidaklah mudah. Namun, dengan adanya perencanaan bisnis yang strategis, kamu bisa menciptakan inovasi dan keuntungan yang berlimpah.

Selain itu, janganlah merasa takut dalam mengambil risiko, karena strategi jenis ini memang membutuhkan kreativitas dan pemikiran yang luas. Word of Mouth adalah bentuk pemasaran produk atau jasa yang dinilai langsung dari kepuasan pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh target pasar atau pelanggan baru. 

Sudahkah Kamu Melakukan Promosi Mulut ke Mulut Pada Bisnis Laundry?

Enam strategi di atas dapat membantu kamu untuk menciptakan promosi mulut ke mulut dalam bisnis laundry terjadi. Dengan begitu, pemasaran pun akan berhasil dan menghasilkan keuntungan terhadap bisnismu. Selamat mencoba, ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Promosi Mulut ke Mulut dalam Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​