Home » Strategi-bisnis » 7 Faktor-faktor Agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk Laundry

7 Faktor-faktor Agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk Laundry

Faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk dalam bisnis Laundry

Menjalankan bisnis laundry memang tidak mudah apalagi untuk para pemula. Tentunya kamu perlu mengetahui apa saja faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk layanan laundry milikmu. 

Supaya nanti mendapatkan banyak konsumen, sebelum membuka bisnis laundry sebaiknya kamu mempelajari beberapa hal terlebih dahulu. Mulai dari pemilihan lokasi hingga jenis layanan laundry yang akan ditawarkan. 

Faktor-faktor Agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk Layanan Laundry Milikmu

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi ketertarikan konsumen dalam memilih layanan laundry. Faktor yang paling utama biasanya terletak pada kualitas pengerjaan dan harga yang ditawarkan.

Supaya bisnis laundry milikmu diminati banyak orang, coba perhatikan beberapa faktor-faktor berikut ini.

Pemilihan Lokasi

Faktor yang mempengaruhi ketertarikan konsumen yang pertama, yaitu mengenai lokasi tempat laundry berdiri. Supaya mudah dijangkau oleh konsumen sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis laundry.

Lokasi yang tepat untuk bisnis laundry adalah di dekat tempat kos-kosan mahasiswa, pabrik, dan perkantoran Sebagian besar mahasiswa dan karyawan tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci pakaian mereka.

Sehingga ini bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan konsumen sebanyak mungkin. Biaya sewa tempatnya di lokasi strategis memang jauh lebih mahal tapi akan memberikan dampak positif yang cukup besar untuk bisnis laundry yang kamu jalankan.

Harga yang Ditawarkan

Selain lokasi harga juga sangat berpengaruh terhadap ketertarikan konsumen dalam menggunakan layanan laundry. Apalagi jika kamu menjalankan bisnis ini di dekat tempat kos mahasiswa yang memiliki budget bulanan pas-pasan.

Tentu kamu harus menawarkan harga yang bersaing agar mereka mau menggunakan jasa layananmu. Tapi bukan berarti kamu mematok harga yang terlampau murah, pastikan memperhitungkannya dengan matang. 

Agar bisa memberikan harga yang terjangkau dan mendapatkan keuntungan yang maksimal, sebaiknya belilah kebutuhan laundry di tempat grosiran. Misalnya seperti detergen, pewangi pakaian, pelicin pakaian, dan lainnya agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Layanan yang Inovatif

Setiap bidang bisnis harus melakukan inovasi agar bisa terus berjalan dan berkembang mengikuti zaman. Oleh karena itu, kamu harus membuat inovasi baru agar ada lebih banyak orang yang tertarik menggunakan jasa laundry tersebut.

Bagaimana cara membuat inovasi dalam bisnis laundry? Sebenarnya tidak sulit kamu bisa menambahkan layanan lain yang lebih variatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Contohnya kamu tidak hanya menerima jasa laundry pakaian tapi juga barang-barang lainnya, misalnya seperti laundry sepatu, karpet, boneka, dan lainnya. Bisa juga dengan memberikan layanan antar jemput untuk memudahkan konsumen yang tidak sempat datang ke tempat laundry.

Kebersihan dan Kerapian Hasil Laundry

Meskipun pemilihan lokasi dan harga menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi ketertarikan konsumen, bukan berarti kamu boleh mengabaikan kualitas dan kerapian jasa laundry milikmu.

Faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk laundry milik kamu, yaitu dengan menjaga kebersihan dan kerapian hasil laundry. Konsumen pasti akan merasa kecewa jika hasil laundry usaha kamu kurang bersih dan rapi meskipun mendapat harga murah.

Itu sebabnya kamu harus merekrut karyawan yang berpengalaman dalam bidang laundry. Karyawan yang berpengalaman pasti tahu bagaimana cara mencuci setiap jenis kain pakaian agar bersih kembali serta mampu menyetrika pakaian dengan rapi. 

Meskipun mencuci dan menyetrika terkesan pekerjaan remeh nyatanya banyak orang yang tidak mampu melakukannya dengan baik. Jadi, jangan asal memilih karyawan tanpa mengetahui pengalaman kerja dan keahlian mereka. 

Ketepatan Waktu

Beberapa tempat laundry pada umumnya memberikan tenggat waktu pengambilan pakaian atau barang. Lalu apa jadinya jika sewaktu konsumen kembali dan pakaiannya belum selesai? Pasti akan sangat kecewa dan enggan menggunakan jasa laundry milikmu lagi.

Oleh sebab itu, kamu harus menyelesaikannya secara tepat waktu agar mereka tidak kecewa dan beralih ke tempat laundry lain. Bagaimana jika sedang melayani banyak konsumen? Jika, hal ini terjadi sebaiknya utarakan langsung kepada mereka bahwa kemungkinan akan terjadi keterlambatan karena sedang overload.

Dengan begitu konsumen yang sedang buru-buru bisa mencari tempat lain dan reputasi tempat laundry milikmu tetap terjaga. 

Pelayanan yang Ramah    

Kamu pasti senangkan membeli produk di toko yang memiliki petugas ramah dan sopan? Ini juga berlaku dalam bisnis laundry karena kamu dan karyawan akan berhadapan langsung dengan konsumen.

Arahkan dan pastikan semua karyawan ramah dan sopan ke setiap konsumen yang datang dengan demikian mereka akan merasa dihargai dan nyaman saat datang ke tempat laundry milikmu. 

Percuma kan memilih tempat di lokasi yang strategis dan menawarkan harga termurah jika pelayanannya buruk dan terkesan tidak sopan? Jadi, pastikan karyawanmu untuk melayani konsumen dengan keramahtamahan agar mereka datang kembali.

Promo yang Ditawarkan

Faktor yang mempengaruhi ketertarikan konsumen dalam memilih tempat laundry yang terakhir, yaitu mengenai promosi. Biasanya orang yang sebelumnya tidak tertarik menggunakan suatu layanan akan terpengaruh untuk mencobanya ketika tergiur dengan promo dan diskon.

Memberikan promo dan diskon bisa menjadi salah satu senjata ampuh untuk memperkenalkan bisnis laundry ke masyarakat di sekitar. Supaya lebih efektif coba gunakan media sosial untuk menjangkau konsumen secara lebih luas agar kinerja bisnis terus meningkat.

Bagaimana Tertarik Membuka Bisnis Laundry?

Jika, kamu tertarik membuka bisnis laundry dalam waktu dekat ini sebaiknya jangan mengabaikan beberapa faktor di atas. Faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk dan menggunakan layanan laundry tersebut bisa dijadikan acuan supaya bisnismu bisa berkembang.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
7 Faktor-faktor Agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​