Home » Strategi-bisnis » Tips Copywriting Ampuh Untuk Tingkatkan Omset Bisnis Laundry

Tips Copywriting Ampuh Untuk Tingkatkan Omset Bisnis Laundry

Tips Copywriting Ampuh Untuk Tingkatkan Omset Bisnis Laundry

Bisnis laundry merupakan salah satu bisnis yang menjamur dengan tingkat persaingan yang sangat ketat. Kamu bisa menemui bisnis laundry ini menjamur di daerah sekitar kampus, perkantoran, pabrik, dan perumahan. Untuk meningkatkan omset dan branding bisnis laundry, kamu bisa menggunakan strategi copywriting

Tips Buat Copywriting untuk Bisnis Laundry

Dalam pembuatan copywriting untuk bisnis laundry, kamu harus menentukan strategi dan konsep copywriting yang akan kamu gunakan. Jika tujuan kamu ingin meningkatkan penjualan dan omset bisnis laundry, kamu bisa menggunakan strategi copywriting hard selling. Berikut ini tips pembuatan copywriting hard selling:

Gunakan Kalimat Persuasif

Dalam strategi hard selling bisnis laundry, copywriting yang persuasif bisa kamu gunakan untuk mengajak audiens menggunakan layanan laundry yang kamu miliki. Karena memiliki tujuan untuk memotivasi dan mengajak audiens, sebuah copywriting harus mengandung kalimat persuasif atau ajakan.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat persuasif yang merupakan konten dari bisnis Laundry Aja di daerah Malang, Jawa Timur:

  • Handuk kamu kotor? Laundry Aja!
  • Butuh cuci bersih yang cepat? Laundry Aja!
  • Sibuk kerja? Gak sempat cuci baju sendiri? Laundry Aja!
  • 2022 masih nyuci sendiri? Laundry Aja!

Beberapa contoh kalimat persuasif tersebut bisa kamu adaptasi dan kamu selipkan dalam konten copywriting bisnis laundry kamu. Pastikan jika kalimat selalu berakhiran dengan tanda seru (!), untuk menegaskan jika kalimat tersebut adalah kalimat ajakan.

Highlight Kalimat Promosi dan Penawaran

Konten copywriting yang mengandung unsur promosi atau penawaran biasanya juga dapat menarik perhatian dari audiens. Kamu bisa memanfaatkan momen-momen tertentu untuk memberikan konten copywriting yang mengandung unsur promosi atau penawaran kepada audiens.

Kamu bisa memanfaatkan beberapa momen, seperti grand opening, hari libur nasional, hari kemerdekaan, hari raya, bahkan tanggal-tanggal cantik untuk memberikan promo kepada pelanggan.

Penempatan kalimat promosi dan penawaran dalam konten copywriting juga harus dilakukan dengan tepat. Jangan sampai kamu menempatkan kalimat promosi atau penawaran di sudut atau bagian konten yang jarang dilihat oleh audiens!

Oleh karena itu, penting sekali untuk meng-highlight kalimat promosi dan penawaran, agar tujuan promosi kamu dapat tercapai. Selain menggunakan kata-kata yang menarik, kamu juga bisa menempatkan konten promosi ini di awal atau akhir kalimat dengan menggunakan ukuran huruf yang besar.

Tujuan penggunaan ukuran huruf yang besar adalah agar konten promo tersebut dapat menarik perhatian dan fokus audiens dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat promosi atau penawaran yang bisa kamu tambahkan untuk konten copywriting dalam bisnis laundry kamu:

  • Minimal cuci 3 kg, dapat cashback 30%!
  • Diskon hari kemerdekaan! Minimal cuci 50.000 dapat diskon 17.000!
  • Ambil paket 2, gratis setrika! Promo hanya sampai besok!
  • 10 pelanggan pertama, gratis cuci hingga 2 kg!

Berikan Batas Waktu Penawaran

Selain konten promo dan penawaran yang menarik, kamu juga bisa menambahkan statement akhir, seperti batas waktu penawaran untuk membuat audiens buru-buru melakukan transaksi.

Pemberian batas waktu penawaran bisa kamu gunakan untuk memicu konsumen agar mempercepat tindakan pembelian layanan dalam bisnis laundry kamu. Cara ini sudah banyak digunakan oleh beberapa bidang bisnis lainnya, seperti makanan cepat saji dan bisnis kopi kekinian.

Penggunaan kalimat yang bertujuan untuk memberikan batas waktu penawaran ini juga bisa kamu highlight secara bersamaan dengan promo yang kamu tawarkan. Berikut ini adalah beberapa contoh copywriting yang mengandung kalimat batas waktu penawaran:

  • Hanya untuk hari ini! Gratis cuci setrika untuk semua pelanggan!
  • Dapatkan diskon hingga 60% setiap cuci hari Senin!
  • Cashback 17% hanya untuk hari ini dan besok!
  • Diskon hingga 75%, berlaku tiap Rabu, jam 11 hingga jam 1 siang!

Tambahkan Visual yang Atraktif

Visual yang atraktif juga merupakan kunci keberhasilan konten copywriting. Karena visual yang atraktif biasanya lebih mudah untuk menarik perhatian audiens dalam konten copywriting.

Visual yang atraktif dalam bisnis laundry dapat berupa gambar mesin cuci, tumpukan pakaian, sepatu, setrika, pakaian bersih, dan lain sebagainya. 

Jika kamu membutuhkan referensi untuk tampilan visual konten copywriting yang menarik. Kamu bisa melihat beberapa konten dari Laundry Aja, Ion Coin Laundry Surabaya, Simply Fresh Laundry, Classy Laundry Surabaya, dan lain-lain.  

Gunakan Kalimat Singkat dan Lugas

Konten copywriting juga harus menyesuaikan dengan media publikasi yang akan kamu pakai. Jika media publikasi kamu adalah media sosial, seperti Instagram, Tiktok, atau Facebook. Lebih baik kamu menggunakan kalimat yang singkat dan lugas.

Karena audiens media sosial biasanya lebih menyukai konten dengan kalimat yang singkat dan tampilan yang menarik. Jika konten copywriting kamu mengandung kalimat yang banyak dan bertele-tele, maka audiens akan cepat beralih dari konten kamu.

Oleh karena itu, gunakan kalimat yang singkat, namun dapat mewakili makna yang ingin kamu sampaikan. 

Sebagai contoh, jika kamu ingin membuat konten promosi grand opening, usahakan kamu hanya menuliskan kalimat yang berhubungan dengan konten grand opening tersebut saja. Jangan bahas, sejarah, tim pekerja, atau bahkan aspek lain di luar konten grand opening bisnis laundry tersebut!

Sudah Tahu Cara Buat Copywriting Untuk Bisnis Laundry?

Lima tips konten copywriting tersebut tidak hanya bisa kamu terapkan untuk bisnis laundry saja. Kamu juga bisa menggunakan tips tersebut untuk konten copywriting bisnis lainnya dengan menyesuaikan penggunaan kalimat dan konteks kata-katanya. Jadi tunggu apa lagi? Buat konten copywriting untuk bisnis laundry kamu sekarang!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Copywriting Ampuh Untuk Tingkatkan Omset Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​