Home » Strategi-bisnis » Strategi Jitu Meningkatkan Omset Bisnis Laundry

Strategi Jitu Meningkatkan Omset Bisnis Laundry

Strategi Jitu Meningkatkan Omset Bisnis Laundry

Jasa laundry banyak dibutuhkan oleh masyarakat modern yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja. Tantangan terbesar bisnis laundry biasanya terjadi ketika kamu ingin meningkatkan omset bisnis. Penasaran bagaimana caranya? Ini dia strategi jitunya!

Strategi Jitu Meningkatkan Omset Bisnis Laundry

Banyak orang memilih untuk berbisnis laundry karena bisnis ini dapat menjanjikan omset dan keuntungan yang besar. Ini cara meningkatkan omset dalam bisnis laundry yang bisa kamu terapkan:

Terapkan Strategi Geomarketing

Geomarketing adalah salah satu bentuk pemasaran yang memanfaatkan lokasi atau geografis dalam mempromosikan suatu produk atau jasa. Bisnis laundry adalah salah satu bisnis jasa yang tentunya tidak bisa dikirimkan ke daerah lain, layaknya bisnis produk.

Kamu hanya bisa menyediakan jasa layanan laundry kepada orang-orang yang ada di daerah tertentu saja. Oleh karena itu, strategi geomarketing adalah bentuk marketing yang sangat cocok untuk meningkatkan omset bisnis laundry.

Dengan strategi geomarketing, kamu bisa berfokus untuk menggaet customer yang ada di wilayah bisnismu. Customer ini pun tidak selalu warga lokal, bisa juga turis atau orang-orang yang mengunjungi wilayah tempatmu membuat bisnis tersebut. Ada cara yang bisa kamu lakukan ketika menerapkan strategi ini, yaitu:

Tentukan Jangkauan Audiens

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jangkauan audiens. Jangkauan audiens yang dimaksud adalah audiens seperti apa yang ingin kamu targetkan. Jangkauan audiens ini meliputi demografi, seperti rentang usia, jenis kelamin, dan lainnya, serta psikografi seperti hobi, kebiasaan, dan preferensi.

Misalnya, kamu ingin menargetkan pasangan suami istri yang sibuk bekerja, sehingga tidak sempat mencuci pakaian sendiri atau turis-turis yang kebetulan melancong ke daerahmu dalam waktu yang lama.

Manfaatkan Google Maps

Di masa kini, banyak sekali orang yang memanfaatkan Google Maps untuk mencari lokasi tertentu, seperti pusat perbelanjaan, pom bensin, ataupun layanan laundry. Di sinilah kamu bisa memanfaatkan Google Maps untuk meningkatkan jumlah customer yang berujung pada meningkatnya omset.

Cara paling mudah adalah dengan mendaftarkan bisnismu ke dalam Google Maps. Ketika mendaftarkan bisnis ke Google Maps, maka secara otomatis bisnismu akan muncul juga di peta layanan ojek online Gojek atau Grab.

Mendaftarkan bisnis ke Google Maps juga membantu bisnismu menjadi lebih dipercaya atau kredibel. Sehingga, lebih banyak customer yang datang dan dapat meningkatkan omset bisnis laundry kamu. Cara mendaftarkan lokasi bisnis ke Google Maps bisa dilihat di sini.

Mengoptimalkan Konten untuk Audiens Lokal

Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan konten untuk audiens lokal. Hal ini bertujuan untuk membangun kedekatan antara bisnis dengan customer. Kamu bisa memanfaatkan Instagram untuk membagikan konten yang berkaitan dengan audiens.

Misalnya, kamu membuat konten tentang tutorial agar pakaian tidak luntur ketika dijemur. Konten seperti ini tentunya relate dengan audiens asal Indonesia yang memang terpapar dengan banyak sinar matahari.

Strategi Word of Mouth

Word of mouth adalah strategi marketing yang sangat kuno, namun untuk audiens dalam lokasi tertentu cara ini masih bisa berhasil untuk meningkatkan omset bisnis laundry.

Strategi word of mouth yang bisa kamu lakukan adalah mengajak teman-teman, keluarga, kerabat, dan lainnya untuk merekomendasikan bisnis laundry kamu kepada kenalannya. Berikan hadiah berupa free laundry atau komisi kepada mereka yang berhasil mengajak customer datang ke laundry kamu.

Menambah Layanan Laundry

Laundry pada umumnya menyediakan jasa cuci setrika pakaian atau dry clean untuk pakaian-pakaian tertentu yang tidak boleh terpapar air dan deterjen, seperti gaun dan kebaya. Tapi, jika kamu menambahkan layanan lain yang lebih variatif, tentu customer akan lebih tertarik, karena ada banyak pilihan layanan.

Kamu bisa tambahkan layanan lain, seperti cuci sepatu dan tas serta cuci helm. Kamu juga bisa tambahkan opsi layanan, seperti cuci saja atau setrika saja untuk mereka yang hanya membutuhkan layanan tersebut. Variasi layanan ini juga secara langsung akan membantu meningkatkan omset bisnis laundry kamu.

Efisiensi dalam Pengerjaan Laundry

Laundry pakaian biasanya butuh waktu 3-4 hari. Namun, kalau kamu bisa jadikan waktu laundry menjadi lebih cepat, yaitu antara 1-2 hari, ini tentunya akan membuat customer makin senang dengan pelayananmu.

Kamu juga bisa tambahkan opsi layanan laundry express yang mana pakaiannya bisa ditunggu. Layanan ini biasanya cocok untuk wisatawan yang tidak menetap lama di lokasi tempat kamu membuka bisnis laundry. Biasanya, layanan laundry express ini membutuhkan waktu 3-6 jam.

Dengan adanya layanan yang cepat ini akan membantu kamu bekerja lebih cepat, sehingga kamu bisa mengambil pesanan laundry lainnya juga. Hal ini pun tentu akan meningkatkan omset bisnis laundry kamu.

Buat Jadwal yang Teratur untuk Karyawan

Cara ampuh meningkatkan omset bisnis laundry yang terakhir adalah dengan membuat jadwal yang teratur untuk para karyawan. Tempatkan karyawan-karyawan yang cepat dan tanggap di hari-hari sibuk, seperti weekend. Dimana banyak orang butuh pakaiannya untuk digunakan pada hari Senin.

Jadwal yang teratur tidak hanya membuat pekerjaan dalam bisnis laundry kamu menjadi lebih efisien, tetapi juga membuat ekosistem bekerja yang lebih sehat untuk karyawan. Sehingga, mereka bisa bekerja lebih semangat dan giat untuk meningkatkan omset bisnis laundry kamu.

Yuk, Tingkatkan Omset Bisnis Laundry dari Sekarang!

Itulah cara meningkatkan omset bisnis laundry. Terapkan strategi di atas dari sekarang, agar semakin banyak customer yang datang ke bisnismu.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Jitu Meningkatkan Omset Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​