Home » Strategi-bisnis » Strategi Memperoleh Investor Baru untuk Bisnis Laundry

Strategi Memperoleh Investor Baru untuk Bisnis Laundry

Strategi Memperoleh Investor Baru untuk Bisnis Laundry

Bisnis laundry adalah salah satu bisnis yang bisa dilakoni secara kecil-kecilan. Namun, mengembangkan bisnis laundry hingga membuka toko cabang adalah impian banyak pebisnis di bidang ini. Salah satu cara untuk mengembangkannya adalah dengan memanfaatkan dana dari investor bisnis laundry

Strategi Memperoleh Investor Baru Bisnis Laundry

Memperoleh investor baru adalah salah satu langkah yang bisa digunakan untuk membuat bisnis laundry kamu menjadi lebih berkembang. Bagaimana cara memperoleh investor untuk mengembangkan bisnis laundry? Simak caranya berikut ini:

Buat Diferensiasi pada Bisnis Kamu

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis laundry adalah dengan membuat diferensiasi atau faktor pembeda yang membuat bisnis laundry kamu berbeda dengan yang lain.

Bisnis laundry umumnya menyediakan layanan seperti cuci setrika, antar jemput, layanan express yang bisa ditunggu, dan lainnya. Tapi layanan ini tentunya sudah biasa dan tidak akan menggugah minat investor.

Coba pikirkanlah bagian-bagian lain yang bisa dikembangkan dari bisnis laundry kamu. Misalnya, kamu menyediakan layanan café, resto, atau arena permainan arcade untuk mereka yang sedang menunggu laundry-nya diselesaikan. 

Biaya membuat layanan baru ini mungkin bisa 3x lipat lebih besar daripada biaya bisnis laundry itu sendiri.

Misal, kamu membutuhkan modal Rp100.000.000,00 untuk membuat bisnis laundry. Sementara untuk membuat layanan tambahan seperti cafe, resto, atau arena permainan arcade bisa menghabiskan uang hingga Rp300.000.000,00. Oleh karena itu, dana investor pun sangatlah dibutuhkan.

Konsep bisnis seperti ini sudah pernah dilakukan oleh bisnis lain, seperti IKEA yang menyediakan arena restoran di dalam showroom-nya. Cara seperti ini pun berhasil membantu IKEA untuk memperoleh income tambahan dari bisnis restonya.

Kamu juga bisa menyediakan opsi cuci sendiri menggunakan coin laundry bagi mereka yang tidak ingin cuciannya dikerjakan oleh orang lain. Model bisnis ini juga bisa dibarengi dengan aplikasi atau website yang menyediakan informasi mesin cuci yang tersedia atau lokasi laundry itu sendiri, jika kamu sudah punya banyak cabang.

Jam Operasional

Jam operasional menjadi salah satu hal yang krusial bagi pebisnis laundry. Pastikan laundry buka pada waktu yang tepat untuk melayani pelanggan. Laundry tidak hanya bisa buka di jam-jam orang sedang bekerja, karena bisa dipastikan kamu akan mendapatkan customer dalam jumlah sedikit.

Minimnya jumlah customer tentu akan membuat investor ragu untuk berbisnis denganmu. Bisnis laundry pun harus buka saat pelanggan ada dan tidak sedang bekerja, termasuk larut malam, pagi hari, dan akhir pekan.

Kamu harus meyakinkan investor bahwa bisnismu akan selalu buka, sehingga dapat menggaet lebih banyak customer di jam berapapun.

Biaya Utilitas

Mesin cuci dan pengering komersial dapat menggunakan energi listrik dan air dalam jumlah yang tidak sedikit. Inilah yang disebut dengan biaya utilitas. Biaya ini secara langsung mempengaruhi profitabilitas investasi binatu kamu.

Oleh karena itu, kamu juga perlu berfokus pada biaya utilitas dan mengendalikannya dengan berinvestasi pada mesin cuci komersial. Karena lebih hemat energi dan air, serta memelihara peralatan dan fasilitas binatu komersial.

Salah satu mesin cuci yang direkomendasikan untuk kamu adalah LG Frond Loading FM1208N3W yang bisa menampung hingga 8 kg cucian. Kabar baiknya, jika mesin cuci seharga Rp5.000.000,00 ini mengalami masalah. 

Kamu bisa mengecek dan mendeteksi masalahnya melalui smartphone, sehingga kamu tidak perlu sering mencari jasa service.

Apabila biaya utilitas bisnis kamu terlalu membengkak, tentunya dapat membuat investor ragu untuk berinvestasi. Karena khawatir tidak segera memperoleh return atau imbal hasil dari bisnismu.

Maka, usahakanlah ketika sedang mencari investor, tunjukkan jumlah laporan keuangan yang positif dari bisnismu. Agar investor percaya bahwa bisnismu adalah bisnis yang punya masa depan. Lihat contoh laporan keuangan di sini.

Miliki Supervisi dalam Menjalankan Bisnis Laundry

Dalam menjalankan bisnis laundry, kamu harus memiliki supervisi dalam menjalankan bisnis. Beberapa supervisi yang dimaksud, seperti memastikan semua fasilitas dibersihkan oleh karyawan dan memastikan semua mesin cuci serta fasilitas lainnya bisa bekerja dengan baik.

Sebagai pemilik bisnis laundry, kamu juga harus memonitor review customer terhadap bisnismu di media online, seperti sosial media maupun Google Review. Ini adalah salah satu langkah untuk mengetahui apa yang terjadi dalam bisnismu saat kamu tidak di sana.

Dalam hal mengembangkan bisnis laundry dan menarik investor baru. Memiliki supervisi menunjukkan bahwa kamu memiliki kapabilitas dan power dalam menjalankan bisnis tersebut, sehingga dapat memberikan keuntungan bersama.

Perluas Jaringan Bisnis

Sebagai pemilik bisnis laundry, jangan lupa untuk memperkenalkan bisnis laundry kamu kepada sahabat, kerabat, dan kolega. Agar mereka juga dapat memperkenalkan bisnis kamu kepada jaringannya. 

Hal ini pun akan membantu kamu untuk menarik lebih banyak customer untuk meningkatkan kepercayaan investor pada bisnis kamu.

Dapatkan Investor Baru untuk Kembangkan Bisnis Laundry!

Menemukan investor baru dalam bisnis laundry adalah hal yang bisa dibilang cukup sulit jika kamu belum memahami strateginya. Dengan strategi di atas, kamu bisa menemukan investor baru dengan mudah.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Memperoleh Investor Baru untuk Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​