Home » Strategi Bisnis » 5 Cara agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor untuk Bisnis Thai Tea

5 Cara agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor untuk Bisnis Thai Tea

5 Cara agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor untuk Bisnis Thai Tea

Persaingan bisnis di zaman sekarang memang berjalan begitu ketat. Terutama untuk bisnis minuman kekinian seperti Thai Tea. Perlu diterapkan cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor. Ini akan membantu produkmu terlihat berbeda, jauh lebih menarik, dan tentunya bisa laris manis di pasaran melebihi produk milik kompetitor. 

Bersaing di dunia bisnis memang butuh kreativitas yang tinggi. Bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis Thai Tea secara optimal, mari simak bagaimana caranya agar produkmu terlihat berbeda dan istimewa.

Cara agar Produk Kamu Berbeda dari Kompetitor

Perencanaan sebuah produk memang tidak mudah. Jika ingin produknya laris manis di pasaran, maka harus ada teknik yang tepat untuk dipraktikkan. Jangan mau menjual produk yang sama seperti kompetitor hingga terlihat biasa saja di mata publik. 

Berikut adalah lima cara yang bisa diterapkan untuk membuat produk yang berbeda dari kompetitor:

Kumpulkan Referensi

Langkah pertama, kamu harus mengumpulkan referensi sebanyak mungkin terlebih dahulu. Saat ini ada banyak sekali kompetitor yang berjualan Thai Tea. Jadi kamu harus memahami kondisi kompetitormu sebelum menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda untuk bisnismu sendiri. 

Kumpulkan referensi sebanyak mungkin sehingga kamu bisa melihat seperti apa produk-produk yang beredar di pasaran saat ini. Tempatkan dirimu sebagai konsumen Thai Tea. Bahkan kamu bisa mencoba membeli beberapa produk Thai Tea dari brand yang berbeda-beda. 

Cari tahu letak perbedaan dan persamaannya. Dari sini kamu bisa menciptakan produk Thai Tea yang pasti akan berbeda karena sudah ada banyak pandangan. 

Mainkan Rasa Minuman

Salah satu kunci inovasi dalam bisnis produk minuman adalah rasa. Permainan rasa sangat dibutuhkan agar kamu bisa menghadirkan produk yang berbeda dan fresh di tengah masyarakat. 

Dari banyak referensi yang sudah kamu dapatkan, coba ciptakan rasa baru yang mungkin belum banyak dijual oleh brand lain. Dalam penentuan rasa ini, kamu harus bersifat objektif. Pastikan untuk melakukan cukup banyak riset jadi kamu tahu rasa seperti apa yang banyak diminati oleh konsumen. 

Selain itu kamu juga sebaiknya melakukan beberapa kali uji coba untuk mendapatkan rasa yang paling pas. Inovasi rasa ini akan sangat efektif membantu bisnismu berkembang lebih pesat karena konsumen punya pilihan yang lebih variatif. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Selalu Perhatikan Kualitas

Ini menjadi sebuah kunci penting dalam berbisnis. Prinsipnya sangat mudah. Jika ingin mendapatkan banyak pelanggan, kamu harus memberikan yang terbaik supaya pelanggan puas. Kualitas produk harus selalu dijaga dan lebih baik daripada kompetitor. 

Pelanggan tidak hanya melihat fisik produk saja tapi juga pasti akan membandingkan kualitas antara brand satu dengan yang lain. Kualitas pelayanan akan membantu brand Thai Tea yang kamu kelola jadi semakin berkembang. Salah satu contoh yang paling mudah adalah mengenai waktu pelayanan. 

Semakin cepat memberikan waktu pelayanan kepada konsumen, maka akan semakin bagus. Banyak orang yang merasa satu brand lebih unggul dari yang lain hanya karena pelayanannya efektif dan waktu tunggunya minimal. 

Ciptakan Ciri Khas

Memang ada banyak pilihan cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor. Salah satunya dengan menciptakan sebuah ciri khas. Ciri khas ini bisa bervariasi, tergantung brand identity yang ingin kamu kembangkan. 

Misalnya dengan menambahkan bahan khusus di dalam Thai Tea yang memberikan cita rasa lebih otentik. Ciri khas ini sebenarnya tidak hanya dibutuhkan pada produknya saja tapi juga bisa pada pelayanan, kemasan, cara promosi, dan masih banyak lagi. 

Tunjukkan cara yang berbeda sehingga bisa menjadi ciri khas. Ini akan membuat produkmu lebih mudah dikenali dan dicintai. 

Lakukan Inovasi pada Tampilan

Kamu juga bisa membuat produk terlihat berbeda dengan melakukan inovasi pada tampilan atau kemasan. Thai Tea merupakan jenis produk yang sangat mudah untuk dikreasikan kemasan atau visualnya agar terlihat lebih menarik. 

Misalnya dengan menambahkan topping yang lucu atau menggunakan kemasan cup yang desainnya menarik. Salah satu cara konsumen mengenali sebuah produk adalah lewat tampilannya. Jika tampilannya berbeda, otomatis akan terlihat lebih unik dari yang lain. 

Dalam hal ini kamu juga perlu mencari referensi sebanyak-banyaknya dengan melihat tampilan atau kemasan Thai Tea dari kompetitor. Semakin kreatif tampilannya, semakin mudah membuat orang-orang tertarik untuk membeli. 

Ciptakan Produk Thai Tea yang Berbeda dengan Kreativitas

Tentu saja kreativitas adalah hal yang akan sangat kamu butuhkan agar bisa bertahan dan unggul di bidang bisnis satu ini. Kamu harus bisa berpikir kreatif sehingga dapat membuat konsep brand dan produk  yang menarik sekaligus berbeda. 

Mulai dulu dengan mencari referensi sebanyak mungkin baru lanjutkan dengan realisasi ide-ide kreatif. Adanya kompetitor di bidang bisnis ini seharusnya menjadi motivasi bagi kamu untuk menciptakan produk yang jauh lebih baik. 

Belajar lebih banyak dari kompetitor sehingga kamu bisa mendapatkan celah dan mengambil keuntungannya. Terapkan berbagai cara agar produk kamu berbeda dari kompetitor yang sudah dibahas tadi. 

Mungkin butuh proses namun kamu pasti bisa mencapai target yang kamu inginkan. Ingat, terus lakukan marketing untuk memperkenalkan produkmu dan tonjolkan keunikannya.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​